Testimoni Peserta Kelas Persiapan Pernikahan Kristen 2

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

1. Benedict Reagan Salomo

Terima kasih buat teman-teman semua. Khususnya Bu Evi dan Rode Pardede. Terberkati dengan sharing temen-temen semua dan pengetahuannya juga mengenai menjalin relasi. Bersyukur sekali saya bisa mengikuti program ini. Semangat terus buat kita untuk berjuang mengasihi, menerima, dan bersabar dalam menjalani relasi dengan pasangan. Juga tak lupa semangat untuk terus berelasi dengan Tuhan. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

2. Benediktus Bryan Indra Karisma

Terima kasih banyak seluruh tim SABDA yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini, terima kasih banyak juga untuk teman-teman sekelas denganku, yang tentunya sangat memberkati dan membantu saya pribadi. Saya sangat bersyukur, di usia seperti dapat belajar Persiapan Pernikahan Kristen (PPK). Yang paling berkesan selama mengikuti diskusi yaitu, tentang pengalaman-pengalaman baik sisi teori maupun dari sisi pengalaman sudah bagus ada timbal balik yang bisa dijadikan pelajaran selain itu juga banyak permasalahan-permasalahan yang dibahas dan bagaimana alkitab menjawab permasalahan yang ada saat ini, juga teman-teman yang saling mensuport satu sama lain sehingga timbul grup yang hidup dan aktif. Dengan adanya kelas ini, saya lebih banyak tahu tentang pranikah terutama masalah seks sebelum nikah dimana saat ini itu menjadi tren di kalangan saat anak muda, selain itu juga kelas ini membuat saya memiliki prinsip yang baik di dalam Tuhan Yesus yang akan diterapkan nantinya saat menuju pernikahan Kristen. Kiranya masih banyak kelas-kelas yang akan memberkati banyak orang nantinya, saya menunggu kelas berikutnya. Terima kasih banyak seluruh tim dan juga teman-teman semua.

3. Christian Wandri

Terima kasih banyak atas terselenggaranya kegiatan ini, sangat membantu dan memberkati sekali buat pribadi saya sendiri. Hal berkesan dari kegiatan ini saya boleh mendapatkan wawasan dan pemahaman dari diskusi yang berlangsung selama satu minggu, sangat interaktif, pengalaman yang dibagikan sangat membantu. Dan apa yang didapatkan dari diskusi, saya pergunakan untuk mengoreksi diri dan membangun hubungan yang penuh cinta kasih kepada Tuhan maupun kepada sesama, serta saya dapat memahami prinsip-prinsip pernikahan Kristen. Oleh karena itu, kiranya masih banyak lagi diskusi-diskusi yang akan diadakan berikutnya, agar selalu memberkati banyak orang. Terima kasih banyak untuk semua tim, dan untuk teman-teman sekalian. Ini pengalaman pertama saya ikut kelas PPK dari SABDA. Saya bersyukur bisa ikut kelas PPK ini dan bisa mendapat pertanyaan-pertanyaan yang akhirnya menjadi bahan perenungan saya. Dan saya berterima kasih juga bisa berdiskusi dengan teman-teman sEmua di sini yang ramah-ramah dan terbuka semuanya. Juga terima kasih untuk pertanyaan-pertanyaan dan jawaban-jawaban luar biasa dari teman-teman yang membantu saya untuk berpikir lebih dalam. Kalau dari saya pribadi, kelas PPK ini membantu saya untuk mempersiapkan nilai dan prinsip yang benar (dengan nilai-nilai Kristen) terkait pernikahan. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam bentuk apa pun. GBU.

