Testimoni Peserta Kelas Persiapan Pernikahan Kristen 1

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

1. Julia Hutabarat

Pelajaran yang paling berkesan selama saya mengikuti kelas diskusi PPK ini adalah saat belajar tentang menjaga kemurnian pernikahan Kristen. Melalui diskusi dari teman-teman di kelompok PPK-1, saya berefleksi bahwa menjaga kemurnian pernikahan Kristen bukanlah hal yang mudah, namun bukan berarti tidak bisa atau bahkan tidak mungkin karena ketika Tuhan memberi perintah, maka tidak mungkin tidak bisa dilaksanakan. Melalui diskusi ini saya diingatkan kembali bahwa, hal yang paling utama untuk mampu menjaga kemurnian pernikahan Kristen adalah dengan menerima Yesus dalam hidup saya, sebagai Tuhan dan penguasa. Jika saya melakukan hal ini maka Yesus akan datang dan tinggal tetap dalamku. Dia akan mengubah hidupku. Tubuhku akan menjadi bait Roh Kudus, serta Dialah yang bisa mengatakan 'tidak' terhadap segala hal yang bisa mencemari kemurnian pernikahan Kristen itu. Terima kasih, Tuhan Yesus memberkati.

2. Filipus Imam Lewinta Tarigan

Saya sungguh diberkati dengan adanya kelas PPK ini, karena materi yang dibahas lengkap, praktis, mudah dicerna, dan bisa diterapkan dalam kehidupan baik sebagai single atau sudah ada pasangan, sebagai kaum awam atau hamba Tuhan. Terima kasih untuk para panitia yang sangat responsif dan membaur dengan peserta. Dalam masa persiapan pernikahan dengan pasangan, kami kembali diingatkan untuk selalu kembali pada visi misi Tuhan dalam kehidupan kami yaitu melayani-Nya di mana pun Tuhan tempatkan kami nantinya. Thank you & God bless!

3. Yuni Panjaitan

Saya sangat bersyukur telah ada dalam Kelas ini. Saya mendapat info ini dari salah satu anggota jemaat Gereja. Saya meyakini tidak ada hal yang kebetulan dalam kehidupan, semua telah direncanakan Tuhan. Saya ada dalam kelas ini pun, menjadi cara Tuhan untuk menumbuhkan pengalaman, dan untuk saya dapat memperdalam cara pandang dalam kehidupan pernikahan Kristen yang berkenan dihadapan Allah. Melalui kelas ini, saya boleh mengerti bagaimana membangun hubungan yang sepadan dan seimbang. Memiliki cara pandang dalam memilih pasangan, memahami apa yang Tuhan inginkan dalam suatu hubungan pernikahan, bukan hanya menyenangkan hati Tuhan, tetapi juga menjadi berkat buat orang banyak. Begitu banyak hal baru yang saya dapat di kelas ini. Terima kasih untuk admin dan moderator, terima kasih juga buat semua teman-teman di kelas PPK 1, melalui pertanyaan dan jawaban diberikan, saya benar-benar bertumbuh dalam cara pikir. Semoga melalui Kelas ini banyak calon pasangan yang bertumbuh dan berkenan dihadapan Allah, begitu juga dengan hubungan saya. Terima kasih.

4. Rialdi Pasaribu

Shalom, saudara-saudari di dalam Tuhan Yesus Kristus. Saya bersyukur bisa belajar di grup Persiapan Pernikahan Kristen. Setiap pertanyaan dari moderator dan jawaban dari teman-teman membuat saya memperoleh pengertian, peneguhan, dan pemahaman yang baik untuk saya. Saya senang dengan diskusi belajar ini khususnya dengan topik persiapan pernikahan Kristen. Bagi saya pribadi, ini sangat bagus untuk membekali saya menjadi pasangan yang Tuhan kehendaki bagi seseorang dan untuk mengajar orang lain tentang kebenaran dalam persiapan pernikahan Kristen. Setelah mengikuti diskusi ini, saya mau menerapkan nilai-nilai kebenaran yang sudah saya dapat, yaitu
- Menghidupi kasih Allah dan menyatakan kasih itu kepada orang lain, khususnya pasangan.
- Mempersiapkan diri menjadi tim kerja Allah bersama dengan pasangan.
- Menjaga kekudusan dalam hubungan asmara pranikah maupun setelah menikah sebagai bentuk ketaatan saya kepada Tuhan dan kasih saya kepada pasangan.

Kiranya Tuhan Yesus menopang kita untuk jadi pelaku firman yang setia. Amin!

