Testimoni Peserta Kelas Mempraktikkan Prinsip Hermeneutika 3

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

1. Alexander Djami

Saya bersyukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada semua tim SABDA-MLC yang telah memberikan kami kesempatan untuk belajar bersama lewat kelas MPH ini.

Kelas ini adalah kelas MLC yang membutuhkan waktu, tenaga, dan semua alat-alat bantu Alkitab yang harus saya gunakan untuk mempelajari firman Tuhan. Dan, saya bersyukur untuk kesempatan ini di mana bisa belajar bersama dengan orang-orang hebat semuanya.

Dalam kelas MPH ini, saya mendapat banyak pelajaran dari moderator, Ibu Roma, dan admin, Ibu Mey, yang selalu setia menolong kami dalam menggali firman Tuhan yang sesuai dengan langkah-langkah Hermeneutika yang baik. Dan, saya juga berterima kasih kepada semua rekan-rekan yang ada di kelas MPH 3 yang luar biasa semangatnya untuk membagikan hasil penggaliannya yang sangat memberikan wawasan dan pemahaman-pemahaman yang baru dari setiap bagian (pasal/ayat) firman Tuhan yang digali.

Doa saya, kiranya Lembaga SABDA-MLC terus diberkati Tuhan Yesus dan selalu menjadi berkat bagi semua orang yang rindu dan haus akan firman-Nya. Amin.

2. Bobby Gulliano

Terima kasih tim SABDA MLC yang benar-benar berjuang agar pemahaman Alkitab itu benar-benar BENAR. Sebenarnya, awalnya ragu mau ambil kelas MPH ini karena waktu sedang benar-benar penuh, tetapi kok sayang dilewatkan dan ternyata benar. Untung tidak saya lewatkan, untung join. Jadi, walaupun masih salah-salah, tetapi track yang benar sudah dibuatkan oleh SABDA, kita tinggal menjalani, melatih, dan mengembangkan agar berbuah banyak bagi orang lain.

Terima kasih tim SABDA, terkhusus Kak Roma dan Kak May yang begadang sampai jam 24.00 bahkan lebih, demi kami kami bisa belajar. God Bless you all. Ad Majorem Dei Gloriam.

3. Brenda Elizabeth D.

Shalom. Puji Tuhan! Saya bersyukur dengan pertolongan Roh Kudus, saya dapat menyelesaikan kelas Mempraktikkan Prinsip Hermeneutika (MPH) yang diadakan oleh SABDA Ministry Learning Center.

Saat mengerjakan tugas yang diberikan, saya sempat bertanya pada diri saya, sanggupkah saya mengikuti sampai selesai kelas MPH ini karena saya sebagai orang awam merasa kesulitan untuk mengerjakan tugas yang diberikan, tetapi setiap kali saya merasa buntu, saya berdoa minta tuntunan Roh Kudus dan saya membaca modul MPH berulang-ulang serta memakai alat-alat yang direkomendasikan dalam modul MPH.

Memang berat dan tidak mudah mempelajari serta menafsir firman Tuhan, tetapi kalau kita rindu dan mau bekerja keras untuk terus belajar serta berdoa minta tuntunan Roh Kudus, maka kita dapat mempelajari, menafsir firman Tuhan, dengan penuh sukacita. Mari kita terus mempelajari firman Tuhan karena "Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran." (2 Timotius 3:16).

Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih kepada Sdri. Roma dan Ibu May selaku moderator dan admin WAG MPH 3, yang sudah membimbing saya mengerjakan tugas-tugas dan mengikuti diskusi kelas MPH, juga semua teman-teman yang sudah berinteraksi bersama di dalam WAG MPH 3 ini, dan seluruh tim SABDA MLC yang telah mengadakan kelas MPH ini.

Kiranya pelayanan SABDA MLC semakin maju dan menjadi berkat bagi banyak orang yang rindu untuk terus belajar tentang kebenaran firman Tuhan. Tuhan Yesus memberkati SABDA MLC. Soli Deo gloria.

4. Honggowarsito

Puji Tuhan, kelas belajar Harmenetik via WAG telah dijalani dengan baik. Belajar Hermeneutika kali ini sangat menantang bagi saya karena metodenya agak berbeda dengan yang biasa saya pakai. Belajar Hermeneutika seperti ini harus dilakukan secara terus menerus agar menjadi terbiasa dalam mempelajari firman Tuhan. Belajar Hermeneutika ternyata lebih enak kalau diikuti banyak peserta karena dapat saling mengisi pengayaan firman Tuhan.

Melalui tim SABDA, saya semakin diperkaya mendapatkan pelajaran cara-cara mempelajari firman Tuhan. Terima kasih yang terhingga untuk tim SABDA yang telah membimbing saya dalam Hermeneutika firman Tuhan. Terima kasih Bu Roma dan Bu Mei yang begitu sabarnya mengingatkan kami. Tuhan Yesus memberkati tim SABDA yang luar biasa. Terima kasih.

