Testimoni Peserta Kelas Diskusi Hermeneutika Untuk Awam 1

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

1. Budiarto

Kesaksian :
Pengalaman dan pembekalan yang luar biasa dari mengikuti dan menyelesaikan kelas HUA ini.

Yang paling saya rasakan adalah:
- DISIPLIN
Terlihat jelas bahwa disiplin benar-benar ditegakkan di kelas. Dan memang disiplin ini merupakan salah satu modal utama menjadi seorang penafsir karena tidak boleh secara sembarangan.

- Dari AWAM sampai PAHAM
Modulnya luar biasa lengkap. Meski untuk orang awam tapi rasanya bisa paham seperti sekolah Teologia. Sangat esensial.

- KEPEDULIAN
Respons dari peserta-peserta lain saya rasakan bukan sekedar tanggapan tapi rasa peduli terhadap satu sama lain. Akhirnya forum diskusi menjadi kekeluargaan sekali.

Saya pribadi sangat berterima kasih kepada tim mulai dari pemimpin, koordinator, moderator sampai admin karena sangat membantu, memfasilitasi dan mengantar saya sampai kelulusan.

Akhir kata, saya sangat terberkati dan sebentar lagi dalam praktik, orang-orang akan diberkati dengan kebenaran sejati.

Terima kasih SABDA

2. Dwi Prasetyo Rahardjo

Pengalaman mengikuti kelas HUA:
Materinya sangat berbobot karena beberapa pertanyaan langsung ada praktik. Anggota grup semua aktif dalam menjawab pertanyaan maupun dalam merespons jawaban rekan lainnya. Menyenangkan dan perlu konsentrasi penuh.

Pelajaran/berkat yang paling berkesan selama mengikuti kelas diskusi:
Saya diingatkan lagi bagaimana menafsirkan Alkitab secara benar dan bertanggung jawab, khususnya tentang konteks suatu ayat (ayat-->perikop-->kitab-->PL/PB-->seluruh Alkitab). Diskusi dalam grup dan penggalian rekan grup memperluas pemahaman dari setiap bagian yang ditanyakan.

Aplikasi praktis yang akan dilakukan setelah mengikuti kelas:
Saya berkomitmen untuk mempraktikkan apa yang sudah saya pelajari dalam kelas Hermeneutika Untuk Awam ini: menafsir dengan cara yang benar dan mengaplikasikan apa yang dipelajari.

3. Erva Rahayu Agustinus

Bersyukur kepada Tuhan atas berkat dan rahmat-Nya saya diijinkan bergabung dalam kelas SABDA khususnya di kelas HUA ini. Beberapa pengalaman yang saya dapatkan yaitu SABDA menyajikan materi yang luar biasa. Muatannya cukup berat tidak jauh berbeda dengan materi pada sekolah Alkitab, namun bahasa yang digunakan sangatlah sederhana dan mudah dipahami oleh semua kalangan. Selain itu dalam kelas, saya bertemu dengan orang-orang hebat yang luar biasa. Penggalian dalam setiap diskusi tajam dan menarik perhatian. Sehingga dari kelas sendiri saya dapat belajar banyak hal. Setelah kelas ini selesai dan seterusnya saya berkomitmen untuk selalu setia mempraktikkan ilmu hermeneutika ini, dan kemudian hasil dari hermeneutika saya bagikan kepada rekan-rekan yang sekiranya membutuhkan pemahaman akan firman Tuhan dan saya mencoba untuk tetap setia melakukan kebenaran kebenaran yang saya dapatkan dari hasil penggalian dalam berhermeneutika.

Terimakasih SABDA, terimakasih rekan-rekan kelas. Tuhan Yesus memberkati kita.

4. Feronica

Bersyukur bisa bergabung di kelas yang baru kali ini ditawarkan oleh SABDA MLC kelas HUA, dimana dalam menyampaikan materinya sungguh sangat luar biasa cara menyajikannya. Terimakasih ibu Yulia (bukunya ada di referensi pelajaran) Di samping pelajaran dan referensi (belum sempat terbaca semuanya) juga jawaban & sharing dari teman-teman sangat memberkati. Yang akhirnya saya berkeputusan untuk tidak jemu-jemu dalam membaca, mempelajari, mengaplikasikan dan membagikan kebenaran Firman kepada sesama, agar terjadi multiplikasi dengan pemahaman yang benar yang dari Sorga terjadi & terimpartasi.