5. Destri Alkitabiah Harianja

Shalom selamat siang, saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada selurih teman SABDA ALKITAB Yang telah menyelenggarakan kegiatan ini (Persiapan Pernikahan Kristen) saya juga berterima kasih kepada teman dan rekan-rekan yang juga sangat mengajar saya bahkan membantu saya lewat diskusi bersama. Saya yang mungkin sebagai peserta termuda dan terbaru jujur saya merasa sangat terberkati karena saya semakin mengetahui banyak hal yang mungkin sebelumnya saya tidak pahami. Saya mengerti bagaimana perbedaan cinta menurut pandangan dunia dan prinsip Alkitab, saya mengerti bagaimana hubungan Allah dengan sepasang manusia, saya juga semakin tahu bagaimana manusia sebagai tim dan sekerja dengan Allah. Saya juga mengerti bagaimana menjaga Kekudusan di dalam pasangan. Tentu saja hal-hal tersebut sangat berkesan bagi diri saya pribadi. Saya juga ingin berterima kasih kepada admin PPK 2, Rode Pardede yang sabar dalam merangkul dan mengingatkan para anggota, termasuk saya pribadi. Saya harap tim SABDA semoga ke depannya semakin lebih lagi, semakin terberkati dan semakin membawa berkat bagi banyak orang. Saya akan menantikan kelas-kelas selanjutnya. Terima kasih, Tuhan Yeaus Memberkati.

6. Feronica

Berkat yg diterima selama berdiskusi adalah sungguh sangat luar biasa dengan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh Ibu Evi sebagai moderator kelas PPK 2 sangat membantu dalam berdiskusi bersama teman-teman kelas untuk memahami manusia sebagai ciptaan-Nya yang telah ditentukan pasangan hidupnya dan bagaimana kita dapat bekerja sama dengan Allah serta tujuan pernikahan yang hanya ditujukan kembali untuk kemuliaan-Nya oleh karena itu setiap kita dituntut untuk senantiasa menjaga kekudusan hidup ini. Kesan selama proses berdiskusi berjalan kami saling melengkapi satu dengan yang lainnya sehingga mempertajam pengertian/pemahaman bagi kita tentang konsep pernikahan Kristen yang Tuhan kehendaki. Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas kebersamaan dalam berdiskusi PPK kepada Ibu Evi sebagai moderator kelas serta admin kelas Ibu Rode Pardede yang sangat luar biasa selalu mengingatkan kami. Kiranya Tuhan Yesus memberkati Ibu Evi dan Ibu Rode Pardede serta Ibu Yulia, dkk., tim MLC.

7. Gabrella Trang Mayani Harianja

Terima kasih banyak seluruh tim SABDA yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini, terima kasih banyak juga untuk teman-teman sekelas denganku, yang tentunya sangat memberkati dan membantu saya pribadi. Saya sangat bersyukur, di usia seperti dapat belajar Persiapan Pernikahan Kristen (PPK). Yang paling berkesan selama mengikuti diskusi yaitu, adanya pengalaman-pengalaman teman-teman yang begitu luar biasa, serta teman-teman juga membantu saya memahami yang kurang saya pahami. Tentunya juga memberikan pelajaran yang baik di kemudian hari. Dengan adanya kelas ini, saya lebih banyak tahu tentang hal-hal apa saja yang harus dikembangkan dan dikurangi. Serta membuat saya memiliki prinsip yang baik yang akan diterapkan nantinya saat menuju pernikahan Kristen. Kiranya masih banyak kelas-kelas yang akan memberkati banyak orang nantinya, saya menunggu kelas berikutnya. Terima kasih banyak seluruh tim dan juga teman-teman semua.

8. Giovanni Pedro Aprista Pakpahan

Terima kasih banyak kepada seluruh tim SABDA ALKITAB yang sudah melaksanakan kegiatan-kegiatan Persiapan Pernikahan Kristen. Terima kasih untuk teman-teman dalam grup PPK 2 sudah berbagi pengalaman, ilmu dan pandangan. Saya mendapat banyak sudut pandang dari teman-teman selama diskusi, pandangan yang mengasah cara pikir dalam menjalani kehidupan kelak. Berharap kita semua semakin bertumbuh dalam Kristus untuk kehidupan yang berpengaruh untuk lingkungan di sekitar kita. Yang paling berkesan ketika dalam menyampaikan argumen dan pendapat teman-teman memberikan referensi ayat Alkitab yang mendukung pandangannya, menurut saya ini hal yang penting. Pernikahan bukan hal coba-coba atau main-main, karena itu perlu melibatkan Tuhan sepenuhnya dalam menuntun kita dalam menjalani kehidupan dan pernikahan kelak agar sebagai mausia lemah dan kita tahan terhadap badai karena bersandar pada Tuhan saja Sang Pemberi Harapan. Tuhan Yesus, Sang Penebus memberkati kita semua.

9. Jessyca Rianda Laapen

Shalom Ibu Evi dan semua saudara/i terkasih. Saya sangat bersyukur bisa mengikuti kelas PPK 2 yang aktif dan sangat memberkati dalam jawaban-jawabannya. Di sini saya bisa dengan mantap mempersiapkan jasmani dan rohani untuk pernikahan. Mohon maaf kalau ada kata-kata atau kesalahan dalam bentuk apa pun. Terima kasih saudaraku semua.

10. Loretha Arung Tambing

Shalom, mentor-mentor PPK, Ibu Evie, mentor PPK 2, admin Ibu Rode. Terima kasih saya diperbolehkan dibimbing dalam kelas persiapan ini. Sangat diberkati dengan bantuan pertanyaan dan sharing jawaban dari teman-teman yang lain. Kiranya Tuhan Yesus memberkati kita semua memahami dengan benar Pernikahan Kristen. Sangat membantu saya dan calon pasangan untuk mempersiapkan kerohanian kami berdua.

11. Maher Sembiring

Terutama saya mengucapkan terima kasih banyak kepada tim SABDA yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dan saya juga berterima kasih kepada teman-teman/rekan-rekan sekalian di mana dalam umur saya yang dikatakan muda ini saya dapat banyak belajar, memahami, dan mengerti tentang persiapan pernikahan kristen di dalam lingkup Tuhan. Saya juga banyak belajar tentang menjaga kekudusan di dalam suatu hubungan, tidak bercacat celah sesuai dengan firman Allah. Dalam kegiatan ini saya secara pribadi sangat bersukur bisa bergabung di kelas ini karena saya dapat belajar gimana persiapan pernikahan kristen yang benar di mata Tuhan. Selain itu, kelas ini juga membuat hidup saya memiliki prinsip yang baik di dalam firman Allah yang mana nanti akan saya terapkan saat menuju pernikahan. Terima kasih, Tuhan Yesus memberkati.

12. Maria Fitry Br Lumban Tobing

Saya sangat bersyukur kepada SABDA MLC atas pelayanan yang sangat memberkati, khususnya dalam kelas-kelas seperti PPK ini. Saya tidak menyangka dapat membagikan pengalaman nyata kepada teman-teman di grup terkait beberapa topik yang dibahas dan kiranya dapat dijadikan pelajaran berharga. Saya sendiri juga belajar banyak dari kerendahan hati teman-teman yang mau membagikan pengalaman hidupnya yang ternyata sudah cukup kompleks, meskipun masih sama-sama single. Kelas diskusi ini membuat saya sadar bahwa pelayanan saya terhadap sesama masih sangat terbatas sehingga saya semakin rindu untuk lebih gencar lagi membagikan firman. Saya terinspirasi juga dari pelayanan teman-teman di grup, bahkan ada yang sudah aktif membuat blog tentang kekristenan, khususnya tentang PPK. Setelah ini saya akan menggali lebih dalam lagi firman Tuhan tentang PPK dan menerapkan prinsip-prinsip-Nya dalam hidup saya. Semoga Tuhan juga menguatkan saya untuk membagikan pelajaran ini melalui medsos dan di lingkungan sekitar, dimulai dari rekan-rekan saya. Sukses selalu untuk SABDA. Tuhan memberkati!

13. Mario Abriansah

Puji syukur diberikan kepada Tuhan dan terima kasih juga kepada tim SABDA yang sudah menyelenggarakan mengenai tentang Persiapan Pernikahan Kristen. Saya merasa bersyukur dengan adanya kegiatan materi mengenai persiapan pernikahan kristen (PPK). Hal yang membuat saya berkesan adalah adanya bisa berbagi satu dengan yang lain dengan teman-teman yang lain dan dapat sharing mengenai pengalaman hidup dari teman-teman semuanya. Dengan adanya kelas ini saya jadi lebih tahu dan paham lebih lagi dalam menuju pernikahan jangan sampai salah melangkah yang tadinya pacaran menuju ke pernikahan itu harus seperti apa di dalam Tuhan dan ternyata ketika saling berbagi jadi memahami bahwa pernikahan itu ternyata bukan hanya selain kebutuhan biologis saja, tetapi dengan adanya pernikahan sama saling mengerjakan tugas-tugas atau visi dan misi yang Tuhan berikan di dalam suatu hubungan untuk dikerjakan bersama. Dan untuk teman-teman yang lain belum kesempatan saya mengajak yuk untuk bersama-sama kita belajar supaya pernikahan yang dibangun jangan sampai kandas dipertengahan karena adanya krikil kecil, kiranya Tuhan memberkati.

14. Natalia Dewi

Terima kasih untuk tim SABDA atas kegiatan ini. Saya bersyukur bisa mengikuti kelas hingga selesai. Banyak hal yang saya dapatkan dari kegiatan ini. Dari pengetahuan baru hingga insight baru. Saya merasa terberkati dengan materi-materi dan diskusi-diskusi yang dilakukan. Tuhan memberkati.

15. Nadia Eko Agustia

Shalom, selamat malam. Terima kasih untuk semua tim SABDA yang sudah berjerih lelah dan memberikan kami wadah untuk bisa belajar bersama, sharing hal biasa tetapi luar biasa. Mengapa saya sebutkan hal biasa? Karena pembicaraan tentang pernikahan sudah sering saya dengarkan. Lalu mengapa "luar biasa"? Karena ada hal baru yang saya dapatkan tentang Pernikahan Kristen, di mana hal-hal dasar saya dapatkan. Tidak hanya berguna untuk diri saya sendiri, tetapi juga suatu saat saya bisa membagikan kebenaran ini kepada teman-teman saya generasi berikutnya. Saya benar-benar bersyukur bisa belajar tentang hal ini, dan saya ingin lebih lagi belajar banyak hal yang sebenarnya saya belum pahami. Sekali lagi terima kasih untuk tim SABDA dan teman-teman semua untuk sharing pengetahuan dan pengalamannya. Tuhan Yesus memberkati.

16. Ribka Rosalina

Shalom semua, saya bersyukur untuk kesempatan yang Tuhan berikan bisa bergabung dalam kelas PPK, khususnya dalam grup PPK 2. Banyak hal yang saya pelajari dan menjadi berkat secara pribadi untuk memperlengkapi saya khususnya mempersiapkan pernikahan kelak. Bersyukur bisa bertemu dengan teman-teman yang baru melalui WA grup, bahkan bisa bertukar pikiran dalam diskusi grup WA PPK 2 yang dipandu oleh Bu Evi dan admin Rode. Yang berkesan adalah bisa saling berbagi pendapat bahkan pengalaman dari teman-teman serta diskusi yang diadakan seperti kelas ini dapat membuat semua peserta aktif untuk sharing bersama membahas pernikahan kristen yang sesuai prinsip kebenaran Firman-Nya. Semoga apa yang sudah dibahas bersama melalui diskusi dan modul pembelajaran yang telah dipelajari bisa diterapkan kelak dan bukan hanya sekedar teori/pengetahuan, tetapi banyak pasangan-pasangan suami istri yang menggenapi rencana dan kehendak-Nya untuk memuliakan Allah dan bisa menjadi berkat buat banyak orang. Terima kasih semuanya. Tetap semangat dan Tuhan Yesus memberkati.

17. Sri Rejeki Simbolon

Saya sangat berterima kasih banyak kepada seluruh tim SABDA ALKITAB yang sudah melaksanakan kegiatan ini Persiapan Pernikahan Kristen. Terima kasih juga buat saudara/saudari semua, khususnya grup PPK -2, saling berbagi argumen, pengalaman, ilmu pengetahuan sehingga saling melengkapi satu sama lain dan kepada Admin PPK 2 yang selalu, dan selalu memberikan perhatian kepada anggotanya, sabar untuk mengingatkan berbagai pengalaman dan pelajaran di grup PPK-2. Kesehatan selalu diberikan, berkat dari Tuhan buat seluruh admin PPK-2. Khususnya buat Kak Rode Pardede. Saya sangat, sangat Bersyukur, dengan kegiatan Persiapan Pernikahan Kristen. Di saat saya hendak melangkah untuk pernikahan yang Kudus, adanya kegiatan ini saya lebih dapat ilmu, pelajaran, pengalaman dari saudara-saudari grup PPK-2, untuk pernikahan saya ke depannya nanti. Dengan adanya kegiatan ini saya mendapatkan pelajaran di setiap hubungan selalu mengandalkan Tuhan, saling mendoakan, bersyukur, menjaga, mengasihi, mengalah, melengkapi satu sama lain. Pelajaran yang sangat berkesan buat saya yaitu lebih introspeksi diri kembali apa yang sudah saya perbuat selama ini dengan pasangan saya, dan apa yang akan saya hindari dengan pasangan saya. Hingga nantinya dengan waktu, dan hari bahagia, penuh sukacita yang diberikan, diberkati Tuhan. Akhir kata, semoga ke depannya SABDA ALKITAB semakin terberkati dan menjadi berkat buat banyak orang dan tidak ada bosannya selalu memberikan, berbagai ilmu pengetahuan, pengalaman buat seluruh orang banyak. Dan juga buat seluruh pelayan kegiatan ini selalu diberikan kesehatan, diberkati Tuhan setiap pekerjaan dan kerja tangannya. Haleluya, Amin. Saya menunggu kelas-kelas selanjutnya. Terima kasih. Tuhan Yesus Memberkati.

18. Untung Haryadi

Shalom teman-teman semua. Saya bersyukur selama satu minggu ini bisa belajar bersama teman-teman terutama di grup kelas PPK 2 melalui materi yang disampaikan para pelayan Tuhan dari awal hingga diskusi yang kita lakukan bersama di WAG sangat memberkati saya secara pribadi. Dari materi yang diberikan tentang Persiapan Pernikahan Kristen (pelajaran 1-5) dan diskusi saya mendapatkan pembelajaran yang sangat penting tentang pernikahan kristen yang sesuai dengan nilai-nilai firman Tuhan. Apa yang sudah saya terima ini bisa menjadi pembelajaran yang sangat baik dan diterapkan dalam kehidupan saya pribadi juga untuk pasangan yang sudah Tuhan siapkan bagi saya. Sangat berkesan saat diskusi bagi saya karena banyak dari kita yang walaupun masih single sudah bisa menjawab setiap pertanyaan dengan sangat baik tentang materi yang ada di dalam PPK dan ada juga ada yang berbagi dari pengalamannya sendiri. Di setiap diskusi kita semua bisa memberikan pandangan sesuai dengan nilai-nilai firman Tuhan dan bisa saling melengkapi satu sama lain tidak ada yang merasa paling benar atas jawaban yang sudah diberikan karena kita semua masih terus belajar dalam hal melakukan firman Tuhan. Aplikasi praktis yang saya mau lakukan setelah mengikuti pembelajaran PPK ini adalah belajar mengasihi Tuhan lebih lagi, mempraktikkan kasih yang sudah Tuhan ajarkan (1 Korintus 13:4-8), menjaga kekudusan dan mempersiapkan diri menjadi tim kerja Allah bersama dengan pasangan. Terima kasih teman-teman. Terus semangat hidup di dalam Tuhan ya. Tuhan Yesus Memberkati.

19. Yesi Tamara

Shalom. Selamat pagi. Puji syukur kepada Tuhan oleh kasih dan rahmat-Nya yang besar telah menganugerahkan kesempatan untuk kita saling diberkati dan memberkati melalui kegiatan ini. Saya bersyukur kepada seluruh tim SABDA Ministry, yang telah mengupayakan rangkaian kegiatan yang interaktif dan menarik ini. Terima kasih kepada admin, moderator dan seluruh teman-teman sekelas saya yang sudah memberi banyak kesan di hati saya kurang lebih satu minggu ini. Saya bersyukur karena diperlengkapi dengan banyak hal melalui kegiatan ini. Semuanya berkesan buat saya. Diskusi dengan saudara baru mengenai hal-hal yang sudah atau belum saya alami adalah peristiwa yang sangat berkesan. Materi yang berkesan buat saya adalah poin tentang "Pernikahan Sebagai Tim Kerja Allah". Saya diberi pencerahan bahwa hubungan saya benar-benar harus dipoles untuk mewujudkan visi Allah, bukan hanya rencana kami semata. Memang materi seperti ini sudah sering saya temukan di berbagai media lainnya, tapi tim SABDA mengemasnya menjadi kegiatan yang menyenangkan, harus aktif di grup membiasakan saya untuk menghargai pendapat orang lain dengan cermat dan juga menguatkan ingatan saya tentang semua materi yang tertulis di modul. Metode yang sangat baik. Saran saya untuk kegiatan ini, lain waktu semoga kita bisa sharing tentang "Pendidikan Kristen dalam Keluarga". Akhir kata, saya berkomitmen untuk menjadi pribadi yang lebih intim dengan Tuhan sebagai jalan untuk lebih intim dengan pasangan saya dan menjaga kekudusan kami sampai Tuhan satukan di altar-Nya yang kudus. Terima kasih banyak semuanya. Imanuel.

20. Yunai Djaga

Pertama-tama, terima kasih kepada Tuhan untuk kasih-Nya sehingga saya bisa mengikuti kegiatan PPK ini. Terima kasih juga kepada tim SABDA yang menginisiasi kegiatan ini sehingga kami dapat mengikutinya dengan baik, juga selalu mengingatkan kami untuk aktif dalam diskusi (special thanks Rode Pardede dan Kak Evi). Ada banyak pelajaran yang saya dapatkan baik itu dari diskusi dalam grup maupun materi PPK yang sangat bagus. Saya akhirnya pentingnya kasih dalam sebuah hubungan, fondasi pernikahan Kristen dan bagaimana bahwa pernikahan itu juga bagian dari rencana Allah untuk memulihkn keluarga. Saya juga akhirnya memahami bahwa pernikahan itu juga akan menjadi tim kerja Allah dalam menggenapi rencana Tuhan di bumi.
Hal yang paling berkesan selama proses diskusi berjalan, anggota grup saling melengkapi, makin dipertajam perngertian kita tentang sebuah hubungan dan banyak memunculkan pemikiran-pemikiran baru, ide-ide baru, pertanyaan mendalam, dll.. Berharap apa yang sudah didapatkan dari kegiatan ini, saya mampu menerapkan itu dalam hidup sehari-hari dan akan membagikan kepada anak-anak muda di lingkungan saya sehingga itu tidak terbatas di pribadi saya saja, tetapi makin banyak yang tahu, dan makin banyak juga yang mengalami perubahan dalam menjalani hubungan, dengan mencoba menerapkan prinsip-prinsip alkitabiah. Terima kasih tim SABDA, Tuhan Yesus berkati.