5. Heliska Meliana

Salam dalam kasih Tuhan Yesus Kristus. Pengalaman saya dalam mengikuti Kelas MPH  ini sangat luar biasa sekali. Saya belum pernah melakukan penggalian dengan Alkitab SABDA dan alat bantu lainnya. Namun dengan mengikuti kelas ini, saya benar-benar mendapatkan ilmu berkat dari kelas MPH ini.

Saya sangat bersyukur sekali untuk kesempatan yang telah diberikan ini. Dengan belajar bersama, mendapatkan pemahaman yang lebih baik. Memang tidak mudah, malah buat saya sangat sulit sekali untuk memahaminya. Namun, dengan bantuan dan masukan dari rekan-rekan kita jadi bisa memahami bersama. Semua dapat berjalan dengan baik atas adanya dukungan yang telah disiapkan. Bukan hanya memahami firman Tuhan, tetapi juga kita dapat meng-explore bersama dengan alat bantu yang telah disediakan oleh Alkitab SABDA.

Terima kasih atas kesempatannya dalam kelas MPH ini. Kiranya Ibu Yulia sebagai pemateri dan moderator yang mendampingi kami, diberkati Tuhan dan semua yang terlibat di dalamnya. Tuhan Yesus memberkati.

6. Lany

Kelas MPH ini lebih menarik ketimbang HUA karena banyak praktik penggalian yang membuat saya, secara pribadi, tidak sekadar membaca firman Tuhan saja tetapi berusaha menggali lebih dalam lagi sesuai modul yang sudah dijelaskan sebelum kelas dimulai. Alat-alat yang telah disediakan oleh SABDA sangat membantu sekali. Meskipun manusia lahiriah ini terkadang lelah, tetapi Roh Kuduslah yang memampukan kami semua bisa belajar bersama.

Thanks God. Thanks SABDA tim! Tetap semangat melayani Tuhan. Soli Deo glory.

7. Lucianna Cecilia

Puji Tuhan. Dalam kelas MPH ini, saya banyak belajar bagaimana menggali Alkitab dan mendapatkan pengarahan bagaimana memakai web alkitab.SABDA.org. Saya senang karena kami mendapatkan bimbingan dan juga dapat melihat bagaimana teman-teman melakukan penggaliannya.

Terima kasih banyak buat SABDA yang sudah membimbing kami, kaum awam, untuk belajar untuk menggali Alkitab lebih dalam. Tuhan Yesus memberkati.

8. Maria S. (Malaysia)

Saya bersyukur pada Tuhan atas kasih karunia-Nya, saya dapat menjalani MPH ini sampai selesai. Sejujurnya, saya hampir putus asa meneruskan MPH ini kerana bagi saya, ini bukan mudah. Perlu banyak membaca, perlu fokus yang tentunya menguras waktu dan pikiran pada masa yang sama pul kesehatan kurang fit dan ada program lain yang perlu dihadiri. Walau bagaimanapun, saya berterima kasih pada teman saya,  Shirly, yang terus mendorong dan membantu dalam berbagi maklumat, Sis May yang selalu memberi dorongan, dan kawan-kawan dalam MPH yang memberi semangat.

Penggunaan referensi, seperti yang SABDA sediakan bagi saya agak berat, tetapi saya bersyukur kerana saya sudah belajar bagaimana untuk membuat referensi secara teratur dan sistematik. Saya sangat berterima kasih pada tim SABDA, khususnya Ibu Yulia, yang sudah menyampaikan bahan yang sangat membantu, Sis May sebagai admin hebat yang senantiasa mengingatkan peserta agar terus aktif. Selepas ini, saya akan terus belajar untuk mengaplikasikan MPH, dalam menyediakan renungan, maupun belajar menggali sendiri Alkitab agar lebih mahir dalam menggunakan situs yang ada.

Semoga program SABDA terus berjalan lancar dan membantu lebih banyak orang awam seperti kami ini untuk lebih mahir menggali Alkitab pada masa depan. Salam kasih untuk semua  Tuhan memberkati.

9. Mariano Nathanael

Saya sangat bersyukur bisa mengikuti kelas Hermeneutika ini. Saya sudah terbiasa melakukan Hermeneutika untuk menafsirkan Alkitab dengan berbekal pembelajaran otodidak yang salah satu kekurangannya adalah bersifat "serabutan". Namun melalui kelas ini, saya mendapatkan panduan yang jelas, terstruktur, dan sistematis untuk melakukan Hermeneutika dengan lebih baik lagi. Persiapan yang dilakukan jauh lebih panjang untuk memposting hasil penggalian di kelas MPH ini dibandingkan kelas-kelas lainnya, tetapi saya mendapat pengalaman baru yang lebih baik karena tugas-tugasnya di kelas ini sudah terstruktur dan sistematis.

Terima kasih kepada Tim SABDA MLC yang telah membuka kelas yang sangat bermanfaat semacam ini, dan juga kepada seluruh rekan-rekan di MPH-3 yang telah saling berbagi, saling memperdalam, dan saling menajamkan Hermeneutika yang telah kita lakukan. Kiranya Hermeneutika dapat menjadi kebiasaan sehari-hari kita semua untuk dapat seperti jemaat di Berea, yang setiap hari menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui apakah semuanya itu benar demikian (Kis. 17:11). Tuhan Yesus memberkati pelayanan tim SABDA MLC sehingga dapat menjangkau lebih banyak jiwa dan melatih orang-orang percaya bagi Kristus.

10. Oktovianus J.O. Karundeng

Puji syukur kehadirat Tuhan Yesus Kristus karena saya telah diizinkan, ditolong, dan disertai dalam mengikuti dan menyelesaikan kelas MPH ini. Walaupun, dua tiga hari di awal mengikuti kelas, saya berada dalam kondisi yang tidak fit karena sakit. Saya menyadari, sungguh tidaklah mudah mengatur dan membagi waktu dinas/kerja dan pelayanan saya agar dapat menekuni pelajaran dan praktik Hermeneutika ini dengan durasi waktu yang sangat singkat. Walaupun sudah pernah saya pelajari sebelumnya di perguruan tinggi. Sangat beruntung dan bersyukur juga karena Yayasan SABDA (YLSA) telah banyak memproduksi alat bantu sehingga semakin mempermudah pelaksanaan penggalian kata/frasa, perikop, latar belakang, dan puisi.

Dalam kesempatan yang indah ini, saya hendak menghaturkan terima kasih kepada tim SABDA yang telah berupaya maksimal dengan penuh kesabaran telah membimbing saya dan rekan peserta lainnya sehingga kami boleh diarahkan dan selalu diingatkan, bahkan diberi motivasi untuk tetap semangat mengikuti dan menyelesaikan kelas.

Demikian juga saya berterima kasih kepada rekan-rekan peserta, khususnya di kelas MPH-3, yang telah saling bertukar tambah pengetahuan dan pengalaman untuk melengkapi dan memperkaya pengetahuan praktik yang kita peroleh. Kiranya Tuhan Yesus Kristus melalui Roh Kudus-Nya, senantiasa memberkati dan menolong kita semua (panitia dan peserta) dalam menjalankan segenap aktivitas kita masing-masing hanya demi kemuliaan nama-Nya. Haleluya. Amin.

11. Rialdi Pasaribu

Saya bersyukur sekali bisa mengikuti kelas Mempraktikkan Prinsip Hermeneutika. Terima kasih kepada para fasilitator, moderator, dan seluruh peserta yang turut mengikuti kelas.

Melalui kelas ini, saya semakin jeli dalam menggali kekayaan firman Tuhan, yaitu dengan mengajukan pertanyaan penting terkait bacaan, mencari kata penting, mencari latar belakang konteks, dan mencari kata kiasan serta paralelnya saat menggali perikop di kitab Mazmur. Ini sangat indah. Menggali firman membuat pemahaman dan pengertian kita semakin limpah dan tidak sembarangan dalam mengerti firman Tuhan. Saya terdorong untuk terus menikmati firman dengan prinsip Hermeneutika.

Kiranya, kita semua terus semangat dalam menerapkan pelajaran di kelas ini. Mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan saya selama mengikuti kelas ini. Terima kasih. Tuhan memberkati.

12. Ulah Tri Wibowo

Belajar untuk Memahami

Saya bersyukur untuk kesempatan yang diberikan. Dengan belajar dari kelas ini, saya mendapatkan pemahaman yang lebih baik. Memang tidak selalu mudah, tetapi tidak pernah sia-sia upaya yang dilakukan. SABDA tidak mudah menyediakan materi dan sistemnya, kami juga tidak mudah untuk memulai hal yang baru. Namun, semuanya dapat berjalan dengan dukungan sistem yang telah disiapkan SABDA.

Bukan hanya belajar untuk memahami firman Tuhan, tetapi juga belajar mengeksplorasi situs SABDA. Setelah dieksplor, semua bahan telaah sudah disiapkan. Sungguh sangat membantu kami dalam menggali dan mempraktikkan prinsip-prinsip Hermeneutika.  

Memang sempat membuat saya terlelah, tetapi tidaklah menjadi masalah.
Banyak materi yang diolah, membuat saya harus belajar untuk menelaah.
Agar tidak berbuat salah, maka saya harus mengundang Allah.  
Setelah selesai waktu telaah, tinggallah saya berserah.

Dengan materi yang berkualitas, membuat kami makin memahami dengan jelas. Terima kasih untuk SABDA yang telah membuka kelas ini sehingga kami makin mengerti.

13. Yvonne kaunang

Puji dan syukur pada Tuhan Yesus yang sudah menolong saya untuk mengikuti kelas ini. Pertama, saya mendengar presentasi tentang Hermeneutika ini, saya tidak mengerti dan terasa sulit. Dan, kesulitan ini dialami dalam menggali konteks, arti kata, dan latar belakang dari perikop yang dipilih.

Berterima kasih dapat mengenal aplikasi SABDA yang sangat membantu. Saya sangat diberkati dalam belajar Hermeneutika karena sangat menolong dalam pelayanan di gereja dan pertumbuhan iman pribadi. Kiranya semakin diberkati tim SABDA. Tuhan Yesus memberkati.