Testimoni Peserta Kelas Online Doktrin Alkitab Lanjutan 1

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

1. Marganda Kristianto Purba

Saya bersyukur bisa mengikuti Kelas Doktrin Alkitab Lanjutan dengan baik karena pertolongan Tuhan. Saya juga bersyukur karena mempunyai sahabat baru dalam Kelas DAL ini, yang dalam diskusi saling melengkapi dan memberkati. Saya bersyukur lewat Kelas DAL ini, saya menjadi bertambah pengetahuan tentang Doktrin Alkitab. Saya bersyukur untuk moderator dan admin yang kooperatif dalam diskusi kelas dan memberikan banyak bantuan untuk memudahkan peserta. Saya bersyukur untuk MLC SABDA melalui Ibu Yulia, Ibu Roma, Ibu Santi, Ibu Okti, Bapak Bima, dan yang lainnya, yang terus mengadakan kegiatan rohani untuk saya sebagai orang awam sehingga hidup saya semakin terikat kepada Tuhan dan roh saya semakin bersatu dengan Tuhan (1 Kor. 6:17). Setelah belajar Doktrin Alkitab ini saya akan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan juga dalam kehidupan berjemaat di gereja saya dengan pertolongan Kuasa Roh Kudus. Kiranya Allah yang adalah sumber berkat dan pengharapan akan memberkati kita semua, terkhusus pelayanan dan pelayan di MLC SABDA dan kita semua yang ada dalam WAG. Amin.

2. Simon Salasa

Segala puji dan syukur saya persembakan kepada Tuhan Yesus karena oleh anugerahnya saya diperkenan ikut kelas ini. Banyak hal yang telah saya terima untuk memperbarui dan memperlengkapi dalam pelayanan, secara khusus Alkitab adalah firman Tuhan. Terima kasih tim SABDA, admin, moderator dan semua rekan-rekan diskusi. Tuhan berkati.

3. Medi L. Sihombing

Saya bersyukur ada satu komunitas yang bisa membawa pada satu pengaruh yang luar biasa menginspirasi dalam wadah SABDA melalui pembelajaran DAL. Kiranya kecintaan pada Tuhan bisa kita wujudkan, bukan hanya di sini, di kelas, tetapi terus berpacu dalam kehidupan nyata sehari-hari sehingga kita tidak mengatakan sebagai Kristen yang awam karena Kristus sudah dalam kehidupan kita. Apapun kesibukan kita, mari mengutamakan kehidupan yang kekal, lebih berorientasi sehingga terwujud semangat memperbaiki dalam hal pengetahuan kita. Terus dan terus. Karena Tuhan Yesus, seorang Maha Guru yang tidak henti-hentinya mengajar para murid dan kita semua.

Terima kasih buat Tim SABDA yang begitu kreatif memberi modul dan selalu mengingatkan untuk terus terlibat. Bagi teman-teman, terima kasih masukan-masukan materinya. Maju terus. Tuhan Yesus memberkati.

4. Eddy Yonathan

Semula saya hanya tahu Alkitab saja, tetapi sekarang pengetahuan saya bertambah dengan serba serbi tentang Alkitab melalui materi yang diberikan, juga melalui paparan Zoom serta melalui jawaban dari teman-teman diskusi. Hal ini semua menambah kecintaan saya kepada Alkitab di samping tambahan pengetahuan guna lebih memperlengkapi pelayanan. Akhirnya, terima kasih untuk para pengurus SABDA juga teman-teman DAL 1. TYM.

5. Sony Nainggolan

Saya bersyukur bisa mengikuti kelas DAL ini karena pertolongan Tuhan Yesus. Walaupun ternyata harus mengikuti kelas PDA terlebih dahulu dan justru itu adalah doktrin yang mendasar yang perlu untuk saya sebagai orang awam. Materi dan topik yang dibahas juga penting untuk menambah wawasan dan pemahaman tentang Alkitab. Melalui sharing dari rekan-rekan juga menambah wawasan saya. Terima kasih kepada moderato, Pak Bima dan admin, Bu Mei serta tim SABDA atas kelas DAL ini. Kiranya tetap terus bersemangat dalam pelayanan ini. TYM.

