Blog

Testimoni Peserta Kelas Identitasku Dalam Kristus 3

1. Athur Januar

Kelas ini mempertegas tentang jati diri saya, diciptakan untuk apa dan berfungsi sebagai apa di dunia ini, dan hal ini semakin mempertajam akan pengenalan diri sendiri sehingga mampu bertransformasi hidup secara pribadi yang kelak akan mentransformasi hidup orang lain.

2. Brenda Elizabeth Dominique

Testimoni Peserta Kelas Identitasku Dalam Kristus 1

1. Arief Sudarmadi

Pengajaran yang diawali dengan kesan sekuler ini, tadinya membuat saya bimbang untuk melanjutkan. Namun kemudian, dengan membaca ulang modul yang disertakan, sampai saya print modul itu lengkap, dari 1-5, barulah wawasan pikiran saya terbuka luas, ke arah mana sebenarnya modul IDK ini ditujukan. Akhirnya, 1 minggu dapat kulalui dan menyelesaikan beberapa pertanyaan yang diajukan, baik oleh moderator/admin, maupun sesama peserta, walaupun dengan bahasa tulisan yang terbata-bata.

Testimoni Peserta Kelas Bedah Kitab Ezra 4

1. Anita Dian Kristanti

Sangat terberkati ketika belajar kitab Ezra dengan tema KEMBALI.

Orang Israel di pembuangan:

Testimoni Peserta Kelas Bedah Kitab Ezra 3

1. Alexander Djami

Saya bersyukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada semua tim SABDA yang telah memberi saya kesempatan untuk mengikuti BKE ini. Di kelas BKE ini, saya belajar bagaimana kita (saya) menyadari akan keadaan kita yang telah menjauh/telah diasingkan dari hadapan Tuhan karena dosa. Dan pada saat itu, kita perlu menyadari keadaan itu dan hendaknya cepat berbalik dan merendahkan diri mencari wajah-Nya serta memohon belas kasihan dan pertolongan-Nya.

Testimoni Peserta Kelas Mempraktikkan Prinsip Hermeneutika 5

1. Anita D. Kristanti

Puji Tuhan telah memenuhi komitmen mengikuti kelas MPH sampai dengan selesai. Selama mengikuti kelas MPH merasa kelas ini berat, sudah membaca modul dan mengikuti step yang diberikan masih merasa sulit. Memerlukan banyak waktu untuk membaca dan menelaah ayat yang akan digali, merasa sangat terbantu dengan tools yang disediakan oleh SABDA (terutama Situs Alkitab SABDA).

Testimoni Peserta Kelas Mempraktikkan Prinsip Hermeneutika 4

1. Amriyadi Yehezkiel

Puji Tuhan, akhirnya bisa menyelesaikan kelas MPH, meskipun seharusnya mengikuti kelas HUA. Ini pengalaman pertama, mengikuti kelas yang sungguh sangat sulit untuk saya mengerti, tetapi karena moderator dan admin yang telaten, perhatian, membimbing, memberikan contoh, mendorong untuk saya bisa menyelesaikan setiap tugas yang ada.

Testimoni Peserta Kelas Mempraktikkan Prinsip Hermeneutika 3

1. Alexander Djami

Saya bersyukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada semua tim SABDA-MLC yang telah memberikan kami kesempatan untuk belajar bersama lewat kelas MPH ini.

Kelas ini adalah kelas MLC yang membutuhkan waktu, tenaga, dan semua alat-alat bantu Alkitab yang harus saya gunakan untuk mempelajari firman Tuhan. Dan, saya bersyukur untuk kesempatan ini di mana bisa belajar bersama dengan orang-orang hebat semuanya.

Testimoni Peserta Kelas Mempraktikkan Prinsip Hermeneutika 2

1. David Tobias

Kelas MPH ini menurut saya paling menarik, menginspirasi, dan bermanfaat! Banyak orang Kristen tidak menyadari berbagai gap yang terbentang antara masa penulisan Alkitab dan masa kini sehingga dengan mudahnya menafsirkan suatu ayat tanpa menggali dengan baik.

Testimoni Peserta KDL Keberadaan Allah Malam

Saya mengucapkan syukur bisa bergabung dalam KDL ini sampai selesai. Di sini, saya banyak belajar dari semua rekan-rekan bagaimana caranya kita mempertanggungjawabkan keberadaan Allah yang kita imani kepada orang-orang yang tidak memercayai adanya Allah.

