Mengapa Tuhan Menciptakan Kita?

Pertanyaan ini sangat penting, baik karena alasan teologis dan filosofis yang sangat tinggi, maupun karena ketika alarm berbunyi pagi ini pada pukul 05.00 atau 06.00 atau 07.00, bagaimana Anda menjawab pertanyaan ini akan membuat perbedaan yang sangat besar bagi alasan Anda untuk beranjak dari tempat tidur.

Cukup dengan Diri-Nya Sendiri

Jadi, pada tingkat teologis dan filosofis, pertanyaan ini penting karena cara Anda menjawabnya memiliki dampak yang sangat besar pada cara Anda memahami sifat Allah yaitu: Apa artinya menjadi Allah? Istilah teknis yang diperdebatkan orang di sini adalah 'keilahian Allah'. Kata "aseitas" dibangun dari kata Latin "a", yang berarti "dari", dan "se", yang berarti "diri". Jadi, kata itu berarti "dari diri-Nya sendiri."

Keesaan Tuhan adalah keberadaan-Nya dari diri-Nya sendiri; Dia ada tanpa pengaruh, masukan, sumber daya, kekuatan, atau apa pun yang berasal dari luar diri-Nya. Atau, cara singkat untuk mengatakan keesaan dalam bahasa yang lebih umum adalah 'kemandirian Allah'. Hal ini penting karena gambaran Alkitab tentang Allah adalah bahwa Dia lengkap, cukup, tanpa cacat, dan tanpa kekurangan apa pun di dalam diri-Nya. Itu berarti, sebelum ada ciptaan apa pun, terpisah dari ciptaan apa pun, dan tidak bergantung pada ciptaan apa pun, Allah adalah Allah yang sempurna dan tanpa cela.

"Penciptaan tidak membuat Allah menjadi lebih Allah atau meningkatkan kesempurnaan-Nya."

Pikirkanlah, misalnya, Keluaran 3:14 (AYT), ketika Musa bertanya kepada Allah apa yang harus ia katakan kepada bangsa Israel ketika mereka bertanya kepadanya, "Siapakah yang mengutus engkau?" Dan Allah berkata kepada Musa, "AKU ADALAH AKU." Dan Dia berfirman, "Kamu harus mengatakan ini kepada keturunan Israel, ‘SANG AKU yang telah mengutusku kepadamu." Dengan kata lain, nama Tuhan, Yahweh (yang dibangun di atas kata "Akulah" dan muncul lebih dari enam ribu kali di dalam Alkitab) -- setiap kali Anda membaca nama tersebut, yang biasanya diterjemahkan dengan huruf besar T-U-H-A-N, nama tersebut memberikan kesaksian tentang keberadaan absolut Tuhan di dalam dan pada dirinya sendiri. "Akulah. Itulah nama-Ku. Aku adalah Aku: Aku tidak bergantung pada apa pun, tidak ada seorang pun untuk menjadi diri-Ku. Aku adalah realitas absolut. Aku tidak memiliki awal. Aku tidak akan memiliki akhir. Dan dalam kaitannya dengan ciptaan, Aku tidak menjadi seperti apa adanya Aku."

Banyak orang, terutama para penganut teologi proses, berpikir bahwa Allah menjadi Allah, bahwa Ia menjadi lebih baik setiap saat; Ia bertumbuh menjadi apa artinya menjadi Allah. Dengan menciptakan dunia dan berinteraksi dengan dunia, Dia menjadi lebih baik. Bukan seperti itu yang Alkitab katakan. Itu bukan cara saya berpikir. Saya rasa bukan seperti itu cara kita berpikir tentang Allah. Kita tidak dapat memperbaiki Allah. Ia tidak dapat berkembang. Ia berkata, "Aku adalah Aku. Aku selalu menjadi Allah yang sepenuhnya, sempurna, tanpa cela di hadapan dan terpisah dari semua ciptaan." Itulah yang ditegaskan dan dilindungi oleh doktrin keesaan, atau kemandirian Allah. Dan saya pikir itu adalah realitas alkitabiah yang harus kita percayai dan tekankan.