6. Anita Dian

Seperti kelas-kelas SABDA MLC yang sebelumnya, mengikuti kelas DAL sangat terberkati. Materinya berat menurut ukuran saya, tetapi memberikan banyak pengetahuan dan pencerahan. Ditambah lagi pemaparan dari rekan-rekan peserta diskusi sangat memperlengkapi kami. Dalam diskusi juga ada beberapa perbedaan pendapat, tetapi justru itulah yang memberi warna. Kalau pendapatnya seragam malah jadi datar-datar saja suasananya.

Terima kasih Pak Bima sebagai moderator yang memberikan pertanyaan-pertanyaan tambahan yang membuat diskusi makin menarik, juga Bu May yang selalu mengingatkan kami supaya aktif berdiskusi dan mengumpulkan tugas. Terima kasih SABDA MLC. Tuhan memberkati.

7. Sederhana Karo Sekali

Saya pribadi sangat terberkati dengan mengikuti kelas ini, menambah pengetahuan saya mengenai Alkitab. Dan menambah semangat saya untuk membaca Alkitab lebih lagi dalam versi yang berbeda karena selama ini saya hanya membaca 1 versi penerjemahan Alkitab. Pendapat dari teman-teman memberikan pencerahan kepada saya. Terima kasih untuk semua Tim SABDA MLC. Saya tidak pernah bosan mengikuti kelas-kelas yang ada. Tuhan Yesus memberkati.

8. Ivan Haryanto

Terima kasih kepada tim SABDA MLC atas pelayanannya sehingga melalui kelas seperti ini, khususnya DAL, kami diberkati dengan diingatkan kembali untuk memiliki kesadaran penuh dan pola pikir bahwa Alkitab adalah inspirasi Allah, serta perlunya iluminasi Roh Kudus agar memahami firman Tuhan sesuai dengan kehendak Tuhan dan dikembalikan untuk kemuliaan Tuhan. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

9. Adianto Silaban

Sangat senang bisa mengikuti kelas di MLC kembali, yaitu kelas DAL. Meski saya belum mengikuti kelas sebelumnya, PDA (Pengantar Doktrin Alkitab). Saat ini memang saya cukup sulit mengalokasikan waktu, tetapi dengan adanya fleksibilitas yang diberikan saya bisa juga mengikutinya hingga akhir. Saya lebih memahami bagaimana prosesnya Alkitab hingga saat ini seperti yang ada di tangan kita (HP juga dalam aplikasi). Saya juga lebih memahami proses penerjemahannya, hingga adanya beberapa versi. Saya juga paham seperti apa posisi Alkitab dalam kekristenan.

Semoga saya bisa dan dikuatkan untuk memahami Alkitab dan menempatkannya pada posisi yang tepat. Terima kasih buat tim SABDA yang sangat membantu. Shalom. Semoga bisa bergabung di kelas berikutnya.

10. Purwani

Saya secara pribadi bersyukur kepada Tuhan Yesus diberi kesempatan untuk bergabung dengan tim SABDA ini untuk belajar Alkitab dan memperdalam lagi firman Allah. Terima kasih untuk fasilitas yang sudah diberikan kepada saya, dan mengucapkan terima kasih juga buat teman-teman semuanya khususnya DAL 1. Dalam diskusi saling dukung dan seperti tambah keluarga di dalam Tuhan untuk kita semangat lagi dalam belajar FA dan mari ikut lagi kelas-kelas selanjutnya dan ajak saudara-saudara seiman lain untuk belajar sama-sama. Sekali lagi terima kasih banyak Tim SABDA MLC buat belajar dan semuanya. GBU.