Testimoni Peserta KDL Keberadaan Allah Pagi

Saya sangat diberkati dalam mengikuti KDL Pagi. Walaupun di hari pertama shock, karena sebelumnya saya berpikir Ibu Yulia akan menerangkan terlebih dahulu bahannya rupanya langsung kasih pertanyaan. Syukur kepada Tuhan diskusi dapat saya ikuti dengan baik karena moderator dan tim sangat membantu dan membuat situasi diskusi dengan nyaman. Teman-teman diskusi juga sangat baik dalam mengikuti kelas diskusi sehingga waktu terasa sangat singkat. Yang paling berkesan adalah ketika Ibu Yulia menyimpulkan diskusi. Allah Maha Hadir menjadi penghiburan bagi kita karena Tuhan selalu ada bersama kita. Juga saya sangat terkesan dengan Ibu Yulia yang bersedia mendengar sharing teman diskusi kami, bahkan mengajak kami berdoa bersama. Pertanyaan-pertanyaan diskusi juga sangat mengajak kita berpikir dan berani menjawab dengan baik. Saya bangga menjadi peserta KDL dan ingin ikut juga di kelas berikutnya.

Testimoni Peserta Kelas Membina Pernikahan Kristen 3

Saya bersyukur masih ada kesempatan untuk mengikuti kelas SABDA MLC, meskipun belum bisa benar-benar aktif dari diskusi, bisa saling mempertajam dan kejelian untuk topik yang dibahas. Ini pengalaman yang pertama dalam format yang baru.

Testimoni Peserta Kelas Membina Pernikahan Kristen 2

Terima kasih kepada Lembaga SABDA MLC yang telah mengadakan kelas MPK ini, yang telah memberikan wawasan dan pemahaman yang lebih luas lagi bagi saya dalam menangani masalah dalam keluarga/jemaat. Pelajaran yang paling berkesan buat saya di Pelajaran ke-4. Dalam pelajaran ini, saya belajar tujuan utama dari sebuah keluarga bukan mendapatkan anak, melainkan untuk menyatakan hubungan Allah dengan manusia yang telah dipersatukan oleh Kristus dengan Bapak (Efesus 5:32).

Testimoni Peserta Kelas Membina Pernikahan Kristen 1

Shalom Saudara terkasih di dalam Yesus Kristus. Saya bersyukur karena ini pengalaman pertama mengikuti kegiatan yang disponsori SABDA. Dengan mengikuti kelas MPK, saya berjumpa dengan rekan-rekan hamba Tuhan dari berbagai wilayah Indonesia dengan berbagai latar belakang denominasi gereja, walaupun hanya melalui Zoom dan percakapan di grup WhatsApp. Kebersamaan yang tentu tidak akan terlupakan. Kiranya kegiatan ini dilanjutkan.

Testimoni Peserta Kelas Bedah Surat Filipi 4

Berkat pelajaran dari BSF ini, membuat saya semakin memahami tentang Rasul Paulus. Kesungguhannya dalam memberitakan Injil begitu mengagumkan saya sehingga dalam penjara sekalipun, Rasul Paulus masih boleh menulis tentang sukacita. Jika dipikir secara logika, mana mungkin seorang yang berada di tempat seperti itu masih bisa bersukacita. Itu sungguh perbuatan luar biasa Rasul Paulus. Kesungguhan Rasul Paulus untuk menyadarkan dan memberi teladan tentang dirinya kepada jemaat Filipi amat saya kagumi.

Testimoni Peserta Kelas Bedah Surat Filipi 3

Shalom rekan-rekan semua. Saya sangat bersyukur kepada Tuhan Yesus yang telah membawa saya untuk bergabung bersama rekan-rekan semua untuk belajar membedah atau mengalih surat Paulus kepada jemaat di Filipi.

Testimoni Peserta Kelas Bedah Surat Filipi 2

Saya sangat bersyukur kepada Tuhan Yesus Kristus yang sudah memberikan kesempatan kepada saya masih bisa mengikuti BSF ini sampai hari terakhir ini. Ada banyak hal yang saya dapatkan dalam penggalian Surat Filipi, terlebih saya bisa belajar dari seorang pribadi yang luar biasa pengabdiannya kepada Tuhan Yesus, yaitu Rasul Paulus yang selalu memotivasi, memberikan penguatan kepada jemaat yang ada di Filipi bahwa dalam keadaan apapun dan situasi apapun kita harus tetap semangat dan bersukacita.

