Komentar

Testimoni Peserta Kelas Bedah Kitab Rut 1

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

Anita Dian Kristanti
1. Kesimpulan inti singkat Kitab Rut.
Bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah (Roma 8:28, TB). Ada campur tangan Allah dalam perjalanan kehidupan Elimelekh, Naomi, Rut, dan Boas, walaupun situasinya sulit, menderita, tetapi Allah mendatangkan kebaikan bagi Naomi, Rut dan Boas. Bahkan dari keturunan Rut dan Boas ada Raja Daud dan Yesus Kristus Juru Selamat manusia.

2. Pelajaran yang paling berkesan adalah ketika Rut harus memilih antara kembali kepada bangsanya dan Allahnya atau tetap setia mengikut Naomi dan ikut pergi ke Betlehem. Keputusan Rut untuk menerima Tuhan Allah Israel sebagai Allahnya menjadi titik penting bahwa rencana Allah bisa terjadi dalam hidup Rut.

3. Berkat dari berdiskusi bersama di kelas adalah: Ketika membaca hasil penggalian kata-kata/frasa penting dalam satu pasal dari rekan-rekan BKR 1 sangat memberkati saya. Mendapatkan banyak pengetahuan baru dari rekan-rekan dan juga Moderator Ibu Yulia. Terima kasih buat dorongan semangat dari rekan-rekan untuk menyelesaikan setiap tugas dan juga admin Saudari Rode yang setia mengingatkan setiap kami.

Carles Gabriel
1. Kesimpulan singkat kitab Rut: Secara keseluruhan kitab Rut ini berbicara mengenai bagaimana kasih dan rancangan Tuhan itu tidak terbatas kepada keberadaan kita. Baik ketika kita berada di negeri atau tempat yang dipenuhi orang tidak percaya, Dia tetap memelihara kehidupan kita melalui cara yang tidak dapat kita duga. Sekalipun terkadang kita tidak setia, Allah tetap setia.

2. Pelajaran yg paling berkesan: Kitab Rut ini hanya mencatatkan kata "Allah" hanya tiga kali dan itu digunakan untuk menyatakan bahwa Allah itu adalah Allah bagi orang percaya bukan hanya Allah bangsa Israel. Karena Rut adalah orang Moab yang menjadikan Allah Israel menjadi Allahnya. Serta penggunaan kata Allah ini untuk menyatakan kuasa pemeliharaan Allah bagi orang yang percaya kepada-Nya.

3. Berkat dari berdiskusi bersama di kelas: Melalui diskusi saya mendapatkan banyak berkat. Diantaranya bagaimana memelihara hubungan antara mertua dan menantu, bagaimana menghargai dan menghormati hak orang lain melalui cara Boas mengambil Rut dan menebus keluarga Elimelekh.

Christian Wandri
1. Kesimpulan inti singkat Kitab Rut: Kitab Rut merupakan kitab yang mengisahkan tentang seorang perempuan dengan teladan yang mulia dan masih relevan bagi orang-orang Kristen masa kini, yaitu kepekaannya terhadap panggilan Tuhan atas dirinya, dia taat dan setia kepada mertuanya, Naomi yang pasca tekanan dan kesusahan yang begitu hebat, kehilangan anak dan suaminya. Cobaan yang Naomi alami ini beroleh penghiburannya lewat menantunya Rut, yang begitu taat dan setia, baik kepadanya maupun kepada Tuhan, meskipun ia adalah seorang asing, ia mendeklarasikan, bahwa Israel adalah bangsanya dan YHWH adalah Allahnya.

2. Pelajaran yang paling berkesan.
Pelajaran yang berkesan bagi saya adalah pribadi Rut yang begitu setia dan taat, pribadi yang dikenal pekerja keras, peduli dengan keadaan mertuanya dan sangat berbakti. Serta kisah Rut dan Boas menggambarkan bagaimana hubungan antara gereja dan Kristus.

