Paskah

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

Apa Artinya Menjadi Misional?

"Misional" atau "hidup misional" adalah istilah Kristen yang pada intinya menjelaskan gaya hidup seorang misionaris. Menjadi misional mencakup merangkul sikap, pola pikir, tingkah laku, dan praktik seorang misionaris guna menjangkau orang lain dengan pesan Injil. Istilah "misional" menjadi populer menjelang akhir abad ke-20 dengan pengaruh dari Tim Keller, Alan Hirsch, dan tokoh-tokoh lainnya serta The Gospel and Our Culture Network. Premis dasarnya adalah bahwa semua orang Kristen seharusnya terlibat dalam Amanat Agung dari Yesus (Matius 28:19-20)./p>

Taxonomy upgrade extras: 
Kategori: 

Apakah yang Dimaksud dengan Paskah?

Kita sering kali bingung menentukan apakah yang dimaksud dengan Paskah itu adalah hari Jumat (kematian Kristus) ataukah pada hari Minggu (kebangkitan Kristus). Kebingungan kita akan bertambah dengan kemunculan 1 istilah yang lain, Jumat Agung, untuk merujuk pada perayaan kematian Kristus di kayu salib. Sebenarnya bahasa Inggris lebih jelas membedakan peristiwa kematian dan kebangkitan Kristus dengan 2 istilah yaitu passover (untuk kematian Kristus) dan easter (untuk kebangkitan Kristus).

Taxonomy upgrade extras: 
Kategori: 

Kematian Kristus

Inilah pusat kepercayaan dan pengertian Kristen, pemberitaan dan kehidupan, pelayanan dan kematian. Ada beberapa dampak yang seharusnya tampak dalam kehidupan kita.

Taxonomy upgrade extras: 
Kategori: 

Siapa Yesus Kristus Itu bagi Penciptaan

Kita masih ingat bahwa menurut pandangan Gnostik karya penciptaan dikerjakan oleh suatu allah yang lebih rendah, yang tidak mengenal dan yang memusuhi Allah sejati. Ajaran Paulus, yaitu bahwa perantara Allah dalam penciptaan adalah Anak-Nya dan dalam perikop ini, dia memberikan empat hal mengenai Anak yang berkaitan dengan penciptaan.

Taxonomy upgrade extras: 
Kategori: 

Hukum Peribadatan

Menurut sistem pembagian yang lama, hukum "upacara" dianggap sebagai pragambaran karya Kristus dan karena itu dikatakan sudah digenapi oleh Dia sehingga tidak berlaku lagi. Pengertian banyak orang Kristen tentang hukum peribadatan Perjanjian Lama ditentukan oleh ajaran Surat Ibrani dan terbatas pada kurban sembelihan, peraturan-peraturan keimaman, dan upacara Hari Raya Pendamaian. Semuanya ini memang adalah bagian-bagian yang penting dari hukum peribadatan, tetapi sama sekali bukanlah keseluruhannya. Bagi seorang Israel, kehidupan peribadatan mencakup hal-hal seperti pengaturan makanan dan kesehatan dengan pembedaan antara makanan yang halal dan haram, Sabat dan perayaan-perayaan lain, sama halnya dengan tuntutan-tuntutan praktis yang mempunyai dampak-dampak sosial yang penting, seperti persembahan, persepuluhan, buah sulung, dan pengumpulan sisa-sisa panen.

Taxonomy upgrade extras: 
Kategori: 

Hari-Hari Kudus

Musim-musim tertentu dalam setahun ditandai Tuhan sebagai masa-masa perayaan dan sukacita keagamaan. Semua bangsa tetangga Israel juga mengingat musim-musim tersebut dengan perayaan-perayaan keagamaan, tetapi upacara-upacara yang mereka adakan sangat berlainan dengan upacara di Israel. Di Mesopotamia dan Ugarit, upacara-upacaranya adalah untuk menghormati para dewa demi kesuburan tanah pada tahun berikutnya. Akan tetapi, bagi bangsa Ibrani, musim-musim itu merupakan manifestasi kebaikan Tuhan. Panen mengingatkan mereka bahwa semua pemberian yang baik berasal dari Allah, dan itulah sebabnya perayaan-perayaan itu ditandai dengan sukacita dan perayaan. Dalam peringatan itu mereka menunjukkan ketaatan mereka kepada Allah dan pada saat yang sama merayakan kedaulatan atas alam yang diberikan Allah kepada mereka.

Taxonomy upgrade extras: 
Kategori: 

Paskah Hari Raya

Keluaran 12 membicarakan: (1) peristiwa sejarah Israel yang dilepaskan dari perbudakan di Mesir; (2) peringatannya yang terus berulang (Misynah Pesakhim 9:5) larangan ragi yang melambangkan sikap ketergesa-gesaan pada malam Keluaran yang tidak terlupakan itu, dan (4) penyerahan anak sulung pada Tuhan, kemudian kurban-kurban yang mengingatkan mereka bahwa Allah melewati rumah-rumah yang berlabur darah. Sangat mungkin bahwa Musa mengubah upacara-upacara kuno menjadi upacara Paskah: Hari Raya Roti Tidak Beragi merupakan pesta petani; Hari Raya Paskah, pesta orang pengembara dan gembala.

Taxonomy upgrade extras: 
Kategori: 

Paskah Tradisional

Upacara Paskah merupakan pusat ibadah orang Yahudi. Setiap unsur dari upacara Pesakh (Ibrani "Paskah") telah dirancang untuk memperingati perjalanan bersejarah orang Yahudi dari perbudakan menuju kedudukan sebagai negara merdeka di bawah pimpinan Allah.

Taxonomy upgrade extras: 
Kategori: 

Pages