11. Wennar
Modul DAL sangat baik untuk kaum awam yang mau belajar untuk mengenal Alkitab melalui Inspirasi-Kanonisasi-Apokrifa-Transmisi-Iluminasi; hal ini tidak diajarkan pada ibadah hari Minggu. Dapat dikembangkan lebih detail lagi sehingga bagi yang "haus" dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. Antusias teman-teman di DAL 1 sangat baik bagi dinamika diskusi yang berlangsung. Terima kasih buat SABDA MLC, pimpinan, dan staf yang telah berkontribusi buat pertumbuhan rohani setiap peserta yang belajar bersama. Terus maju bersama-sama di dalam Tuhan.

12. Mudjiarti

Sangat bersyukur sekali bisa bergabung di kelas DAL-1. Saya terberkati dengan materi DAL walaupun bagi saya cukup berat agar saya bisa mengerti materi DAL ini, saya membaca modul lebih dari satu kali. Bersyukur juga saat berdiskusi saya dilengkapi dengan pendapat dari teman-teman. Apalagi saat membahas kitab Apokrifa yang bagi saya masih asing dan baru mengenal lewat DAL ini, sehingga pengetahuan saya bertambah, walaupun kitab Aprofika ini tidak masuk di kitab Kanon dan gereja Kristenpun menolaknya. Puji Tuhan dengan penyertaan Tuhan Yesus, saya bisa mengikuti kelas DAL sampai selesai. Terima kasih kepada tim SABDA MLC. Tuhan memberkati.

13. Oktovianus Jullip Oldie Karundeng

Puji Tuhan Yesus Kristus, karena berkat-Nya melalui tim SABDA MLC sehingga saya semakin diberkati dengan pelajaran dan diskusi yang saling melengkapi dari rekan-rekan peserta yang luar biasa. Yang pasti semakin menambah sekaligus menyegarkan khazanah perbendaharaan pengetahuan yang saya miliki tentang Doktrin Alkitab. Terima kasih Tuhan Yesus Kristus. Terima kasih tim SABDA, dan terima kasih juga kepada semua rekan yang kontributif dan kondusif. Semangat terus untuk belajar dan melayani Tuhan Yesus Kristus di manapun kita berada. Haleluya. Amin.

14. Gabrella Harianja

Shalom, selamat sore. Sebelumnya, saya bersyukur dan sangat berterima kasih kepada seluruh tim SABDA yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini, yaitu DAL. Dan untuk teman-teman diskusi, saya juga berterima kasih sudah membantu saya untuk memahami yang tidak saya tahu dan bahkan menambah wawasan saya.

Dengan modul materi yang sudah diberikan, saya rasa itu hal yang luar biasa. Ditambah pemahaman-pemahan yang baru saya tahu setelah mengikuti DAL tersebut. Untuk diskusinya, ini juga hal-hal yang selalu saya nantikan, yaitu pendapat teman-teman sekelas dan jawaban yang tentunya mendukung dan membantu pemahaman saya. Saya berterima kasih sudah bisa mengikuti kelas ini. Saya berharap kelas-kelas lain masih ada untuk diikuti. Tuhan berkati teman semua dan seluruh tim SABDA.

15. Mariana

Terberkati boleh mengikuti kelas diskusi DAL ini. Sungguh saya sangat bersyukur boleh mengikuti kelas ini sampai selesai sekalipun tidak semaksimal mungkin. Semua karena pertolongan Tuhan dan dorongan teman-teman, khususnya admin yang selalu men-support untuk maju terus. Terberkati untuk menjalankan komitmen. Terberkati juga oleh jawaban teman-teman diskusi yang memberi masukan sehingga menambah dan memperkaya pengetahuan saya di dalam mempelajari DAL. Di samping materi yang sudah diberikan sebelumnya. Termotivasi untuk lebih sungguh-sungguh lagi dalam belajar firman Tuhan.

Terima kasih buat teman-teman di kelas diskusi DAL-1. Semangat terus. Terima kasih buat semua admin dan moderator. Terima kasih juga kepada tim SABDA yang sudah memberikan waktunya untuk mempersiapkan dan mengadakan kegiatan ini. Kiranya Tuhan memberkati setiap program-program yang diadakan oleh tim SABDA.

16. Benediktus Bryan

Mengikuti kelas DAL sangat memberkati saya. Interaksi di dalam kelas juga sangat bagus. Adanya saling menolong antar peserta dengan saling menunjukkan literatur yang mendukung pelajaran kali ini sungguh sangat baik. Materi-materinya juga sangat bagus walaupun agak berat.

Terima kasih banyak untuk tim SABDA yang memfasilitasi kegiatan ini. Terima kasih juga untuk semua teman-teman yang saling menunjukkan dukungan satu dengan yang lainnya. Tuhan Yesus memberkati.

17. Floriche

Puji Tuhan sangat bersyukur dapat mengikuti dari awal hingga selesai kelas DAL. Banyak perkara baru yang saya dapatkan melalui kelas kali ini. Melalui lima pelajaran begitu mencabar bagi saya, dengan istilah-istilah dan cara pengkelasan khusus dalam setiap pelajaran sempat membuat tak berani menjawab. Tetapi masukan-masukan dari teman-teman kelas membuat saya lebih paham dan yakin untuk ikut serta.

Terima kasih tim SABDA yang mengadakan kelas-kels seperti ini. Kiranya lebih ramai anak-anak Tuhan dapat ikut serta dalam kelas-kelas Alkitab online seperti ini karena sangat bermanfaat dan lebih mudah diikuti di mana saja.

18. Patricks R.G

Shaloom. Selamat sore buat teman-teman peserta, Ibu Mei dan Pak Bima sebagai admin dan moderator di kelas DAL 1 ini. Pertama-tama kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yesus oleh karena kebaikan-Nya dari awal presentasi, diskusi hingga berakhir dengan evaluasi, semua bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Adapun kesan dan manfaat yang saya terima secara pribadi melalui diskusi kelas ini dan materinya, ada 3 poin penting, yaitu:
1.Alkitab sebagai satu-satunya firman Allah yang tanpa salah, berwibawa serta berotoritas. Sudah seharusnya kita sebagai Hamba Tuhan menjadikan firman Allah sumber pembelajaran yang baik.
2. Alkitab atau firman Tuhan sudah seharusnya menjadi standar kebenaran yang mutlak dan final jangan diselewengkan dengan hal-hal praktis untuk mencari keuntungan dalam pelayanan atau hal-hal lain.
3. Alkitab secara harfiah jangan dikultuskan (bibliolatri), tetapi isinya yang kita pakai sebagai tuntunan/pedoman hidup (jadikan firman Tuhan sebagai gaya hidup).

Akhir kata, saya berterima kasih buat teman-teman peserta DAL 1 yang boleh saling mengisi, melengkapi serta memperkaya satu sama lain wawasan teologis kita, kiranya tulisan-tulisan diskusi dari DAL 1 akan saya simpan dan saya pakai juga dalam pelayanan. Terkhusus untuk Ibu Mei dan Pak Bima sebagai admin dan moderator kami dalam berdiskusi, saya ucapkan terima kasih banyak. Doa dan harapan saya buat Pak Bima dan Ibu Mei serta jajaran tim SABDA. Tuhan kiranya memberkati berlimpah-limpah pelayanan dan keluarga masing-masing. Haleluya.

19. Resta

Puji syukur bisa diberi kesempatan untuk bergabung bersama dan berdiskusi di tempat ini. Banyak hal yang tidak saya ketahui dan begitu banyak pembelajaran yang saya dan salah satunya saling mendukung dan mengingatkan satu sama lain jika belum menjawab pertanyaan.

20. Fentje Buol

Ini adalah kesekian kalinya saya mengikuti kelas-kelas yang dilaksanakan oleh SABDA. Setiap kali mengikuti kelas, saya sangat diberkati dan diperkaya oleh kebenaran Firman Tuhan dengan cara atau metode yang relevan dengan konteks masa kini. Saat mengikuti kelas DAL saya sangat terberkati dan diperkaya dengan materi yang diberikan serta alur diskusi dalam kelompok. Pemikiran dari setiap anggota kelompok memperkaya saya dalam melayani Tuhan, khususnya dalam meyakini bahwa Alkitab adalah firman Allah yang murni tanpa salah. Komitmen saya akan meneruskan materi pelajaran ini kepada orang lain yang bisa meneruskannya lagi kepada mereka yang membutuhkannya sehingga kebenaran itu akan terus bergulir sampai ke "ujung bumi" di Papua. Terima kasih SABDA. Tuhan memberkati dan dinantikan kelas selanjutnya.

21. Samuel H. Siswono

Salam untuk kita semua.
Saya bersyukur buat pelaksanaan MLC Doktrin Alkitab Lanjutan yang boleh sama-sama kita selesaikan. Saya mendapatkan beberapa hal, mungkin tidak dari modul, tetapi dari interaksi dengan peserta yang lain. Betapa kita sangat tertutup dengan Deuterokanonika. Banyak yang takut imannya goyah ketika membaca Deuterokanonika. Oleh karena itu, menghindarinya. Saya juga berterima kasih buat pelayanan dari Mas Bima sebagai moderator dan Mbak May sebagai admin yang tanpa jemu mengingatkan kami peserta kelas DAL 1 untuk gabung diskusi dan menyelesaikan administrasi kelas. Sampai bertemu lagi di kelas MLC berikutnya. Saya sudah daftar untuk Kelas Bedah Kitab Yakobus. God bless you all.

22. Esther Dona Nainggolan

Puji syukur kepada Tuhan yang sudah memberikan kesempatan yang sangat indah buat saya untuk mengikuti kelas Doktrin Alkitab Lanjutan (DAL) ini. Saya secara pribadi sangat diberkati untuk mengetahui tentang inspirasi Alkitab, kanonisasi Alkitab, garis besar kitab-kitab Apokrifa, transmisi kitab dan iluminasi Alkitab. Yang paling berkesan selama mengikuti kelas diskusi adalah ketika pada waktu Sabtu sore saya mau menjawab pertanyaan diskusi, mami mertua saya meninggal. Dalam keadaan duka yang mendalam saya bersyukur Tuhan memberikan semangat dan kemampuan kepada saya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam diskusi, padahal sesungguhnya hampir saja saya menyerah untuk melanjutkannya karena situasi kami yang mengalami duka, dan kesibukan saya menerima tamu dan mengurus keluarga. Di sini, saya boleh melihat penyertaan Tuhan di dalam saya mengikuti kelas ini sehingga momen ini membuat kesan yang indah buat saya karena saya melihat penghiburan yang daripada-NYA nyata dalam hidup saya dalam mengikuti kelas DAL ini. Ketika saya mengerjakan tugas tertulis membaca soal demi soal justru dengan tugas inilah yang menghibur saya terlebih ketika saya membaca tentang "iluminasi Alkitab" yang membuat saya merasakan penghiburan-Nya. "Berbahagialah orang yang berdukacita karena mereka akan dihibur." (Matius 5:4). Aplikasi praktis yang akan dilakukan saya setelah mengikuti kelas adalah saya lebih menghargai firman Tuhan tertulis dan saya tidak akan berhenti belajar tentang kedalaman firman Tuhan sehingga hidup saya semakin berkenan dan memuliakan Tuhan.

23. Canesia M Purba

Shalom dan selamat sore untuk kita semua. Saya sangat berterima kasih karena mendapat kesempatan untuk belajar lebih dalam tentang doktrin Alkitab.
Saya mendapatkan penyegaran pengetahuan dan banyak berkat yang saya terima, baik melalui modul maupun diskusi dalam kelompok. Ada hal-hal baru yang saya dapatkan dan yang belum saya pelajari sebelumnya. Terima kasih sekali lagi untuk pelayanan tim SABDA dan teman-teman yang sudah berbagi. Tuhan Yesus memberkati seluruh tim SABDA dan kita semua.