Kepenuhan Tritunggal

Saya pikir, realitas alkitabiah dan pengajaran tentang Trinitas -- Allah adalah Bapa, Anak, dan Roh Kudus -- sangat penting bagi doktrin tentang kemahakuasaan Allah. Karena apa yang tersirat dalam Trinitas dalam hubungan antara Bapa, Anak, dan Roh Kudus adalah bahwa Allah adalah kasih dan selalu menjadi kasih. Alkitab berkata, "Allah adalah kasih" (1 Yohanes 4:16, AYT). Dia selalu adalah kasih. Sebelum ada dunia untuk dikasihi, Allah adalah kasih.

Putra Ilahi adalah dan selalu adalah, dalam persekutuan Tritunggal, gambar dan kesukaan Allah. Dia disebut sebagai keduanya di dalam Alkitab. Yesus, sebelum Ia berinkarnasi menjadi Yesus Kristus, adalah Anak Allah. Dan, di dalam persekutuan Tritunggal yang kekal dan abadi, Dia adalah gambar Allah yang sempurna, dan Dia adalah kesukaan Allah. Allah tidak perlu menciptakan dunia untuk mendapatkan sukacita yang penuh dan memuaskan di dalam persekutuan Tritunggal.

Jadi, doktrin aseitas, atau kemandirian Allah, tidak hanya melindungi kemandirian dan kemutlakan ke-Allah-an Allah dari setiap anggapan bahwa ciptaan adalah sesuatu yang esensial bagi keberadaan-Nya (inilah bahayanya: berpikir bahwa ciptaan adalah bagian dari keberadaan dan kesempurnaan-Nya), tetapi aseitas juga melindungi natur Allah sebagai Tritunggal yang terdiri dari Pribadi-Pribadi yang sepenuhnya puas dan bersukacita di dalam satu sama lain secara kekal terpisah dari ciptaan.

Tidak Ada Keacakan di dalam Allah

Semua itu menyiratkan hal yang negatif: Allah tidak menciptakan dunia ini dari kekurangan atau cacat. Penciptaan tidak membuat Allah menjadi lebih Allah atau meningkatkan kesempurnaan-Nya. Jadi kita bertanya, "Adakah cara untuk menjawab pertanyaan, Mengapa Dia menciptakan alam semesta? Sudahkah kita menggambarkan keberadaan esensial Allah dan kepenuhan Tritunggal-Nya serta kebahagiaan-Nya sedemikian rupa sehingga hampir mengesampingkan motif apa pun untuk menciptakan dunia, motif apa pun yang tidak akan mengorbankan kemandirian-Nya?"

"Allah melakukan segala sesuatu untuk mengkomunikasikan dan memperlihatkan kemuliaan-Nya sendiri kepada ciptaan-Nya."

Saya pikir akan sangat memalukan bagi Allah jika kita mengatakan bahwa penciptaan alam semesta hanyalah kebetulan atau keanehan semata, tanpa tujuan, tanpa motif, tanpa rancangan yang bijaksana dan terarah, tanpa maksud dan tujuan sama sekali, agar jangan sampai tujuan atau motif tersebut ditafsirkan bahwa Allah pada akhirnya merasa senang. "Dia memiliki ciptaan untuk dikasihi," atau sesuatu seperti itu. "Melalui ciptaan, Ia menyempurnakan diri-Nya sendiri." Itu akan menjadi penghinaan besar bagi Allah jika dikatakan bahwa Dia tidak dapat menciptakan dengan motif dan dengan hikmat serta rancangan tanpa membahayakan ke-Allahan-Nya.

Jadi, jawaban mengapa Dia menciptakan dunia, menurut saya, akan disebut sebagai ajaran sesat -- seolah-olah Dia hanya iseng, tidak memiliki makna, tidak memiliki rancangan, tidak memiliki motif, atau tidak memiliki hikmat. Itulah mengapa doktrin keesaan Tuhan itu penting, untuk melindungi kita dari ajaran sesat tersebut.

Kasih yang Melimpah

Lalu, bagaimana kita menjawab pertanyaan mengapa Allah menciptakan kita? Saya akan membahas ayat-ayat seperti Yesaya 43:6-7 (dan masih banyak lagi), dengan mengingat bahwa setiap janji dalam Perjanjian Lama adalah benar di dalam Kristus bagi kita orang Kristen (2 Korintus 1:20). Bagi semua orang yang percaya kepada Kristus, janji-janji dalam Perjanjian Lama adalah benar. Yesaya 43:6-7 (AYT) mengatakan,

Bawalah anak-anak-Ku laki-laki dari tempat yang jauh
dan anak-anak-Ku perempuan dari ujung-ujung bumi,
setiap orang yang disebut dengan nama-Ku,
yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku,
yang telah Kubentuk, dan yang telah Kujadikan.