Melalui ini juga saya mau mengucapkan terimakasih sekali lagi kepada ibu Yulia dan team SABDA MLC serta fasilitator kelas HUA 1 Bapak Bima & admin yang selalu setia merimender saya Melisa, Tuhan Yesus memberkati.

5. Floriche

Pertama saya bersyukur puji Tuhan kerana dapat menyelesaikan kelas HUA ini. Walaupun dengan keadaan semasa yang membuat saya tidak dapat mengikuti diskusi secara aktif tetapi saya sangat diberkati dengan diskusi dari teman-teman lainnya. Selain dari pelajaran-pelajaran yang disediakan saya juga mendapat masukan dari teman-teman yang ada di kelas HUA 1. Terima kasih sekali lagi.

Secara pribadi pada awal pemberitahuan dan pendaftaran kelas HUA ini dibuka, saya sangat excited untuk turut serta, ternyata ia tidak semudah yang saya pikirkan. Dengan keterbatasan waktu, sangat menuntut pemahaman yang cepat dan saya hampir mengalah karena merasa tidak mampu. Pertama kali mengikuti Hermeneutika tidak mudah karena pelajarannya berat buat saya. Tetapi saya sedar saya harus mendisiplinkan diri untuk menghabiskan kelas.

Saya sangat bersyukur dengan adanya kelas-kelas Alkitab online anjuran SABDA yang saya sertai, ia sedikit banyak memperbaiki disiplin diri dan tekad untuk meneruskan hingga selesai walaupun harus menyiapkan tugas hingga pukul 2 pagi. karena sebelumnya saya adalah seorang yang mudah mengalah oleh sedikit kesukaran.

Terima kasih tidak terhingga buat team SABDA seluruhnya atas komitmen Anda semua untuk kami para awam dapat mengikuti kelas-kelas Alkitab secara online. Tuhan Yesus memberkati segala usaha dan jerih payahmu.

6. Honggowarsito

Dalam kelas HUA ini saya diingatkan kembali tentang cara cara menafsirkan ayat-ayat dalam Alkitab. Meskipun waktunya yang sangat singkat, kelas HUA ini sangat membekali saya dalam menafsirkan ayat-ayat Alkitab yang saya baca dan saya renungkan. Dengan adanya kelas HUA ini saya berkomitmen untuk terus membaca dan menggali Alkitab dengan menafsirkan ayat-ayat Alkitab dengan benar. Dan saya akan menerapkan apa yang Tuhan sampaikan pada saya saat saya membaca dan menggali Alkitab. Terima kasih untuk tim kelas HUA 1 yang sangat sabar dalam menuntun saya belajar menafsirkan ayat-ayat Alkitab.

7. Marita cut Nya' Dien

Saya sudah beberapa kali ikut kelas SABDA. Dan bagi saya secara pribadi kelas ini yang paling berat. Namun saya bersyukur Tuhan memampukan dan saya sangat di berkati karena kelas ini menyadarkan saya untuk tidak asal menafsir dan tidak malas untuk membaca dan mencari informasi yang jelas sebelum menafsir melalui referensi yang benar.

Komitmen saya:
Firman Tuhan bukan hanya sekedar menjadi bacaan yang hanya untuk di tafsirkan saja. Tapi lebih dari pada itu. Saya harus mengerti maksud dan tujuan Firman Tuhan itu ditulis, dan saya juga harus memiliki respons yang benar sesuai kehendak Tuhan Yesus.

Terima kasih buat team SABDA yang selalu mengadakan kelas-kelas yang sangat memberkati saya secara pribadi.

8. Mangatur Sirait

Dengan mengikuti kelas HUA ini saya sangat diberkati. Materi yang diberikan melalui modul HUA sungguh sangat memperlengkapi dan membantu dalam memahami dan mendalami cara menafsir Alkitab dengan baik dan benar.

Pelajaran yang cukup padat disajikan sedemikian rupa ringkas dan sangat baik untuk melengkapi belajar menafsir firman Tuhan.

Pertanyaan yang diberikan oleh moderator serta juga jawaban dan tanggapan dari semua peserta lain yang beragam semakin memperkaya dan memperluas wawasan.

Dengan belajar HUA ini saya berkomitmen untuk terus belajar menafsir Alkitab dengan mengikuti kaidah yang baik dan benar, dan juga saya dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Terima kasih untuk seluruh team SABDA yang sudah memfasilitasi kelas ini. Kiranya team SABDA senantiasa diberkati dan menjadi berkat bagi kita semua.

Tuhan Yesus memberkati. Amin.

9. Marthen L Kasodu

Kelas Hermeneutika ini. Memang sangat padat baik dalam bentuk materinya dan juga waktunya, ditambah lagi dengan kesibukan masing-masing peserta. Saya sendiri pada saat mendaftar langsung di hari pertama menyadari di perlukan keseriusan dan komitmen yang kuat. Terima kasih untuk Materi modul yang di padat tapi berisi materi yang sangat baik dan lengkap beserta dengan referensinya. Saya percaya diperlukan kerja keras yang luar biasa untuk membuat materi ini. Puji Tuhan sungguh telah menjadi berkat yang tak ternilai bagi saya khususnya dalam membekali saya secara pribadi dalam memelajari Firman Tuhan dan memperoleh kebenaran dengan lebih baik. Terima kasih juga untuk diskusi bersama moderator, admin dan teman-teman di kelas HUA-1, semua sudah saling support, luar biasa.

Kedepannya pelajaran dan petunjuk praktis yang di berikan akan di gunakan dalam mempelajari Firman Tuhan dan juga dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari dan supaya bisa menjadi berkat bagi sesama. Terima kasih SABDA, MLC. Tuhan memberkati pelayannya.

10. Medi L Sihombing

Shalom..

Saya bersyukur bisa ikut menyelesaikan Kelas ini.

Belajar menafsir dengan struktur hermeneutika yang benar tidak asal comot dan tidak dilepaskan dari konteksnya. Dalam melakukannya butuh kerendahan hati untuk mau sabar dan tekun belajar, serta tuntunan Roh Kudus yang memberi iluminasi agar dapat melakukannya dengan benar.

Demikian juga dengan rekan-rekan HUA 1. Terima kasih buat semua pemaparannya.
Sampai bertemu di kelas-kelas lain. Jbu.

11. Norlina E A Hauteas

Puji syukur kepada Tuhan, atas kemurahan Nya yang besar, yang telah menolong saya mengikuti kelas diskusi HUA sampai selesai. Dari kelas ini saya bisa melihat betapa pentingnya membaca firman Tuhan dan membuat tafsiran, dengan konsep yang benar. Disini juga saya merasa sangat diberkati oleh paparan rekan rekan yang lain, akhirnya saya mengerti bahwa belajar hermeneutika untuk memahami dan menafsir ayat firman bukanlah hal yang mudah dan biasa biasa saja.

Dari hasil diskusi ini saya dapat mengerti apa yang harus dilakukan sebagai penafsir, bagaimana caranya agar kita tidak menafsir ayat firman Tuhan semaunya kita dan sebagainya.

Saya akan terus membaca modul hermeneutika sampai saya benar-benar paham tentang apa itu hermeneutika.

12. Ribka Silaban

Saya sangat bersyukur bisa mengikuti kelas hermeneutika ini sampai selesai. Bisa mengikuti kelas ini dan berdiskusi dengan teman-teman yang lain adalah pengalaman yang sangat luar biasa bagi saya. Banyak pengetahuan-pengetahuan baru yang saya dapat baik dalam modul maupun dalam berdiskusi. Bisa berdiskusi dan bertukar pikiran bersama orang-orang hebat, para hamba-hamba Tuhan yang luar biasa suatu hal yang sangat baru buat saya. Saya adalah peserta yang paling muda dikelas HUA 1 yang dimana pengetahuan dan pengalaman saya jauh berbeda dengan peserta-peserta lainnya namun didalam kelas itu tidak ada perbedaan-perbedaan didalamnya, semuanya saling mendukung, saling menyemangati buat sama-sama belajar memperdalam pengenalan akan Firman Tuhan.

Pelajaran/berkat yang saya dapat setelah mengikuti kelas HUA ini adalah saya menjadi tahu bagaimana cara menafsir ayat dengan baik dan benar yang dimana ternyata mempunyai banyak prinsip-prinsip dan alat-alat bantu yang digunakan supaya tidak asal menafsir.

saya juga sangat terbantu dengan adanya alat-alat bantu yang telah disediakan oleh Tim SABDA sehingga mempermudah memperoleh informasi-informasi mengenai ayat-ayat Alkitab yang akan di tafsir. Alat bantu seperti AlkiPedia adalah aplikasi yang sangat membantu buat saya dan yang akan saya gunakan untuk hari-hari kedepannya untuk membatu memberikan informasi-informasi tentang ayat yang akan saya tafsir.

Terima kasih untuk semua tim SABDA yang telah mengadakan kelas ini yang dimana sangat membantu saya dalam dunia pelayanan, semoga SABDA selalu menjadi berkat buat semua orang yang ingin memperdalam pengenalan dan pengetahuannya tentang Firman Tuhan, dan terimakasih juga buat teman-teman HUA 1 buat diskusi-diskusinya selama 1 minggu ini, yang dimana sangat memberkati sekali.

Terima kasih buat semua dan sampai jumpa dikelas-kelas berikutnya. Tuhan Yesus memberkati.

13. Sangle John Randa

Puji Tuhan karena oleh pertolonganNya saya dimampukan menyelesaikan kursus hermeneutika untuk awam (HUA) dengan baik. Ketika mendaftar saya tidak menyangka kursusnya menggunakan metode ini. Dengan melihat waktu yang panjang, saya sempat ragu apa bisa jalani kursus secara lengkap. Bahkan setelah pembukaan, saya belum mendapat gambaran seperti apa kursus ini, karena beberapa kursus yang saya ikut semuanya tatap muka. Ternyata setelah jalani hari pertama, polanya kursusnya menyenangkan, tidak menyita pekerjaan rutin saya, karena menjawab tugas disesuaikan dengan waktu kita yang ada. Senang bisa berdiskusi dengan saudara seiman yang belum pernah jumpa dan berasal dari berbagai kota dan berbagai denominasi. Dari materi semakin memperkaya saya dalam keterampilan memakai metode hermeneutika. Saya diberkati dengan pemahaman konteks ayat dan inspirasi Alkitab, serta pengetahuan interlinier. Dengan metode diskusi ini jawaban dari teman-teman kelompok memperkaya saya dalam memahami satu materi yang diujikan.

Hal yang paling berkesan bahwa ketika sudah menafsir, menggali dan mempelajari satu bagian tertentu dari Alkitab, hasil itu bukan untuk disimpan sebagai catatan, tetapi harus diaplikasikan dalam kehidupan sebelum saya berkhotbah untuk mengajak orang lain mengikuti firman Tuhan tersebut.

Melalui pengetahuan ini saya merencanakan membentuk kelompok belajar kecil yang anggotanya para majelis jemaat dari gereja yang saya layani, untuk melatih mereka menggali isi Alkitab sebagai tahapan awal dari sebuah khotbah. Saya ingin menamakan kelompok belajar ini dengan nama Kelompok Belajar Hermeneutika dan Homiletika untuk Orang Awam, yang disingkat Kejar H2O. Dengan demikian pengetahuan ini tidak saya miliki sendiri tapi bisa berbagi dengan mereka yang rindu melayani tapi tidak mendapatkan kesempatan belajar seperti ini. Terima kasih kepada tim SABDA yang memberi kesempatan bagi saya untuk mengikuti kursus ini. Sebagai dosen, pola belajar seperti ini menarik untuk saya terapkan dalam kelas saya. Sekali lagi terima kasih, doa dan harapan saya Yayasan SABDA semakin diberkati untuk memberkati banyak orang. Mohon maaf bila ada hal yang kurang berkenan. Tuhan Yesus memberkati kita semua, amin.

14. Sony Nainggolan

Saya bersyukur kepada Tuhan untuk kelas HUA ini dan sangat diberkati dengan materi yang diberikan. Materi yang diberikan memberikan panduan dalam memahami dan menafsirkan Firman Tuhan dengan benar. Melalui sharing rekan-rekan di kelas juga yang sangat beragam dan lugas, dalam menggunakan materi yang diberikan sangat memberkati.