Testimoni Peserta Kelas Bedah Surat Filipi 1

Shalom dan salam cinta kasih buat semua Saudara dan Saudariku dalam Tuhan Yesus Kristus. Semoga semua diberkati dari kelas Bedah Surat Filipi ini baik buat pribadi maupun pelayanan.

Testimoni Peserta Kelas Pembimbing Perjanjian Baru 4

Salam damai kepada semua rekan-rekan kelas PPB juga kepada admin dan moderator MLC ini. Terima kasih dan tahniah karena telah mengadakan kelas diskusi dan pengalian dalam PPB kali ini. Saya sangat bersyukur karena bisa mengikuti kelas ini hingga selesai. Menurut pendapat pribadi saya, walaupun sudah beberapa kali mengikuti kelas-kelas seperti ini dalam MLC, tetapi PPB agak menantang/membuka pikiran saya. Di mana kita belajar latar belakang PB, terutama surat-surat Rasul Paulus dan bagaimana berlakunya kemunculan jemaat dan cara hidup serta pelayanan jemaat awal.

Testimoni Peserta Kelas Pembimbing Perjanjian Baru 3

Dari kelas ini, saya mendapat pembelajaran singkat mengenai dasar dalam Alkitab, serta sejarah gereja mula-mula yang membantu saya dalam memahami sosio-historis dari zaman tersebut. Dari diskusi ini, saya sadar bahwa bukan sekadar menjawab pertanyaan yang diberikan oleh tim SABDA, tetapi bagaimana dari jawaban kami mendorong pemikiran kritis setiap orang untuk mengembangkan menjadi sebuah pertanyaan baru yang semakin membantu dalam mengerti memahami jawaban dari pertanyaan yang diberikan, dan dalam diskusi semua saling melengkapi dalam memberikan jawaban. Terima kasih. Tuhan Yesus memberkati.

Testimoni Peserta Kelas Pembimbing Perjanjian Baru 2

Shalom. Salam damai dari Bumi Kenyalang, Sarawak, Borneo. Jauh bukan berarti terbatas mencari wajah Tuhan. Ke mana saja kita berjalan, di mana saja kita berada kita adalah ambasadornya Tuhan. Dengan peluang ini, saya mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Bapa terlebih lagi. Karena saya percaya dengan mengikuti PPB ini bukan suatu kebetulan, tetapi atas rencana-Nya. Saya juga yakin pelayanan SABDA dalam program PPB ini adalah aliran berkat yang indah dan luar biasa buat saya dan rekan-rekan. Dan, kita dapat mempelajari dan dan saling berkongsi, biarpun hanya singkat waktunya. Di sini juga, saya ucapkan jutaan terima kasih kepada semua tim SABDA yang terlibat dalam PPB ini. Agar semuanya diberkati, baik dalam hikmat, materi, dan juga keluarga dalam melayani. Kasih Tuhan Yesus menyertai semua. Berkat, hormat dan kasih Tuhan Yesus menyertai semua rekan-rekan yang menyertai PPB dan tim pelayanan SABDA. Shalom. Love in Christ alone. Amin.

Testimoni Peserta Kelas Pembimbing Perjanjian Baru 1

Shalom. Saya bersyukur dapat mengikuti kelas PPB hingga selesai. Mendapatkan berkat dari pelajaran 1-5, khususnya mengenai latar belakang penulisan PB sehingga saya mendapatkan jawaban dari apa yang saya pikirkan/pertanyakan selama ini mengenai latar belakang surat-surat yang ditulis Rasul Paulus. Saya akan menerapkan metode ini dalam mempelajari kitab-kitab PB lebih lanjut.

Testimoni Peserta Kelas Diskusi Dasar-Dasar Iman Kristen 2 - 4

1. Albert Anin

Shalom!

Secara pribadi sangat diberkati dengan materi DIK 2 ini. Terima kasih buat tim SABDA yang sudah memfasilitasi program diskusi yang baik ini. Saya mengucapkan banyak terima kasih buat semua teman-teman diskusi di kelas DIK 2-4 yang sudah saling melengkapi dan memberkati melalui diskusi kita. Mohon maaf bila ada salah kata.

Testimoni Peserta Kelas Diskusi Dasar-Dasar Iman Kristen 2 - 2

1. Bobby Gulliano

DIK adalah Dasar-dasar Iman Kristen, luar biasa, meskipun judul "Dasar" pembahasan soteriologi cukup melelahkan selama 2 hari. Namun, hal ini membuktikan bahwa dasar iman Kristen tidak bisa main-main dan asal interpretasi saja, tetapi harus melalui pembelajaran, perenungan, berproses bersama teman, dan berproses dalam hidup sendiri.

Testimoni Peserta Kelas Diskusi Dasar-Dasar Iman Kristen 2 - 1

Saya sangat bersyukur bisa mengikuti kelas DIK 2 sebagai kelanjutan dari DIK 1. Saya sangat terberkati dengan materi dan modul yang disampaikan terutama mengenai kelahiran baru yang dikerjakan oleh Roh Kudus. Tidak ada seorang pun yang tahu. Semuanya karena anugerah dari Allah semata, bukan dari usaha manusia. Sebelumnya, saya mempunyai pemahaman yang kurang tepat mengenai kelahiran baru.

Testimoni Peserta Kelas Bedah Paskah Menurut Lukas 5

Berkat yang saya dapat dari materi BPML adalah berkat pengenalan akan pribadi Yesus Kristus dan misi penebusan, penyelamatan manusia berdosa oleh karya Roh Kudus. Kesan yang saya dapatkan melalui diskusi Bedah Paskah Menurut Kitab Lukas adalah kasih Kristus kepada saya, yang seharusnya saya yang dihukum mati karena berdosa, tetapi Dia telah menggantikan saya dan mati di Kalvari supaya saya mendapat keselamatan dan hidup kekal bersama Kristus.

Testimoni Peserta Kelas Bedah Paskah Menurut Lukas 4

Berkat dari materi Bedah Paskah Menurut Lukas: semakin menyadari bahwa keselamatan itu adalah anugerah yang tidak ternilai harganya dari Allah yang Maha Kuasa. Dia yang tidak berdosa telah dibuat-Nya berdosa supaya dalam Dia manusia dibenarkan oleh Allah. Dia mati dan Dia bangkit. Dan hidup untuk selama-lamanya. Haleluya!

Testimoni Peserta Kelas Bedah Paskah Menurut Lukas 3

Saya sangat bersyukur bisa mengikuti kelas diskusi kali ini. Puji Tuhan, menjelang Paskah tahun ini, saya diperlengkapi dengan pemahaman yang luar biasa melalui kelas diskusi ini. Jujur, kelas diskusi ini, saya tidak maksimal dalam kelas ini karena beberapa kesibukan yang harus saya kerjakan.

Testimoni Peserta Kelas Bedah Paskah Menurut Lukas 2

Kesan mengikuti diskusi: dapat mempertemukan saya dengan rekan-rekan yang mempunyai pelbagai pendapat dan dapatan dari diskusi. Saya juga berpeluang untuk menjawab ajukan soalan dari rekan. Ini membolehkan saya untuk lebih lagi mendalami apa yang ada dalam BPML ini. Terima kasih rekan-rekan kelas 2.

Testimoni Peserta Kelas Bedah Paskah Menurut Lukas 1

Penggalian Kitab Lukas ini mengajarkan saya banyak hal tentang nubuat Allah. Paskah bukan hanya melihat Yesus mati dan bangkit, tetapi lebih dari itu, Dia membuktikan bahwa nubuat dan janji-Nya nyata. Rencana Tuhan Yesus tidak pernah gagal. Jadi kita seharusnya yang sudah percaya kepada-Nya tidak perlu khawatir soal apapun juga. Karena segala sesuatunya sudah dalam rancangan-Nya.

Testimoni Peserta Kelas Memahamai Makna Paskah 4

Shalom. Puji Tuhan saya dapat menyelesaikan kelas Memahami Makna Paskah yang diadakan oleh SABDA Ministry Learning Center.

Testimoni Peserta Kelas Memahamai Makna Paskah 3

Segala pujian hormat dan syukur kepada Tuhan kita, Yesus Kristus yang sudah memakai tim SABDA memperlengkapi kami sebagai peserta diskusi untuk lebih mengerti makna dari Paskah itu sendiri.

Testimoni Peserta Kelas Memahamai Makna Paskah 2

Bersyukur kepada Tuhan yang telah mengizinkan tim SABDA memperlengkapi saya dalam belajar dengan metode yang berbeda. Tema tentang Paskah bagi sebagian besar gereja sudah diajarkan, tetapi metode yang digunakan SABDA berbeda daripada biasanya. SABDA memiliki metode yang bagus dan menarik bagi peserta baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan, keluarga yang rindu untuk diperlengkapi, dapat mengikuti kelas dengan waktu belajar fleksibel ini. Berharap minimal setahun dua kali tim SABDA dapat anugerah Tuhan menyelenggarakan kelas semacam ini.

Testimoni Peserta Kelas Memahamai Makna Paskah 1

Shalom. Puji Tuhan telah menyelesaikan kelas MMP bersama-sama dengan rekan-rekan di kelas MMP 1. Sangat bersyukur dengan relasi yang terjalin, diskusi berjalan dengan penuh rasa kekeluargaan. Pertanyaan dan jawaban yang diberikan oleh rekan-rekan juga sangat menambah pemahaman makna Paskah. Yang menjadi pembeda kali ini adalah kejutan survei kecil kepada orang non-Kristen yang secara langsung mengajari saya untuk berani bertanya kepada mereka dan ternyata reaksi mereka tidak selalu menolak bahkan tahu sedikit tentang perayaan Paskah. Terima kasih kepada moderator, Pak Bima dan admin, Kak May yang selalu membimbing dan mengingatkan seluruh anggota kelas agar menyelesaikan tugas dengan tepat waktu.

Testimoni Peserta Kelas Diskusi Dasar-Dasar Iman Kristen 1 - 5

Secara pribadi, ini merupakan kali pertama saya mengikuti kelas seperti ini. Namun, saya sangat bersyukur. Berkat semangat dan dorongan dalam grup kelas, saya dapat menyelesaikan semua soalan dalam DIK 1. Kelas diskusi ini telah memberi pengalaman baru kepada saya lewat sharing rakan-rakan dalam grup. Sekali lagi, terima kasih kepada SABDA dan tim MLC, moderator, admin yang telah berusaha menjayakan kelas ini. Semoga berkat ilmu dan pengalaman baru yang kita pelajari berguna kepada pelayanan kita masing-masing demi kemuliaan nama Tuhan.

Testimoni Peserta Kelas Diskusi Dasar-Dasar Iman Kristen 1 - 4

Tentunya ada banyak pengalaman seru dan berharga yang saya dapatkan dari mengikuti kelas ini. Lewat diskusi ini saya mendapatkan informasi dan data yang baru yang dimana saya belum mengetahuinya. Semoga pengetahuan yang saya dapatkan lewat kelas ini dapat menunjang pelayanan saya ke depannya. Terima kasih SABDA. Tuhan Yesus memberkati. Amin!

Testimoni Peserta Kelas Diskusi Dasar-Dasar Iman Kristen 1 - 3

Shalom. Pengalaman saya selama mengikuti kelas DIK 1 ialah begitu banyak penyegaran-penyegaran yang saya terima berkaitan dengan konsep dosa, setan, dan kenosis. Khusus ketiga konsep itu, saat ini menjadi bagian pergumulan saya pribadi untuk bisa mengajarkannya kepada jemaat maupun peserta didik yang saya ajar. Dengan adanya kelas ini, banyak peserta di kelas DIK 1-3 yang memberikan pandangan-pandangan yang kaya akan pengetahuan dan perenungan yang mampu mengisi otak dan hati saya secara pribadi.

Testimoni Peserta Kelas Diskusi Dasar-Dasar Iman Kristen 1 - 2

Terima kasih untuk SABDA untuk pembelajaran yang diberikan. Banyak hal baru yang saya dapatkan, mulai dari diskusi yang menstimulasi pola pikir kritis, pembahasan-pembahasan yang bukan terpaku hanya pada pengajaran Alkitab saja, tetapi dengan ilmu pengetahuan lainnya. Dari pelatihan ini, saya lebih memahami mengenai karya Allah dalam penciptaan dan inkarnasi. Untuk saran mungkin ke depan pembahasan bisa mengenai Hermeneutik.

Testimoni Peserta Kelas Diskusi Dasar-Dasar Iman Kristen 1 - 1

Shalom. Puji Tuhan saya dapat kembali mengikuti sampai selesai kelas yang diselenggarakan oleh SABDA MLC dari tgl. 9 s/d 16 Februari 2022, mempelajari Dasar-Dasar Iman Kristen 1. Materinya sangatlah baik, dikemas di dalam modul yang tersusun rapi lengkap dengan referensi ayat-ayat Alkitab. Saat mengikuti kelas ini, saya sempat merasa apakah saya dapat melanjutkan atau tidak karena pada hari kedua diskusi saya sakit demam dan gangguan pada lambung saya, tetapi saya tetap diberikan kekuatan serta pertolongan oleh Roh Kudus juga diberikan kesempatan dan semangat oleh Sdri. Rode untuk dapat terus mengikuti kelas.

Testimoni Peserta Kelas Diskusi Doktrin Allah Dasar 4

Puji Tuhan buat setiap kesempatan dalam membahas Doktrin Allah, saya sangat bersyukur atas kesempatan yang luar biasa yang "sharing-sharing" firman Tuhan yang menguatkan dan menambah pengalaman tentang Pribadi Allah yang sesungguhnya dan banyak belajar tentang Allah dengan membuat saya terus mau belajar kebenaran Allah, nama-nama Allah, keberadaan Allah sehingga membuat saya lebih lagi terus membuat saya mengerti tentang Allah serta pengertian kepada saya dalam pengenalan akan Allah. Saya sangat terberkati melalui kelas ini. Materi yang sederhana dan sangat baik dalam penyajiannya, memudahkan saya untuk dapat mengerti dan menerapkannya di pelayanan saya. Terima kasih pada tim SABDA dan bagian admin. Kiranya senantiasa Tuhan selalu menyertai.

Testimoni Peserta Kelas Diskusi Doktrin Allah Dasar 3

Bahan pelajaran yang diberikan menurut saya sudah betul-betul padat dan proporsional. Terima kasih untuk tim penyusun yang telah memprogram kelas DAD ini dengan baik. Satu hal yang saya ingin usulkan, pertanyaan kalau bisa tambahkan 1 lagi setiap harinya. Rasanya para peserta masih cukup waktu karena dengan demikian pelajaran lebih banyak yang dicerna.

Testimoni Peserta Kelas Diskusi Doktrin Allah Dasar 2

Bersyukur bisa ikut lagi kelas PESTA meskipun dalam waktu yang singkat. Dengan format yang baru, lebih memudahkan dalam pengiriman tugas. Saya dahulu ikut masih diskusi lewat Grup FB, ya ada plus minusnya. Kalau di FB, bisa membalas jawaban teman dan lanjut di topik yang sama. Kalau di WA grup, harus lumayan "effort" untuk "scroll".

Testimoni Peserta Kelas Diskusi Doktrin Allah Dasar 1

Shalom Bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan Yesus sebab kelas ini adalah kali ke-6 saya di SABDA. Bersyukur buat kelas yang indah dan memperkaya cakrawala berpikir yang ada. Bersyukur sebab kelas ini dapat berjalan dengan lancar.

Testimoni Peserta Kelas Diskusi Yesus Anak Allah 4

1. Ana Ariesanita

Bersyukur bisa mengikuti kelas ini sehingga makin paham tentang siapa Yesus Kristus sebagai Anak Allah, bagaimana kemanusiaan Yesus dan ke-Allahan-Nya dari berbagai sudut pandang. Penggenapan PL pada PB membuktikan siapa Yesus dan karya penebusan yang Allah anugerahkan bagi semua umat manusia yang percaya.

Testimoni Peserta Kelas Diskusi Yesus Anak Allah 3

1. Andi Yunita

Senang bisa terus bertumbuh di kelas-kelas diskusi yang diadakan oleh SABDA. Terima kasih buat semua admin, terkhusus untuk Bu Mey yang selalu jadi admin di kelompok diskusi di mana saya bergabung. Pelayanannya sungguh luar biasa. Untuk Bu Evi terima kasih sudah membawa diskusi lebih hidup dengan pertanyaan-pertanyaan terbuka. Untuk semua tim SABDA, terima kasih.

2. Darman Surbakti

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA