Testimoni Peserta Kelas Persiapan Pernikahan Kristen 3

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

1. Advent Michael Sinaga

Pertama-tama saya berterima kasih kepada seluruh tim SABDA yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Jujur saya sangat bersyukur saya bisa mengikuti kelas ini, saya dapat belajar dan mempersiapkan diri dalam melakukan pernikahan yang sesuai dengan kehendak Allah melalui PPK ini. Yang paling berkesan selama saya mengikuti pembelajaran ini adalah saat membahas materi tentang menjadi tim kerja Allah melalui pernikahan (suami-isteri). Jujur melalui materi ini saya bisa mengetahui cara menjadi tim kerja Allah lewat pernikahan, lewat materi ini saya diingatkan dan ditegur bahwa saya yang nantinya menjadi kepala keluarga/suami harus menjadi contoh yang baik dalam menjadikan keluarga sebagai tim kerjanya Allah, harus tunduk kepada Allah. Aplikasi atau penerapan yang ingin saya lakukan selanjutnya adalah menjadikan Allah sebagai pusat dalam hubungan saya nanti (baik itu hubungan pacaran & hubungan pernikahan). Selain itu saya ingin lebih menjaga hubungan saya dan pasangan saya nantinya agar menjadi hubungan yang sehat lewat pembelajaran yang sudah saya dapatkan lewat kelas PPK ini. Terima kasih, Tuhan Yesus Memberkati.

2. Abednego Ryo Vincent

Terima kasih atas kelas yang begitu luar biasa oleh tim SABDA MLC yang membantu saya semakin memahami lagi nilai-nilai kebenaran firman Tuhan secara sederhana namun dirancang sangat aplikatif untuk kehidupan sehari-hari. Terima kasih atas moderator Mas Bima dan Admin kece Sist There Theresia Puspita S.G yang begitu luar biasa menemani peserta untuk berdiskusi dan melemparkan beberapa pertanyaan yang menurut saya cukup menguras otak juga. Sangat luar biasa kelas PPK ini tidak terasa begitu cepat berlalu padahal mau berlama-lama lagi. Kelas yang begitu seru, rame dan menyenangkan sebab di dalam kelas peserta saling menanggapi jawaban dan saling melempar pertanyaan juga. Di kelas ini saya mendapatkan sudut pandang baru mengenai spiritualitas seseorang single dalam mencari pasangan hidup dibantu dengan tinjauan teologis dan diberi penutup berupa aplikasi dalam kehidupan yang sungguh menolong dan memperlengkapi peserta yang ada. Kelas yang memberi pemahaman baru mengenai pernikahan kristen agar ke depannya tidak salah langkah dalam mengambil keputusan sebelum menikah. Kelas ini membantu saya untuk melengkapi pemahaman saya sebagai trainer bimbingan pranikah di gereja agar semakin dibukakan kembali esensi pernikahan yang sesungguhnya. Terima kasih untuk kelas yang luar biasa. kiranya SABDA MLC dipakai Tuhan secara luar biasa untuk memberi pemahaman bagi orang-orang mengenai alkitabiah. Maju terus SABDA di dalam terang kasih Kristus. Tuhan Yesus Memberkati.

3. Zecklee Teddy

Terlebih dahulu saya mengucapkan terima kasih kepada tim SABDA atas peluang yang diberikan untuk menyertai Kelas Persiapan Pernikahan Kristen. Walaupun saya warganegara Malaysia, tetapi saya berjaya menghabiskan kelas ini. Di mata Tuhan kita adalah satu bumbung. Persiapan Pernikahan Kristen ini sangat memberi manfaat kepada diri saya karena dengan pembelajaran yang saya lalui, sedikit banyak dapat membantu saya untuk mempersiapkan diri saya untuk mencari pasangan. Seterusnya, saya juga dapat membedakan arti cinta yang bukan dari Tuhan dan datang dari Tuhan. Dan memperlakukan pasangan kita sesuai dengan kehendak Tuhan. Perkahwinan adalah satu ibadah kepada Allah. Akhir sekali, tidak juga lupa saya ucapkan kepada Admin PPK-3 dan rekan-rekan PPK-3. Dengan jawaban dari diskusi yang diberikan dapat membantu saya untuk memahami dan menambah pengetahuan saya tentang Persiapan Pernikahan Kristen. Sekian dan Terima kasih. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amen.

4. Juliana Marissa

Saya berterima kasih untuk tim Sabda yang sudah memberikan pelatihan PPK ini. Saya juga bersyukur kepada Tuhan karena saya dapat mengikuti PPK SABDA ini. Yang saya dapatkan dari pelatihan ini adalah: saya belajar untuk ikut serta dalam menjawab pertanyaan dan ikut dalam diskusi merespon tanggapan dari peserta lain. Saya belajar untuk menggali lebih dalam tentang cara membangun pernikahan Kristen sesuai dengan prinsip-prinsip Alkitab. Saya belajar bahwa pernikahan itu adalah tim kerja Allah yaitu suami, Allah dan isteri. Pikiran saya terbuka karena melihat jawaban yang kritis untuk setiap pertanyaan yang diberikan dari setiap peserta lain. Pembahasan dari para peserta lain sungguh memperdalam pengetahuan, mempertajam pemikiran dan memperluas pemahaman mengenai segala hal yang berhubungan persiapan sebelum menikah supaya kita dapat berubah dan lebih dewasa baik bagi diri sendiri ataupun memilih pasangan hidup yang sepadan. Semoga kelas PPK ini dapat terus berlanjut bagi orang-orang lain supaya dapat mengikutinya. Terima kasih.

5. Eli Yunus Laia

Pelajaran yg berkesan selama mengikuti kelas diskusi, bertemu dengan teman-teman yang luar walau hanya di sosmed, dan tidak kalah berkesannya lagi adalah pelajaran yang didiskusikan. Kita tahu bahwa memulai hubungan harus komitmen satu dengan yang lain, apalagi melanjutkan ke jenjang pernikahan. Secara pribadi sebagai single senang belajar ini apalagi saya mau menikah minggu depan, pelajaran seperti membawa dampak kepada kita dalam menjalani kehidupan rumah tangga harus menjadi Allah sebagai prioritas utama, dan membawa rumah tangga kita melayani Tuhan. Itu salah satu kadang orang tidak mengerti tujuan pernikahan kita ini dibawa kemana. Sebab Tuhan yang maha pengasih dan penyayang serta maha kuasa atas setiap kehidupan rumah tangga. Saya belajar juga bahwa pernikahan adalah tim kerja Allah dan juga belajar bahwa pernikahan yang sehat harus menempatkan Allah sebagai prioritas tertinggi/hubungan segitiga: suami-Allah-istri. Sebab pernikahan ini harus menyatukan dari dua keluarga yang berbeda, ini lah yang harus kita ingat nanti bahwa pernikahan itu bukan hanya main-main saja, tetapi ini suatu rencana Allah yang suci. Terima kasih untuk kakak-kakak pembina semua. Tuhan Yesus memberkati. Shalom.

6. Sari Indah Sitio

Puji Tuhan saya boleh bergabung di dalam kelas persiapan pernikahan Kristen ini. Ikut kelas ini karena mendapat broadcast dari salah satu anggota jemaat. Puji Tuhan setiap hari saya mendapatkan masukan baru, ilmu baru dan cerita baru. Sharing yang boleh saya ikuti membuat saya menjadi lebih terbuka dan semakin teguh dalam ikut Kristus. Karena ternyata kasih Kristus itu luar biasa dalam kehidupan kita sehingga hal seperti pernikahan pun semua Tuhan yang atur dan kendalikan. Setelah mengikuti kelas ini, saya lebih mengandalkan Tuhan dalam mengambil semua keputusan, terutama dalam hal pernikahan. Saya juga bertekad untuk lebih selalu melibatkan Tuhan dalam hal apapun, lebih yakin juga dalam hal menemukan pasangan harus yang sepadan karena akan menjadi tim kerja Allah. Kiranya melalui kelas ini, kita semua menemukan apa yang kita "cari". Tuhan Yesus memberkati kita.

7. Andi Yunita

Senang banget bisa bergabung dalam diskusi selama seminggu ini. Berterima kasih untuk Theresia Puspita S.G, Mas Bima SABDA yang sudah sangat menolong dalam diskusi dan sepanjang kegiatan ini. Bisa belajar banyak hal bahwa pernikahan adalah hal yang sangat penting untuk dipahami dan dijalani sebaik-baiknya tentunya sesuai dengan Firman TUHAN karena pernikahan adalah Rencana Allah. Bersyukur ada di PPK-3 bisa berdiskusi dan diisi lebih banyak lagi dari yang di sharingkan teman-teman dan didiskusikan bersama sehingga semakin dalam mengerti banyak hal yang belum saya mengerti secara pribadi. Akhir kata terima kasih untuk tim SABDA yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini, ditunggu kegiatan-kegiatan lainnya untuk terus memperlengkapi lebih lagi. Tuhan Yesus memberkati.

8. Eben Madulu

Shalom. Saya bersyukur bisa bergabung dengan PPK banyak hal yang saya dapatkan. Tuhan punya kasih dan rencana yang indah termasuk melalui pernikahan Kristen. Terima kasih buat teman-teman untuk sharingnya bisa saling berbagi. Tuhan yang menjadi pondasi dalam pernikahan. Suami-Tuhan-Isteri. Kiranya Tuhan Yesus memberkati kita semua.

9. Altania Br Karo

Shalom. Terima kasih saya diperbolehkan bergabung di dalam kelas persiapan pernikahan Kristen ini. Ikut kelas ini karena mendapat broadcast dari kakak saya Artha yang di Jerman. Puji Tuhan setiap hari saya mendapatkan masukan baru, ilmu baru dan cerita baru. Sharing yang boleh saya ikuti membuat saya menjadi lebih terbuka dan semakin teguh dalam ikut Kristus. Karena ternyata kasih Kristus itu luar biasa dalam kehidupan kita, sehingga hal seperti pernikahan pun semua Tuhan yang atur dan kendalikan. Setelah mengikuti kelas ini, saya lebih mengandalkan Tuhan dalam mengambil semua keputusan, terutama dalam hal pernikahan. Saya juga bertekad untuk lebih selalu melibatkan Tuhan dalam hal apapun, lebih yakin juga dalam hal menemukan pasangan harus yang sepadan karena akan menjadi tim kerja Allah, pada bagian ini saya bergabung di kelas sangat senang karena semua terbuka tentang pasangan hidup, dan banyak dapat pembelajaran tips-tips menuju pernikahan Kristen yang utuh dan sejati, itu semua karena Tuhan sudah tetapkan. Terima kasih.

10. Jesisca Alvany Mariance

Saya sungguh sangat diberkati dengan adanya kelas PPK ini. Setiap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sangat bagus untuk didiskusikan dan sangat menolong saya untuk bisa punya pandangan yang lebih luas mengenai bagaimana seharusnya membangun sebuah "Rumah Tangga Kristen", serta bagaimana mempersiapkan diri untuk bisa menjadi pribadi yang dewasa secara rohani yang siap masuk ke dalam "Kehidupan Pernikahan". Harapan saya, setiap materi yang saya peroleh dari kelas ini tidak berlalu begitu saja, tetapi bisa menjadi suatu panduan ke depannya ketika saya masuk dalam "kehidupan pernikahan". Saya secara pribadi sangat berterima kasih kepada setiap tim kerja yang sudah memberikan waktunya untuk membina setiap kami, secara khusus saya berterima kasih kepada kakak Mas Bima SABDA dan Theresia Puspita S.G selaku Admin dan moderator di kelas PPK 3. Terima kasih juga kepada rekan-rekan peserta yang sudah aktif dalam menjawab setiap pertanyaan dan mau berbagi hal-hal positif selama diskusi berlangsung. Tetap andalkan Tuhan dalam setiap hal, tetap setia berproses di dalam Tuhan, dan Tuhan sendiri akan menolong dan memampukan kita. Tuhan Yesus memberkati.

11. Marlince Dapaole

Shalom. Saya merasa terberkati dengan mengikuti kelas PPK ini. Ini pertama kali saya mengikuti kegiatan dari SABDA MLC. Saya mendapatkan info dari teman dan saya juga meneruskan infonya ke teman-teman dan puji Tuhan ada teman-teman saya yang juga ikut dalam kelas PPK ini. Saya merasa terberkati dengan materi dan sharing-sharing dari teman-teman dalam grup. Apa yg disampaikan dan didiskusikan merefresh kembali pemahaman tentang persiapan pernikahan Kristen agar dapat mempersiapkan diri dalam membangun Rumah Tangga Kristen Terima kasih juga buat Theresia Puspita S.G yang selalu mengingatkan untuk aktif ditengah-tengah kesibukan. Kiranya kasih dan berkat Tuhan senantiasa menyertai kita.

12. Maria Renya Rosari Nailopo

Shalom. Bersyukur bisa terlibat dalam kelas PPK ini. Dengan mengikuti kelas ini saya merasa sangat diberkati karena diberikan materi dan sharing. Segala hal yang didapat di kelas ini, sangat membantu saya untuk lebih memahami bahwa memilih pasangan yang sesuai dengan kehendak Allah itu susah susah gampang, tetapi membantu saya dalam mempersiapkan diri menuju Rumah Tangga. Saya mengucapkan terima kasih kepada Tim SABDA yang sudah mengadakan kelas PPK ini. Semoga hal yang saya dapat di sini dapat saya terapkan dalam kehidupan saya khususnya dalam urusan percintaan. Kiranya Tuhan memberkati Tim SABDA dan kita semua.

13. Vionorisna Liani

Saya diberkati dengan mengikuti kelas PPK ini. Ini pertama kali saya mengikuti kegiatan dari SABDA. Saya mendapatkan info dari teman saya Rode SABDA. Modul yang dibagikan dan diskusi dari teman-teman dalam grup membantu untuk menambah ilmu dan ini bermanfaat. Soal yang diberikan membantu untuk bekal saya pribadi dan bisa menjadi berkat untuk orang lain ketika akan masuk dalam bahtera rumah tangga melalui persiapan pernikahan Kristen. Terima kasih buat Ibu Theresia Puspita S.G yang mengingatkan dan memberi motivasi kepada saya untuk aktif di kelas PPK 3 meskipun dalam kondisi sedang berdukacita dan bekerja.

14. Julio M. Pasimanyeku

Berkat yang paling berkesan selama mengikuti kelas diskusi adalah kesempatan berpikir, memahami, dan merenungkan sambil menulis jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tidak terduga seputar kehidupan pernikahan entah itu prapernikahan, saat menikah dan pasca menikah. Menarik karena juga ada kesempatan untuk menanggapi jawaban peserta lain. Pelajaran yang boleh dipahami dan tentunya telah tersimpan di memori adalah pada betapa krusial kesentralan Allah di dalam hubungan, perlu adanya batasan-batasan yang sehat dan benar dalam hubungan dan perlunya kasih Allah untuk membereskan ketidaksempurnaan cinta kasih di dalam hubungan. Aplikasi praktis yang akan dilakukan setelah mengikuti kelas adalah berusaha melangkah mencari pasangan hidup. Penutupnya, mengucap syukur kepada Allah dan turut berterima kasih pada YLSA SABDA yang kehatihambaannya pada seluruh tim telah memfasilitasi dengan sangat totalitas dengan bahan-bahan Kristen yang menumbuhkan iman, terbaru dengan baru saja menyelenggaran kelas diskusi "Persiapan Pernikahan Kristen." Satu lagi, maaf kalau kepanjangan paragraf yang kedua ini, sekiranya kelas yang diselenggarakan lagi di masa-masa mendatang oleh SABDA MLC boleh mengangkat tema/judul "Amanat Agung."

15. Milka Malva Rohi

Saya bersyukur berkesempatan mengikuti PPK ini, terlebih saya juga ikut bersama calon pasangan saya yang tentunya berbeda kelompok. Dari PPK ini, meskipun difasilitasi secara online, saya merasa lebih terbimbing dan semakin diteguhkan bahwa tujuan pernikahan adalah untuk memuliakan Tuhan. So, terima kasih SABDA atas diadakannya kelas PPK ini. Tuhan Yesus memberkati.