Setelah melalui kelas ini semoga ke depannya saya dapat menerapkan menafsirkan dengan baik dan benar, terlebih daripada itu adalah menjadi pelaku Firman.

Terima kasih juga kepada Tim SABDA sejak hari pembukaan hingga selama sesi kelas berlangsung yang menuntun, mengarahkan dan mengingatkan dengan baik hingga selesai kelas. Tetap semangat. Sehat dan Sukses. Tuhan Yesus Memberkati.

15. Titik Kasih Herani

Selalu menunggu kelas di SABDA, walau disesuaikan dengan kesibukan yang ada. Hermeneutika, menafsir Alkitab, wah perlu nich karena memang itu kebutuhan kita sebagai umat Kristen. Kalau kita bisa menafsir dengan benar, berarti kita tambah pengetahuan dan semakin cinta ke Alkitab. Tentunya iman kita juga terus dibangun dan bertumbuh. Terima kasih SABDA jadi semakin mengerti fungsi-fungsi aplikasi Alkitab. Tuhan memberkati.

16. Trivena S

Bersyukur kepada Tuhan dapat mengikuti kelas Hermeneutika untuk awam sampai selesai.
- Melalui kelas HUA ini saya dapat mengambil banyak pelajaran bahwa memahami, menafsir alkitab bukan hanya tugas hamba Tuhan (pendeta) tetapi tugas semua orang kristen yang lahir baru.
- Materi yang berbobot walaupun berat, karena cara diskusi menyenangkan menjadikan semangat dan termotivasi dengan beragamnya pendapat yang saling melengkapi, mengingatkan, memperkaya pemahaman saya tentang HUA.

Aplikasi praktis:
Saya akan terus berusaha belajar, berlatih baik teori juga praktiknya dengan lebih berhati-hati agar menemukan kebenaran dalam menafsir sebagaimana yang Allah kehendaki.

Terimakasih banyak Ibu Yulia, Bima, , dan semua teman-teman diskusi yang luar biasa dalam menyampaikan penggaliannya, contoh-contoh praktisnya.

Tuhan Yesus memberkati dan segala kemuliaan hanya bagi nama Tuhan.

17. Yefta

Sungguh kesempatan indah bisa mengikuti HUA yang mengajari untuk mendalami firman Tuhan yang penuh kuasa dengan ilmu hermeneutika yang sangat menolong. Pastinya sungguh menolong dalam pelayanan. Terima kasih buat SABDA melalui HUA Tuhan Yesus memberkati.

18. Yokhebed Joy Suryana

Pengalaman mengikuti kelas HUA
Awalnya mengira materi berat seperti ini apa bisa disederhanakan. Tapi ternyata bagus, meskipun tidak membahas terlalu dalam karena untuk pemula. Sekalipun berat, tapi mudah dimengerti untuk awam dan bisa langsung dipraktikkan. Kalau boleh memberi masukan, bisa disambung ke HUA level 2.

Pelajaran/berkat yang paling berkesan selama mengikuti kelas diskusi:
Sangat banyak berkat dari teman-teman di dalam diskusi kelas. Alkitab sangat kaya jika digali dengan benar. Allah sudah menjaga FirmanNya sedemikian rupa, bagian kita adalah mempelajarinya dengan benar. bersyukur banyak tools yang bisa dipakai untuk menafsir. Perlu lebih berhati-hati dalam menginterpretasikan suatu ayat.

Aplikasi praktis yang akan dilakukan setelah mengikuti kelas:
Seperti yang disampaikan di grup, setelah ikut kelas HUA ini saya akan belajar untuk tidak mengambil kesimpulan sendiri tapi melakukan eksegesis terlebih dahulu, mencari makna aslinya dahulu. Kemudian yang kedua adalah belajar melakukan Firman Tuhan yang sudah dipelajari, karena kalo tidak akan sia-sia belajar Alkitab namun seperti membaca buku biasa saja.

Terima kasih Tim SABDA. Tuhan Yesus selalu memberkati pelayanannya.