5. Jessika Kristi

Puji Tuhan bersyukur bisa ikut kelas persiapan pernikahan ini. Terima kasih buat setiap berkat dari materi, penggalian firman, dan diskusi baik dari tim Alkitab SABDA yang sudah memfasilitasi lewat Kak Santi yang sudah memoderatori diskusi dan Kak Melisa yang mengingatkan untuk saya tetap aktif. Terima kasih juga buat teman-teman kelas PPK 1 yang sudah mau terus berbagi jawaban, pengalaman, dan antusias dalam diskusi. Senang sekali bisa dipersatukan bersama untuk berdiskusi dan belajar terus hidup kudus sebagai anak-anak Tuhan di tengah kemerosotan zaman saat ini. Kiranya bisa menjangkau lebih banyak anak-anak muda lebih lagi. Dari kelas ini saya mau belajar lebih lagi menjaga hidup kudus sesuai firman dan mempersiapkan diri menjadi pasangan yang tepat serta nantinya kalau Tuhan menghendaki belajar membangun hidup pernikahan yang sesuai firman. Kiranya kita dimampukan untuk mengaplikasikan firman-Nya. Terima kasih, Tuhan memberkati.

6. Simson Aldianto

Puji nama Tuhan, saya sangat bersyukur sekali karena beberapa hari kemarin banyak sekali belajar mengenai persiapan pernikahan. Melalui kelas ini saya belajar mengenai hidup Kudus dihadapan Tuhan, dan belajar memiliki motivasi yang benar ketika akan menikah nanti apakah sudah sesuai dengan firman Tuhan atau belum. Dan yang paling berkesan selama mengikuti kelas PPK ini adalah sharing dari teman-teman yang masih single mengenai pertanyaan yang diberikan setiap harinya membuat saya terberkati melalui sharing pribadi teman-teman yang ada di PPK single. Semoga untuk kedepannya semakin banyak lagi kegiatan yang seperti ini karena untuk mempersiapkan kita yang masih single untuk belajar banyak hal sebelum menikah nanti.

7. Reinhard Yeremia

Bersyukur atas diadakannya kelas Persiapan Pernikahan Kristen (PPK). Saya mengikuti kelas ini bersama dengan calon saya (jelas dipisah dong kelompoknya oleh kakak panitia) sebagai bekal persiapan ke kelas pernikahan Kristen yang diadakan oleh gereja saya sendiri. Atas berkat Tuhan akhirnya sudah sampai penghujung kelas. Sangat senang ketika kelas yang diikuti sangat hidup, menimpali satu dengan lain dengan banyak kesaksian yang sangat memberkati. Tidak menyangka peserta yang ikut sangat banyak dan beragam. Semoga setelah mengikuti kelas, kami dapat lebih siap ke jenjang pernikahan yang kudus dan berkenan di hadapan Tuhan. Dan semoga ke depan ada kelas lanjutan yang membahas berbagai tema yang menarik. Terima kasih panitia yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini.

8. Noviana

Bersyukur bisa belajar bersama dalam PPK. Banyak ilmu, diskusi, pandangan, tanggapan, persepsi, opini, argumen, dan dasar-dasar firman Tuhan yang saya dapat. Semoga dari PPK ini saya dapat menerapkannya dalam kehidupan saya kedepannya. Terima kasih, Tuhan memberkati.

9. Gabriella Audrey

Saya sangat senang dapat mengikuti modul-modul dan diskusi yang ada di dalam Persiapan Pernikahan Kristen (PPK) yang diselenggarakan oleh SABDA. Ini merupakan pengalaman pertama saya mengikuti kelas PPK, kesannya begitu mendalam walau hanya dilakukan secara online, namun persiapan yang dilakukan oleh teman-teman pembina dan pembimbing dari SABDA sungguh matang dan peserta yang sama-sama bergabung dalam grup juga sangat antusias dan supportive, sehingga kelas dan diskusi menjadi semakin menarik dan seru untuk disimak dan dibahas.

Topik-topik yang disajikan dalam modul dan diskusi pertanyaan juga sangat sesuai dan relate dengan kehidupan mana kini, sehingga sesuai dengan permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan terutama saat akan menikah. Banyak tantangan-tantangan dalam kehidupan pernikahan dibahas dan didiskusikan sehingga perserta akhirnya memahami tujuan dan makna dari sebuah pernikahan. Peserta juga saling terbuka sehingga mau berdiskusi hal-hal personal dan mau untuk bertukar pikiran dengan fair. Akhir kata, saya sangat senang untuk bisa bergabung dan berpartisipasi dalam PPK by SABDA ini pengalaman pertama yang mengunggah pikiran dan semoga saya dapat mengimplementasikan dengan baik di kehidupan saya. Terima kasih.

10. Kornelius Loan

syalom teman-teman, saya bersyukur kepada Tuhan bisa mengikuti kelas bersama dengan teman-teman. Banyak hal yang saya belajar dari penjelasan teman-teman bagaimana nantinya kita akan memilih pasangan hidup. Banyak berkat yang saya dapat. Dengan adanya kelas ini saya belajar bahwa harus Tuhan yang utama di dalam hidup kita bukan pasangan kita. Yang menarik di kelas ini adalah tidak hanya dengan penjelasan secara intelektual tetapi di dasarkan atas firman Tuhan, selalu ada ayat pendukung. Saya pribadi mengucapkan terima kasih kepada tim SABDA yang sudah membantu kami peserta untuk mengikuti kelas PPK ini. Terima kasih. Tuhan Yesus memberkati.

11. Rachel Elizabeth Hosanna

Saya senang dan merasa beruntung karena dapat mengikuti pembinaan ini. Saya berharap bisa mengikuti pembinaan lainnya bersama lebih banyak teman-teman Kristiani agar kita semakin diperlengkapi. Materi dan metode pembinaan ini menurut saya sudah bagus. Para PIC di kelas juga sangat menolong dan mengarahkan dengan baik. Bersyukur saya di kelas dapat teman-teman yang semangat berdiskusi dan suportif. Terima kasih, PIC dan teman-teman Kelas PPK 1. Terima kasih para panitia/pengurus. Kasih Tuhan yang senantiasa mendekap kita, kiranya selalu terasa.

12. Sry Artha Manullang

Bersyukur bisa memasuki kelas PPK ini. Baru kali ini saya mengikuti kelas seperti ini. Penjabarannya yang mudah dimengerti dan juga kemudian didalam kelas-kelas diperdalam, sehingga hal-hal yang masih abu-abu dapat disharingkan atau didiskusikan bersama-sama. Antusias dari Kakak/Abang PPK 1 memberikan saya semangat, dorongan dan pengertian yang meneguhkan pemahaman saya. Saya pribadi sangat menyukai topik yang berhubungan dengan PPK ini dan hal-hal yang berhubungan didalamnya yang akan menjadi bekal untuk masa depan saya nanti. Terima kasih kepada Ibu pemateri, Kakak/Abang dari PPK 1. Yang ingin saya terapkan dalam kehidupan saya selanjutnya:
- Menghidupi dan menyatakan kasih Allah kepada orang sekitar saya, secara terkhusus rindu berbagi kepada teman-teman (toxic, kesepian).
- Menjaga kekudusan hidup bahkan dalam penantian dan kelak.
- Belajar mempersiapkan diri menjadi Tim kerja Allah.
Tuhan Yesus memberkati

13. Polmariani Purba

Shalom semuanya, saya pribadi sangat bersyukur boleh gabung di kelas PPK. Terima kasih buat panitia SABDA yang menyelenggarakan acara ini. Pertanyaan-pertanyaan dari panitia dan respons dari teman-teman di kelas, membuat saya semakin sadar dan memahami dasar kasih/cinta yang alkitabiah. Membuat pola pikir saya semakin terbuka, apalagi di kelas diskusi kita bebas sharing ya. Bersyukur bisa Memahami persiapan pernikahan sesuai kebenaran firman Tuhan dimulai dari sekarang. Sebagai anak muda semakin belajar untuk bergaul dan memilih pasangan hidup dengan benar. Topik ini benar-benar kebutuhan generasi ini, sangat cocok menjadi bahan pemuridan dan bimbingan bagi anak-anak muda.

14. Ezri Ponto

Shalom semuanya. Selamat malam. Puji Tuhan saya bersyukur boleh bergabung di kelas PPK dan informasi saya dapat dari teman Gereja saya. Terima kasih buat semua panitia SABDA yang bekerja dan menyelenggarakan kegiatan ini. Selama mengikuti kelas saya bersyukur bisa menerima pembelajaran yang benar mengenai pasangan hidup yang alkitabiah, mempelajari bagaimana harus menyayangi sesama manusia menurut kasih yang diajarkan Allah, dan mempersiapkan kerohanian bahkan mental sebelum menjalani hubungan dengan lawan jenis dengan benar dan lebih baik. Saya berharap akan ada kelas lanjutan bagi generasi berikutnya. Saya berterima kasih atas saran dari teman-teman selama berpendapat dan berdiskusi beberapa hari ini. Wawasan saya tentang pernikahan kristiani semakin bertambah. Terima kasih.

15. Misniary

Saya sangat bersyukur, akhirnya bisa bertahan sampai sekarang. Terima kasih banyak untuk tim SABDA yang mengadakan kelas PPK seperti ini. Yang kayak gini terasa lebih simple, waktu juga tidak terlalu panjang, dan yang terpenting berkesan, jadi ingat apa yang dibahas, terus bisa penasaran juga apa sih soal berikutnya, jawaban saya betul tidak sih, selanjutnya apa ya, saya lulus tidak ya. Merasakan banget saya tuh bagian dari kelas ini. Saya kadang jadi iseng, ini hamba Tuhan kali ya, penjelasannya bagus banget, terkagum-kagum liat umur mereka yang masih muda tapi pengetahuan Alkitab mantap, love you all. Thanks ya untuk sharing-sharing, jadi benar-benar kaya dan takjub sama Pencipta kita. Saya juga berterima kasih banyak sama Melisa dan sorry, saya tiap hari membuat kamu harus WA kan saya dan mengingat saya untuk merespons. I Will Miss u, Terima kasih juga sama Santi setia dan peduli banget sama kelas PPK 1, kesimpulannya mantap. Thanks ya.

Awalnya saya tertarik sama pemaparan Bu Yulia, terus penasaran apa yang akan dikerjakan dalam seminggu ini, hari pertama liat chat 50-an terkejut, kapan saya bisa baca habis, dan susah banget cari pertanyaan yang wajib dijawab, tapi ternyata dalam pencari itu, selain ketemu yang dicari, juga banyak dapat berkat lainnya, banyak yang tak terpikirkan tapi dijawab sama teman, kadang saya merasa jawaban saya sudah dijawab sama teman apa lagi yang mau dijawab, tapi ternyata ada saja jawaban yang versi lain muncul lagi, membuat saya jadi tidak bosan baca, saya juga ingat ada yang kobar-kobarkan api, biar diskusi makin semangat. Thanks ya. Banyak tambahan wawasan, juga jadi kenal beberapa nama anggota, karena mereka tiap hari ada chat. Terus pertanyaannya asyik buat kita merenungkan lebih mendalam lagi. Saya mau belajar menghidupi firman, juga mau terus bertumbuh, saya jadi lebih yakin dan bersyukur Tuhan menganugerahkan keluarga untuk rencana indahNya bagi manusia. Saya akan terus mendorong anak-anak muda untuk hidup kudus dan bangun keluarga Kristen yang sesuai prinsip firman Tuhan. Jadi berkat bagi banyak orang. Thanks untuk Tim SABDA. Ideanya selalu WOW...

16. Dorthia Soulisa

Shalom. Saya bersyukur bisa mendapatkan kesempatan bergabung dalam grup ini melalui informasi yang diberikan teman saya. Melalui pembelajaran yang saya dapatkan selama proses diskusi, saya semakin memahami tujuan pernikahan dan semakin memantapkan saya dan pasangan untuk mempersiapkan diri memasuki pernikahan. Saya juga diingatkan kembali bahwa Kristus mengasihi tanpa syarat dan saya pun akan berupaya menerapkan kasih yang telah saya terima tersebut. Terima kasih panitia. Tuhan Yesus memberkati.

17. Biovan Sandov Prasada

Shalom. Saya sangat berterima kasih kepada kepada semua panitia yang mengadakan dan membimbing hingga acara ini bisa berjalan dengan lancar. Setiap harinya kami disuguhkan pertanyaan-pertanyaan yang baik. Yang membuat kita bukan hanya mengetik untuk menjawab, tetapi benar-benar kami refleksikan dan imani ke dalam diri. Pernikahan adalah hal yang penting. Bukan hanya pernikahannya saja. Melainkan proses pernikahannya adalah landasan awal untuk mempersiapkan kematangan dalam pernikahan. Itulah alasan mengapa join dalam kelas ini. Apa yang menjadi berkesan. Bukan hanya mempelajari saja. Namun, kita juga dibutuhkan komitmen di dalam kelas ini. Termasuk komitmen untuk menjawab dan aktif berpartisipasi. Seperti layaknya pernikahan. Diperlukan komitmen yang kuat dari awal hingga akhir. Terima kasih banyak semua.