3. Berkat dari berdiskusi bersama di kelas.
Saya mendapat wawasan melalui diskusi, tentang bagaimana seharusnya Gereja memiliki spirit yang sama dengan Rut, yang setia, taat, berbakti dan pekerja keras, gereja dan pribadi kita masing-masing mesti meneladaninya.

Dernita Manurung
1. Inti kesimpulan kitab Rut adalah siapa saja boleh Tuhan pakai asal orang yang dipakai itu mau dan taat melakukannya, sekalipun itu bangsa kafir dan jalan Tuhan tidak bisa kita selami untuk menyatakan rencana keselamatan di bumi ini, tetapi yang pasti Tuhan pasti memberikan yang terbaik bagi orang yang setia kepada Tuhan.

2. Yang paling berkesan yang bisa saya dapatkan di kitab Rut ini adalah teladan iman Naomi yang menjadikan Rut menjadi pribadi yang mengenal Tuhan, biarlah hidupku menjadi kesaksian iman bagi orang sekelilingku sehingga melalui hidupku menjadikan orang percaya kepada Tuhan Yesus.

3. Banyak berkat yang saya dapatkan saat berdiskusi di kelas antara lain saya belajar tentang pintu gerbang, tentang gambaran keselamatan dan juga tentang kepahlawanan Boas dan gambaran Boas dan Rut sebagi gambaran Kristus dengan kita mempelai wanitanya dan teladan iman Naomi, kesetiaan Rut dan gambaran ketulusan Boas dan banyak lagi yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Feronica
1. Kesimpulan singkat kitab RUT 1-4: Kitab Rut merupakan sebuah kisah indah yang mengajarkan banyak hal, antara lain:
a. Rencana Allah dapat dipenuhi dengan cara yang tidak terduga.
b. Allah berkarya dalam hidup orang-orang setia.
c. Menolong orang lain dan setia kepada keluarga dan para sahabat dapat mengubah hidup dan membawa kebahagiaan.
d. Allah melimpahkan kebaikan bagi semua orang bukan hanya bagi orang Yahudi.
e. Allah memperhatikan semua orang dan berkarya dalam kehidupan mereka sehari-hari.

2. Pelajaran yg paling berkesan: Di dalam kitab PL pun ada sosok Yesus di dalamnya jika di gali dan dipelajari dengan seksama (luar biasa Alkitab ku).

3. Terima kasih untuk ibu Yulia dan Rode dalam mendampingi kelas BKR 1, juga rekan-rekan BKR 1 yang telah memperlengkapi penggalian kitab ini meskipun masih banyak frasa/kata yang belum tergali.

Jetty Gunawan
1. Dari caption undangan BKR ini tertulis, "Mungkinkah Allah memakai orang kafir untuk rencana keselamatan-Nya?". Begitu indah diceritakan rencana besar Allah mengenai keturunan Daud. Naomi dan keluarga "melarikan diri" dari bencana kelaparan di tanah Israel, hidup di negeri kafir Moab, Naomi kehilangan suami dan anak-anaknya karena meninggal, kembali ke Bethlehem bersama menantunya Rut yang orang Moab (dulunya kafir tetapi sudah mengakui Allahnya Naomi menjadi Allahnya) sehingga akhirnya Rut diperistri Boaz dan memperoleh anak Obed yang adalah kakeknya Daud, raja besar yang diperkenan Allah.

2. Tuhan bisa pakai siapa saja, termasuk "orang kafir" untuk rencana keselamatan-Nya. Dia tidak pernah gagal mengeksekusi rancangan-Nya. Juga untuk hidup saya.

3. Bedah kitab Rut membawa saya pada pengertian yang lebih mendalam dengan menggali dan menanggapi penggalian-penggalian teman-teman di grup betul-betul memperkaya pemahaman saya. Sungguh suatu pengaturan yang attractive dalam membedah kitab. Thank you SABDA dan seluruh pembimbing dan admin. Tuhan terus memberkati pelayanannya.

Lilik Setyowati
Selama ini pemahaman saya tentang kitab Rut adalah kitab tentang perempuan kafir yang jadi salah satu wanita yang menjadi bagian dari silsilah Tuhan Yesus, ternyata ada banyak yang baru bagi saya seperti (perempuan Moab, pintu gerbang, jelai, Boas, dll..) dan itu sangat memberkati saya. Saya mendapat banyak pemahaman baru. Selama ini kalau mendapat tugas berkhotbah di ibadah wanita, saya selalu bingung dan susah, sejak ikut Bedah Kitab Rut, saya jadi lebih mudah menggali Alkitab (5W dan 1H) saya yang orang awan begini jadi dipermudah. Terima kasih SABDA. Tuhan Yesus memberkati.

Lydia Suryaningsih
1. Kesimpulan: Kitab Rut ditulis untuk menguraikan bagaimana melalui kasih yang berkorban dan pelaksanaan hukum Allah yang benar, seorang wanita muda Moab yang saleh menjadi buyut Raja Israel, Daud. Kitab ini juga ditulis untuk melestarikan sebuah kisah indah dari zaman Hakim-Hakim mengenai sebuah keluarga saleh yang kesetiaannya dalam penderitaan sangat kontras dengan kemerosotan rohani dan moral yang umum di Israel pada masa itu. Kitab ini ditulis dengan latar belakang gelap dari ketidaksetiaan dan kemurtadan Israel sepanjang masa Hakim-Hakim, sambil menguraikan sukacita dan kesusahan sebuah keluarga yang saleh di Betlehem selama masa yang kacau-balau itu. Kitab ini menunjukkan bahwa rencana penebusan Allah juga mencakup orang bukan Israel. Penebusan adalah tema inti sepanjang kitab ini dengan peranan penebus-kerabat Boas sebagai salah satu gambaran atau lambang PL yang paling jelas mengenai pelayanan syafaat Yesus Kristus. Kitab ini juga memberikan suatu gambaran hidup yang realistis dengan pergumulan dan kesedihan, namun menjelaskan bagaimana iman dan kesetiaan dari umat yang saleh memungkinkan Allah mengubah suatu tragedi menjadi kemenangan dan kekalahan menjadi penebusan.

2. Pelajaran yg bisa diambil: Kesengsaraan yang dialami manusia menjadi kesempatan bagi Allah untuk memajukan maksud-maksud penebusan-Nya yang akbar. Termasuk Rut dalam penebusan menunjukkan bahwa keikutsertaan dalam Kerajaan Allah bukanlah karena keturunan, tetapi karena menyesuaikan kehidupan dengan kehendak Allah oleh ketaatan yang tumbuh karena iman. Pelajaran lainnya adalah Allah yang kita sembah adalah Allah yang setia pada janji-janji-Nya. Di mana Allah tetap setia memperhatikan umat-Nya, serta bekerja melalui orang lain untuk menolong umat-Nya pada saat-saat mereka memerlukan-Nya. Seperti halnya Naomi, orang percaya mungkin setia kepada Kristus, tetapi mengalami kesusahan besar dalam hidupnya; hal ini tidak berarti bahwa Allah telah meninggalkan mereka atau sedang menghukum mereka, melainkan Dia setia pada janji-janji-Nya yang telah diucapkan-Nya kepada umat-Nya.

3. Berkat dari berdiskusi kitab Rut bagi saya adalah membuka mata saya akan kasih karunia Tuhan dengan karya penebusan-Nya. Kasih setia Tuhan pada janji-janji-Nya, walau seringkali manusia berusaha dengan kekuatan sendiri di saat menjalani proses kehidupan tanpa menyadari bahwa di dalam setiap proses ada rencana Tuhan di dalamnya. Dari pelajaran kitab ini dengan dibukakannya mata rohani untuk melihat kasih dan kesetiaan Allah yang begitu konsisten dan tidak berubah, maka hidup ini hendaknya tetap setia kepada Tuhan Allah, dalam iman dan keyakinan terhadap janji-janji-Nya karena walaupun Dia yang mengijinkan kesedihan dan keputusasaan, Dia juga yang mengubah air mata menjadi sukacita. TYM.

Marganda Kristianto Purba
1. Kesimpulan inti singkat Kitab Rut adalah Kitab Rut berisi tentang perjalanan kehidupan Rut seorang Moab yang awalnya tidak percaya kepada Allah lalu menjadi percaya kepada Allah karena keimanan yang dimiliki. Naomi Ibu mertuanya sehingga Rut memilih ikut dengan Naomi setelah ia ditinggal mati oleh suaminya dan tinggal di Betlehem. Lalu atas nasehat Naomi Ibu mertuanya, Rut bekerja di ladang Boas yang ternyata masih punya hubungan kekerabatan keluarga dengan Elimelekh bahkan menjadi penebus waris milik pusaka dari Elimelekh yang akhirnya Boas lalu menikah dengan Rut. Atas karunia Tuhan Rut mengandung seorang anak laki-laki yang diberi nama Obed yang merupakan penerus keluarga Elimelekh yang merupakan cikal bakal bagi generasi selanjutnya yaitu Isai dan Daud yang merupakan silsilah dari kelahiran Yesus.

2. Pelajaran yang paling berkesan adalah ketika Boas menawarkan kepada kerabat yang lebih dekat untuk menebus waris milik pusaka Elimelekh karena orang tersebut hanya mau membeli tanah pusaka tetapi tidak mau mengambil Rut sebagai bagian dari penebusan tersebut sehingga membuat Boas yang akhirnya menjadi penebus atas pusaka milik Elimelekh termasuk Rut di dalamnya yang kemudian dinikahi sebagai istri. Mengapa berkesan? Karena saya merasa ada campur tangan Tuhan di sini karena Tuhan telah menetapkan Boas untuk menjadi penebus bagi keluarga. Elimelekh sekali pun dalam kitab ini tidak disebutkan ada nama Tuhan dalam peristiwa tersebut. Yang ada adalah tua-tua kota itu yang menjadi saksi atas semua yang terjadi.

3. Berkat dari berdiskusi bersama di kelas yang saya alami adalah memang kelas ini masih awam bagi saya, tetapi seiring jalannya waktu dengan dukungan dan doa dari teman sekelas di BKR 1 saya bisa mengikuti Kelas Bedah Kitab Rut ini sampai hari ini. Berkat luar biasa yaitu banyaknya penggalian dari teman-teman yang memberikan saya suatu perspektif baru tentang Kehidupan Rut yang selama ini saya tahu sebatas seorang perempuan yang tidak percaya ditinggal mati suaminya lalu mengikuti ibu mertuanya Naomi setelah itu menikah dengan Boas. Hanya itu saja yang saya pahami awalnya kebetulan saya juga Guru Sekolah Minggu dan hanya sebatas itu yang kami ceritakan kepada adik-adik di Sekolah Minggu. Dengan adanya kelas ini maka banyak hal yang bisa saya bagikan kepada adik-adik di Sekolah Minggu. Terima kasih untuk Tim MLC SABDA yang sudah memberikan kesempatan bagi saya dapat mengikuti kelas ini. Semoga kelas-kelas berikutnya saya pun dapat mengikutinya. Biarlah semua dikembalikan untuk kemuliaan Tuhan. Amin.

Mestiria
1. Kesimpulan inti singkat Kitab Rut: Proses dan dinamika kehidupan seorang naomi yang cukup berat dialami sebagai seorang perempuan tua yang ditinggal suami dan kedua anaknya, keluarga elimelekh pergi meninggalkan Betlehem, secara teologis Betlehem artinya Rumah / Kota kudus = rumah Tuhan, mereka tidak percaya kepada kuasa Tuhan dengan mengandalkan pikiran dan kekuatan dan pergi ke tanah Moab, berharap semuanya baik dan sukses, semua itu tidak diinginkan Tuhan, Naomi dibentuk Tuhan dalam ujian persoalan yang dialami, walaupun Naomi menyalahkan Tuhan dan dengan kecewa, namun Tuhan Yesus mahakasih seperti firman-Nya: Allah Turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi orang yang percaya kepada-Nya, lewat Rut kasih Allah dinyatakan dalam kehidupan Naomi.

2. Pelajaran yang paling berkesan: Ketika Rut melakukan semua ide skenario mertuanya, dia menyanggupi walau harga diri dan nyawanya terancam, di mana saat menjumpai Boas sewaktu tidur, Tuhan memperhitungkan semua jerih lelah umat-Nya yang melakukan kebenaran firman Tuhan dengan setia, kita adalah wakil Tuhan di dunia, bagaimana kita menyayangi Tuhan kalau kita tidak hormat dan sayang sama orang tua / mertua kita. Sungguh mulia hati Rut, begitu juga dengan Boas seorang pria yang mengasihi Tuhan lewat penerapannya dalam memperlakukan Rut dengan menerima segala kekurangannya, mengasihi dengan tulus, berpendidikan dan bijak dalam melangkah dengan iman.

3. Berkat dari berdiskusi bersama di kelas: Menambah pengetahuan dan membuka pola pikir kita akan kebenaran firman Tuhan, sangat super sekali dari saran dan masukan Bp/Ibu, serta semangat teman-teman memotivasi saya, Ibu Yulia dan Ibu Rode sangat menginsipirasi dan mensuport dengan hal-hal baru.

Mudjiarti
1. Kesimpulan Kitab Rut: Menekankan tentang kasih setia Tuhan di mana Tuhan memberikan berkat-berkat orang asing yang meninggalkan keyakinannya untuk percaya kepada Tuhan Yesus.

2. Berkat yang saya dapat: Kesetiaan Rut memberi teladan, Rut menunjukan kasih yang luar biasa bukan hanya bagi Naomi tetapi bagi Allah Naomi sembah. Hubungan yang baik antara pemilik ladang dan penyabit serta yang memungut hasil tuaian itu terlihat saat menyapa dengan bahasa rohani. Belajar dari semangat Naomi agar masa depan Rut lebih baik karena Naomi sangat mengasihi Rut. Saya percaya Allah memiliki rancangan atas umat-Nya dari generasi ke generasi.

Rudianto Situngkir
1. Kesimpulan singkat kitab Rut: Kehidupan Naomi merupakan kesaksian yang kuat mengenai realitas keberadaan Allah dalam kehidupan manusia. Rut tertarik kepada Naomi dan kepada Allah yang disembahnya. Allah memimpin janda muda Moab ini kepada seorang laki-laki bernama Boas yang akhirnya menikah dengannya. Sebagai hasilnya, Rut menjadi nenek buyut Daud dan leluhur dalam garis keturuan Mesias. Betapa besar pengaruh atau dampak yang diberikan oleh kehidupan Naomi. Kitab Rut juga adalah cerita tentang anugerah Allah di tengah-tengah keadaan yang sulit. Kisah Rut terjadi pada masa Hakim-Hakim di mana semua orang berbuat sesuai kemauan masing-masing semua orang, suatu masa di mana adanya ketidaktaatan, penyembahan berhala dan kekerasan. Bahkan dalam masa krisis dan keputusasaaan yang paling dalam sekalipun, ada orang-orang yang mengikuti Allah dan melalui mereka Allah bekerja.

2. Pelajaran yang paling berkesan: Allah akan memakai setiap orang yang terbuka kepada-Nya untuk mencapai tujuan-tujuan Allah dalam kehidupan manusia. Rut adalah seorang Moab, dan Boas adalah keturuan Rahab, seorang mantan pelacur dari Yerikho. Meskipun demikian, keturunan mereka melanjutkan silsilah keluarga yang melaluinya Mesias datang ke dunia.

3. Berkat dari berdiskusi bersama di kelas: Melalui diskusi ini banyak kesaksian dan pengalaman rohani yang dibagikan rekan-rekan yang lain yang dapat menguatkan saya dalam kehidupan. Ternyata Tuhan bekerja bagi setiap orang yang terbuka kepada kasih Allah dan meresponinya. Allah sedang memakai setiap kita, saya percaya Allah memakai kita seperti memakai Naomi untuk membawa keluarga dan teman-teman yang belum percaya kepada Yesus Kristus sehingga dapat menerima anugerah keselamatan. Amin.

Rudy Yanto Kapoti
1. Kesimpulan: Kitab Rut menceritakan tentang kuasa dan kasih Tuhan di mana Tuhan memberikan pertolongan keselamatan dan berkat-Nya kepada Rut sebagai orang asing yang meninggalkan kepercayaannya untuk percaya kepada Tuhan dan ia menjadi umat Tuhan Yesus sang Kepala Gereja.

2. Pelajaran yang paling berkesan: Rut adalah seorang Moab yang dimenangkan beriman kepada Allah Israel melalui kehidupan rohani yang dijalani bersama-sama dengan keluarga Naomi.

3. Berkat dari berdiskusi bersama di kelas: Berkat yang didapat melalui diskusi kelas diantaranya semakin menantang membuka pikiran saya untuk menggali materi-materi tentang Alkitab. Melalui proses diskusi yang saya ikuti di kelas ini, luar biasa ada berkat pencerahan yang begitu menyentuh dalam kehidupan saya. Saya mendapat berkat kebenaran tentang kisah kehidupan Rut yang dahulu adalah kafir dari Moab kemudian ditebus oleh Tuhan melalui Boas. Suatu gambaran yang sangat memberkati tentang kehadiran Yesus dalam menebus kita dari keberdosaan. Thanks, Tuhan Yesus. Terima Kasih buat SABDA MLC yang sudah menyelenggarakan kelas Bedah kitab Rut (BKR). Dan, Terlebih lagi saya bersyukur kepada Tuhan karena melalui campur tangan Kuasa-Nya sehingga saya bisa diberi kesempatan untuk mengikuti proses belajar di kelas BKR 1 dengan penuh sukacita dan selalu diberkati Tuhan. Senang juga bisa berjumpa dengan teman-teman di kelas BKR. Dan, Terima Kasih buat Kelas BKR 1 (Admin dan Moderator) yang sudah setia membimbing saya dengan sangat baik dan berkat Tuhan selalu mengalir.

Sederhana Karo Sekali
1. Kesimpulan singkat kitab Rut: Ketika terjadi kelaparan di daerah Israel, Elimelekh beserta istri dan anaknya pergi ke daerah Moab, di sana anaknya menikah dengan orang Moab. Kemudian meninggallah Elimelekh dan kedua anak lelakinya. Naomi mendengar bahwa Tuhan telah memerhatikan umat-Nya sehingga Naomi kembali ke Israel. Rut menantunya begitu mengasihi dan setia kepadanya dan rela meninggalkan keluarga dan allahnya mengikuti mertuanya. Rut adalah perempuan yang rajin dan taat. Rut memungut jelai diladang Boas. Tuhan memperhatikannya dan akhirnya mendapatkan penebusan dari Boas untuk keluarga Elimelekh. Rut berakhir dengan kebahagiaan.

2. Hal yang paling berkesan adalah Rut menekankan sebuah pengorbanan dan keteguhan iman. Ditengah segala kesusahan ada rancangan Tuhan yang indah bagi yang mengasihi Dia. Kasih setia Tuhan serta berkat-Nya diberikan kepada orang asing (kafir) yang mau percaya kepada-Nya sehingga menjadi umat-Nya. Ini adalah gambaran penebusan oleh Kristus kepada kita.

3. Berkat dari diskusi yang saya dapatkan yaitu saya merasa sangat terberkati. Melalui penggalian frasa dari teman-teman di grup menambah pengetahuan saya tentang kitab Rut, penebusan dalam budaya Yahudi maupun kekayaan Rohani dari setiap tokoh ini. Terima kasih untuk SABDA dan tim serta teman-teman semua. Salam kasih.

Sony Ayala Nainggolan
1. Dalam kitab Rut ini secara garis besarnya perjalanan suatu keluarga yang harus kembali ke tanah asalnya Betlehem. Seorang Naomi dan Rut menantu yang setia tetap mengikutinya. Lalu bagaimana Boas bersedia menebus bukan hanya tanahnya tetap juga bersedia menerima Rut sebagai istrinya. Di dalamnya bercerita juga tentang kesetiaan, ketaatan, kasih, pengorbanan, dan pemeliharaan Tuhan yang ajaib hingga kitab ini berujung pernikahan Boas dan Rut yang merupakan nenek moyang Daud.

2. Sepintas seolah-olah sebuah dinamika keluarga biasa, namun dibalik itu ada rancangan dan penggenapan Tuhan yang luar biasa bahwa dari seorang asing banyak Moab (kafir) lahir seorang raja besar Daud dan Yesus Kristus Tuhan dan Juru Selamat. Di sinilah kebesaran Tuhan dinyatakan bahwa Tuhan bisa memakai seorang asing untuk menjadi bagian dari rencana penyelamatan-Nya yang besar. Dengan demikian, kita semakin disadarkan bahwa TUHAN adalah Alfa dan Omega yang sudah ada di hari depan kehidupan kita, dan penyertaannya sempurna.

3. Dalam sharing dan diskusi juga memberikan banyak "emas" yang terpendam yang muncul. Di mana nilai kebenaran, kekekalan, moral dan kasih diungkapkan. Terima kasih sudah diberikan kesempatan bergabung. Terima kasih Tim SABDA.

Ulah Tri Wibowo
1. Kesimpulan Kitab Rut:
a. Tuhan dapat menggunakan siapa pun untuk semua rencana-Nya. Dalam hal ini, Tuhan menggunakan perempuan Moab untuk memberikan berkat-Nya.
b. Beberapa hal yang diperlukan untuk dipakai Tuhan adalah kesetiaan, ketaatan, kerendahan hati, komitmen atau keyakinan. Ini ditunjukkan oleh Rut, walaupun sebagai orang asing, ia tetap setia dan taat kepada Naomi. Bahkan nilai-nilai luhur ditunjukkan oleh Rut.
c. Dalam rencana Tuhan pasti ada proses. Tinggal bagaimana kita menyikapi proses itu.
d. Dalam menilai perilaku dan teks Alkitab perlu memperhatikan konteks budaya pada masa itu. Pergeseran waktu juga telah membawa pergeseran budaya dan tradisi, oleh sebab itu perlu memperhatikan tradisi dan budaya pada masa kitab ditulis.

2. Pelajaran yang paling berkesan: Kesetiaan dan komitmen Rut yang sangat kuat untuk mengabdi pada keluarga suaminya. Walaupun hidup sebagai orang asing dan sebagai orang yang ditinggal mati suaminya tetap setia menemani mertuanya. Bahkan bertanggung jawab kepada kehidupan mertuanya itu.

3. Berkat dalam diskusi:
a. Banyak sudut pandang yang tidk kita lihat justru dijelaskan dalam diskusi.
b. Banyak pelajaran agar kita dapat memberikan respon tanpa mendahulukan sikap reaktif dan mempertahankan diri dari usulan-usulan, saran-saran yg masuk.
c. Apa yang selama ini saya coba pahami dengan perlahan, terkadang harus saya pahami dengan cepat dan benar.
Terima kasih tim SABDA yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk bergabung dan menggali ilmunya. Tuhan memberkati.

Yermia
PENGHARGAAN ALLAH ATAS KESETIAAN DAN KEBERANIAN RUT
Saya sangat bersyukur dapat mengikuti Bedah Kitab Rut (BKR 1) yang diselenggarakan oleh MLC SABDA. Di samping dapat belajar cara membedah kitab Rut juga saya dapat belajar dari pribadi Rut yang penuh kesetiaan, keberanian untuk mengambil keputusan yang luar biasa. Bukan itu saja, Rut dipilih Tuhan untuk menjadi nenek moyang Daud dan Tuhan Yesus Kristus. Saya sangat berterima kasih kepada Ibu Yulia yang telah memfasilitasi dan juga memberitahu, menambahkan hal yang masih kurang dalan diskusi yang berjalan. Saya juga berterima kasih pada Admin Rut 1, Ibu Rode dan tim MLC SABDA. Tuhan Yesus memberkati.