Silabus MMP

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

MODUL MEMAHAMI MAKNA PASKAH (MMP)

PDF | HTML | TXT

  1. Penjelasan Lengkap

    Kelas diskusi Memahami Makna Paskah (MMP) akan mempelajari tentang arti Paskah dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, Kematian dan Kebangkitan Kristus, serta Makna Paskah bagi Gereja dan Kehidupan kita. Pelajaran-pelajaran ini akan sangat berguna bagi umat Kristen dalam menghayati Paskah sesuai dengan kebenaran firman Tuhan.

  2. Tujuan Pelajaran

    Sesudah mengerjakan seluruh tugas yang diberikan dan menyelesaikan Kelas MMP, maka diharapkan peserta akan dapat:

    1. Memahami dengan benar apa arti Paskah, bagaimana latar belakang dari Paskah menurut Alkitab baik dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru.
    2. Semakin memperluas pengetahuan dan kebenaran tentang makna yang sesungguhnya dari Paskah bagi gereja dan kehidupan orang percaya pada masa kini.
    3. Memahami dan mengenal secara mendalam tentang kematian dan kebangkitan Kristus dalam Alkitab berkaitan dengan sejarah penyelamatan umat manusia.
  3. Materi Pelajaran (5 Pelajaran)

    1. PELAJARAN 01: PENGERTIAN PASKAH
      Tujuan: Peserta memahami arti dan definisi Paskah menurut etimologinya, bapa-bapa gereja, dan para teolog. Dengan mengetahui semuanya ini, peserta akan mampu mengerti tentang arti dan definisi Paskah secara utuh.
      Baca online: Pelajaran 01 | Pertanyaan 01 | Referensi 01

    2. PELAJARAN 02: PASKAH PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU
      Tujuan: Peserta akan memahami bahwa sejarah Paskah telah ada dalam Perjanjian Lama, itulah Paskah pertama (Kel. 12:1-14). Selain itu, peserta mengerti makna Paskah yang terkandung dalam Perjanjian Baru, di mana titik fokusnya ialah Yesus Kristus.
      Baca online: Pelajaran 02 | Pertanyaan 02 | Referensi 02

    3. PELAJARAN 03: KEMATIAN YESUS
      Tujuan: Peserta akan mengerti bahwa jalan salib dan kematian Yesus Kristus telah membukakan jalan kepada Allah, di mana manusia berdosa ditebus oleh-Nya. Melalui bukti-bukti yang dicatat dalam Alkitab dan kesaksian-kesaksian yang ada, kematian Kristus membuat manusia menerima pengampunan.
      Baca online: Pelajaran 03 | Pertanyaan 03 | Referensi 03

    4. PELAJARAN 04: KEBANGKITAN YESUS
      Tujuan: Peserta akan mengerti bahwa puncak dari perjalanan kehidupan Yesus adalah kebangkitan Kristus pada hari yang ketiga, yang disaksikan oleh banyak orang pada zaman itu. Bukti-bukti yang kuat itu telah tercatat di dalam Alkitab dan melalui hal itu iman kita semakin diteguhkan bahwa Yesus adalah Tuhan kita yang hidup.
      Baca online: Pelajaran 04 | Pertanyaan 04 | Referensi 04

    5. PELAJARAN 05: MAKNA PASKAH BAGI DUNIA, GEREJA, DAN SAYA
      Tujuan: Peserta memahami makna Paskah bagi dunia, Gereja, dan diri sendiri. Melalui hal ini, peserta diharapkan mampu memahami arti pentingnya Paskah bagi keselamatan dunia, bagi panggilan misi oleh Gereja, dan arti keselamatan Kristus untuk kehidupan pribadi.
      Baca online: Pelajaran 05 | Pertanyaan 05 | Referensi 05

Taxonomy upgrade extras: