Artikel Terbaru

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

Kehidupan yang Konsisten

Catatan: Apologetika modern biasa diartikan sebagai: usaha untuk menunjukkan apa yang menjadi dasar kepercayaan orang Kristen kepada Allah dan bagaimana menjawab pertanyaan-pertanyan yang diajukan, khususnya dari pihak non Kristen.

Siapakah Roh Kudus itu?

Ada banyak pengertian yang salah mengenai identitas Roh Kudus. Sebagian orang menganggap Roh Kudus sebagai suatu kuasa mistik. Yang lainnya berpendapat Roh Kudus sebagai kuasa yang Allah berikan kepada para pengikut Kristus.

Apa yang Alkitab katakan mengenai identitas Roh Kudus? Secara sederhana – Alkitab mengatakan bahwa Roh Kudus adalah Allah.

Alkitab juga mengatakan bahwa Roh Kudus adalah sebuah Pribadi yang memiliki akal budi, perasaan dan kehendak.

Penyucian

Tuhan Yesus Kristus mencapai (memperoleh) kelepasan bagi orang percaya. Kelepasan ini pertama-tama ialah pembenaran dari dosa manusia. Dosa yang mendatangkan kutuk Allah. Kristus mencapaikan bagi manusia pembenaran berarti: bahwa orang percaya diberi kedudukan (status) sama dengan Adam sebelum jatuh ke dalam dosa. Maka dari itu masih menghadapi hukum Allah yang harus dipenuhi.

Apa Artinya Hidup dalam Roh?

Orang-percaya memiliki Roh Kristus, pengharapan kemuliaan dalam diri mereka (Kolose 1:27). Mereka yang hidup dalam Kristus akan menyatakan kesucian dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Hidup yang Dipimpin Roh Kudus

Nas Alkitab: Galatia 5:13-18

Paulus berkata, kehidupan Kristen adalah kehidupan yang dipimpin oleh Roh Kudus meskipun masih hidup dalam dunia yang berdosa ini. Apa arti dan maksud hidup dipimpin oleh Roh Kudus? Apa yang membuat kita sulit untuk hidup dipimpin oleh Roh Kudus dalam pengalaman hidup kita setiap hari?

Apa yang Dimaksud oleh Memuliakan Allah?

"Memuliakan" Allah berarti memberi-Nya kemuliaan. Istilah kemuliaan dalam kaitannya dengan Allah dalam Perjanjian Lama mengandung ide kemegahan yang luar biasa. Dalam Perjanjian Baru, istilah yang diterjemahkan sebagai "kemuliaan" berarti "martabat, kehormatan, pujian, dan syukur." Jika kita menggabungkan kedua makna itu, makna memuliakan Allah adalah mengakui kebesaran-Nya dan menghormati-Nya melalui pujian dan penyembahan, karena Ia, dan Ia saja, layak dipuji, dihormati dan disembah.

Apakah Artinya Bahwa Seorang Kristen Adalah Ciptaan Baru (2 Korintus 5:17?

Ciptaan baru ini diulas di dalam 2 Korintus 5:17: "Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang." Kata "jadi" merujuk kepada ayat 14-16 di mana Paulus memberitahu bahwa semua orang percaya telah mati bersama Kristus dan tidak lagi hidup untuk diri sendiri. Kehidupan kita sudah tidak lagi bersifat duniawi; hidup kita sekarang bersifat rohani.

Pages