Sekarang, berdasarkan ayat tersebut dan banyak ayat-ayat lain yang serupa, saya melihat bahwa yang melingkupi seluruh isi Alkitab adalah ajaran bahwa Allah melakukan segala sesuatu untuk mengomunikasikan dan menunjukkan kepada makhluk-Nya segala kemuliaan-Nya, kebesaran-Nya, keindahan-Nya, dan nilai-Nya. Dia mengkomunikasikan dan menampilkan seluruh panorama kesempurnaan-Nya kepada makhluk ciptaan-Nya, sebagai luapan kasih-Nya.

Dan saya tambahkan dengan cepat: alasan mengapa komunikasi dan penyataan kemuliaan Allah merupakan luapan kasih-Nya adalah karena kemuliaan tersebut sangat menyukakan hati manusia dan merefleksikan kebesaran Allah secara luar biasa. Atau dengan kata-kata favorit saya: Allah paling dimuliakan di dalam diri kita ketika kita merasa puas di dalam Dia. Kasih Allah yang kekal di dalam persekutuan Tritunggal adalah sukacita yang sangat memuaskan dan memuliakan Allah. Sebelum ada ciptaan, kepenuhan Allah telah dinyatakan bagi Allah di antara Pribadi-Pribadi Tritunggal. Dan, kepenuhan Allah adalah sukacita yang tidak akan pernah habis dalam Pribadi-Pribadi Tritunggal.

"Adalah sifat dari kepenuhan kasih ilahi untuk membagikan dirinya sendiri. Seperti itulah kasih di dalam Allah."

Inilah yang Dia komunikasikan dalam penciptaan kepada kita, kepada umat-Nya. Dia memberikan kepada semua yang mau memilikinya, semua yang mau menerimanya sebagai harta mereka, dia memberi kita bagian dalam kesukaan yang memuliakan Allah, kesukaan yang memuliakan Allah yang ada di dalam Allah. Dan jika Anda menekan saya lebih keras lagi dan berkata, "Tetapi mengapa? Mengapa Dia melakukan ini jika Dia begitu penuh dan bahagia tanpa ciptaan?" Saya akan mengatakan bahwa itu adalah sifat alami dari kepenuhan kasih Ilahi untuk berbagi. Seperti itulah kasih di dalam Allah. Dan berbagi ini bukanlah penyempurnaan Allah atau peningkatan Allah. Jonathan Edwards, saya pikir, mengatakannya dengan sangat baik ketika ia berkata, "Tidak ada argumen tentang kekeringan atau kekurangan pada sebuah air mancur yang membuat air mancur itu cenderung meluap."

Tujuan Allah -- dan Tujuan Kita

Ketika alarm berbunyi pada pukul 5:00 atau 6:00 atau 7:00 besok pagi, Anda dapat mengetahui, dan ini adalah hal yang mulia -- secara individual, pribadi, eksistensial sangat relevan -- Anda dapat mengetahui tujuan Tuhan menciptakan Anda dan mengapa Anda harus bangun dari tempat tidur. Kita ada untuk melihat dan menikmati serta menunjukkan keindahan dan nilai serta kebesaran Tuhan dalam setiap bidang kehidupan kita. Paulus berkata, "Jadi, entah kamu makan atau minum, atau apa saja yang kamu lakukan, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah." (1 Korintus 10:31, AYT).

Kita ada untuk menyelaraskan hidup kita dengan tujuan Allah dalam penciptaan -- yaitu, tujuan-Nya untuk mengkomunikasikan kemuliaan-Nya dalam limpahan kasih-Nya yang memuaskan jiwa dan meninggikan Allah. Dan inilah bentuk keselarasan itu: kita mengagungkan kemuliaan Tuhan dengan mendapati Dia sebagai realitas yang paling memuaskan di alam semesta.

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Desiring God
Alamat situs : https://www.desiringgod.org/interviews/why-did-god-create-us
Judul asli artikel : Why Did God Create Us?
Penulis : John Piper
Kategori: 

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA