Komentar

Testimoni Peserta Kelas Pembimbing Perjanjian Baru 4

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

1. Aireen Moidi (Sabah, Malaysia)

Salam damai kepada semua rekan-rekan kelas PPB juga kepada admin dan moderator MLC ini. Terima kasih dan tahniah karena telah mengadakan kelas diskusi dan pengalian dalam PPB kali ini. Saya sangat bersyukur karena bisa mengikuti kelas ini hingga selesai. Menurut pendapat pribadi saya, walaupun sudah beberapa kali mengikuti kelas-kelas seperti ini dalam MLC, tetapi PPB agak menantang/membuka pikiran saya. Di mana kita belajar latar belakang PB, terutama surat-surat Rasul Paulus dan bagaimana berlakunya kemunculan jemaat dan cara hidup serta pelayanan jemaat awal.

Kisah pertobatan Saulus yang kini disebut Paulus amat menyentuh jiwa saya. Kisah Paulus yang dahulunya seorang yang sangat membenci pengikut Kristus bisa berubah menjadi salah satu rasul yang berpengaruh dalam pengInjilan, berkat Roh Kudus. Kisah ini sungguh memberi inspirasi kepada pribadi saya dan menyadarkan saya jika Tuhan berkeinginan ke atas kita, segala sesuatu tiada yang mustahil. Sekali lagi, terima kasih rekan-rekan dalam kelas 4 (malam) karena telah banyak memberi saya pelbagai macam bentuk rujukan melalui perkongsian. Semoga bisa ketemu lagi di kelas-kelas seterusnya. Tuhan memberkati.

2. Albert Anin

Puji Tuhan: bersyukur kepada Tuhan Yesus dapat kesempatan ikut belajar di kelas PPB ini sampai selesai. Terima kasih untuk tim SABDA MLC yang memfasilitasi kelas belajar ini. Terima kasih juga buat semua teman-teman kelas PPB 4 malam yang telah menjadi sahabat dalam diskusi.

Melalui diskusi kita di kelas PPB 4, saya diberkati dan diperkaya dengan wawasan dan pengetahuan Alkitab saya agar saya lebih bisa memahami Alkitab lebih baik lagi, sehingga saya dapat menyampaikan firman Tuhan lebih baik dan benar dan bisa dipertanggungjawabkan. Kelas PBB ini juga mendorong saya untuk banyak membaca referensi dari berbagai sumber untuk menjawab persoalan dalam diskusi dan untuk menambah pengertian yang lebih dalam tentang hal yang berkaitan dengan Perjanjian Baru. Terima kasih buat tim SABDA MLC. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

3. Alexander Djami

Shalom Rekan-rekan semua. Saya sangat bersyukur dan sangat diberkati dalam mengikuti kelas PPB ini. Saya mendapatkan banyak pelajaran dan pemahaman dari rekan-rekan semua yang selalu menambah wawasan yang luas lagi dalam memahami firman Tuhan. Pelajaran yang paling berkesan buat saya adalah dalam pelajaran kelima.

Dalam pelajaran ini, saya diingatkan kembali bagaimana eratnya persekutuan-persekutuan yang dibangun oleh jemaat mula-mula pada waktu itu dalam rumah Allah dan dalam melayani satu dengan yang lainnya, yang di mana pada saat ini, hampir-hampir kita tidak melihat lagi hal-hal itu dalam kehidupan gereja masa kini. Aplikasi yang ingin saya buat setelah mengikuti kelas PPB ini adalah membangun kembali mazbah-mazbah doa lewat kelompok atau cell-cell group dalam ibadah youth maupun pemahaman Alkitab dalam setiap rumah tangg.,

4. Brenda Elizabeth Dominique

Shalom. Puji Tuhan, saya sangat bersyukur bisa kembali mengikuti sampai selesai kelas diskusi bersama SABDA MLC. Di setiap kelas SABDA MLC yang saya ikuti, banyak berkat yang saya terima dari materi yang diberikan. Pada kelas Pembimbing Perjanjian Baru yang mempelajari tentang latar belakang, sosial, budaya, dan agama sekitar zaman PB, sejarah kanon PB, dan sejarah gereja mula-mula ini, salah satu materi yang berkesan adalah kanonisasi kitab PB. Betapa panjang waktu yang dilalui untuk menentukan apakah kitab tersebut dapat masuk dalam Alkitab. Sungguh bersyukur kita dapat memiliki Alkitab yang direncanakan, dipilih, dan diinspirasikan oleh Allah sendiri kepada para penulis Alkitab sehingga kita dapat memiliki pedoman bagi iman kita dalam menjalani kehidupan dan memberitakan Injil keselamatan-Nya. Sungguh besar anugerah-Nya.

Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Yulia dan Ibu May selaku moderator dan admin WAG PPB 4 yang sudah membimbing saya mengikuti diskusi, juga semua teman-teman yang sudah berinteraksi bersama di dalam WAG PPB 4 ini. Dan, seluruh tim SABDA MLC yang telah mengadakan kelas Pembimbing Perjanjian Baru ini. Kiranya pelayanan SABDA MLC semakin maju dan menjadi berkat bagi banyak orang, terkhusus kami yang rindu untuk terus belajar tentang kebenaran firman Tuhan. Tuhan Yesus memberkati SABDA MLC. Amin. Soli Deo gloria.

5. Darman Surbakti

Saya bersyukur diberi kesempatan boleh ikut dalam kelas ini. Dalam kelas Pembimbing Perjanjian Baru ini, pemahaman saya semakin bertambah dalam hal latar belakang Perjanjian Baru dan juga tentang gereja mula-mula. Banyak hal yang dapat kita jadikan contoh dari gereja mula-mula untuk kita pakai dalam gereja masa kini. Terutama dalam hal hidup dalam kebersamaan, saling tolong menolong, dan hidup berdamai. Sebab kita ini adalah satu kesatuan, satu Tubuh, satu Roh dalam Yesus Kristus, Tuhan kita. Bahan dan referensi juga cukup baik dan menambah pengertian saya. Jawaban dari rekan-rekan juga cukup baik, saling melengkapi. Saya mengucapkan terima kasih buat semua rekan-rekan di kelas PPB 4 dan juga buat Ibu Yulia dan Kak Mei serta buat semua tim SABDA. Tuhan Yesus memberkati pelayanan kita semua.

6. David Tobias

Saya bersyukur bergabung kembali dengan rekan-rekan di kelas PPB. Setiap bagian pembelajaran memberikan kesan tersendiri, mulai dari presentasi awal, sampai proses diskusi dalam kelas. Pengerjaan form evaluasi juga sangat mendukung saya makin mengenal Perjanjian Baru. Paling berkesan, saat saya merasa bahwa jemaat mula-mula hanya disukai orang saat awal Pentakosta, tetapi Bu Yulia mengingatkan ayat lainnya yang menunjukkan bahwa di tengah-tengah penganiayaan pun, jemaat terus bertambah banyak. Jadinya, saya semakin terdorong untuk semangat dan lebih berani bersaksi tentang Yesus Kristus dan keselamatan dalam nama-Nya. Terima kasih rekan-rekan panitia dan diskusi kelompok SABDA di PPB 4 Malam. Tuhan Yesus menyertai selalu.

7. Dora Ervine Otod (Kinabalu, Malaysia)

Shalom. Syukur, puji Tuhan, saya diberi kesempatan untuk mengikuti Kelas PPB yang diadakan oleh tim MLC ini. Melalui kelas ini, saya terus diperlengkapi dengan pembelajaran dan pemahaman yang baru tentang latar belakang PBB. Terutama sekali mengenai bagaimana perjuangan dan perjalanan para rasul, terutama Rasul Paulus yang dipenuhi dengan Roh Kudus dalam pelayanan mereka, sekaligus dapat mengenal Tuhan Yesus dengan lebih mendalam. Kelas PPB mendorong saya untuk lebih banyak membaca referensi dari pelbagai sumber serta membaca Alkitab dengan lebih teliti bagi penambahan pengertian dalam PPB ini. Terima kasih tim MLC. Semoga terus diberi kebijaksanaan dalam pelayanan.

8. Jennylenny Tudin (Malaysia)

Pertama, syukur Puji Tuhan berkat bimbingannya, kelas selesai dengan baik dengan usaha dan kerja keras semua  pelayan SABDA MLC. Untuk saya secara pribadi, kelas kali ini sangat berat. Bukan karena tidak mengerti, tetapi pelajaran ini memberi saya pengertian mendalam tentang latar belakang gereja yang pada awalnya saya rasa kurang penting untuk dipelajari.

Apa yang sangat berkesan, saya rasakan dalam pembelajaran kali ini, yaitu tentang pelayanan pada zaman rasul mendapat tantangan yang berat dan tetap setia, menjadi teladan pelayan Kristus yang setia. Saya juga terinspirasi dari masukan rekan-rekan kelas yang lengkap dengan penerangan yang membantu saya lebih memahami. Terima kasih. Tidak lupa juga terima kasih untuk moderator, Bu Yulia, dan admin, May atas kesabaran menunggu keterlibatan kami dalam kelas 4 semoga nanti akan berpeluang lagi ikut serta kelas lainnya Amin.

9. Laowo Ukur

Shalom. Salam semangat buat teman-teman peserta Kelas Pembimbing Perjanjian Baru. Bersyukur, berterima kasih, saya bisa mengikuti kelas PPB dan bisa ada di kelas PPB 4, yang mana semua teman-teman sungguh-sungguh dengan penuh semangat berdiskusi dengan berbagai penggalian-penggalian yang begitu dalam hingga membuka wawasan lebih luas lagi dalam belajar dan berteologi dengan baik. Banyak hal-hal baru saya dapatkan dari hasil diskusi-diskusi yang ada dalam kelas bersama teman-teman yang hebat-hebat pula. Yang tidak kalah luar biasa adalah seluruh hamba Tuhan yang ada di SABDA-MLC yang sangat menolong dalam memberi arahan dan rekomendasi yang dibutuhkan dalam berdiskusi.

Hamba-hamba Tuhan SABDA-MLC tidak hitung-hitungan dalam melakukan pelayanan yang sudah berjalan sangat baik dan bernilai mulia. Dengan penuh kerelaan, mereka semua telah berbuat banyak untuk mendukung semua hamba-hamba Tuhan yang awam bisa diberi bekal untuk pelayanan di tempat pelayanan masing-masing yang bersumber dari Alkitab yang tidak terbatas memberkati semua peserta kelas.Terima kasih banyak saya ucapkan kepada moderator, admin kelas, dan semua pihak, SABDA-MLC yang telah melayani dengan hati. Kiranya Tuhan Yesus memberkati selalu. Salam dalam kasih sempurna Tuhan yang senantiasa menolong kita dalam berbagai aktivitas dan teristimewa dalam pelayanan kita semua. Christ completed in us.

10. Marganda Kristianto Purba

Saya bersyukur pada Tuhan Yesus karena dapat  mengikuti kelas PPB ini hingga selesai. Terima kasih untuk semua Sahabat Kristus Kelas PPB 4 yang telah menjadi sahabat dalam diskusi. Melalui diskusi PPB ini, saya didorong untuk membaca banyak referensi dari pelbagai sumber untuk menjawab persoalan diskusi. Jujur, saya ingin mengatakan sangat berjuang dengan membagi waktu untuk membaca, menjawab, dan merespons setiap hasil galian dari Sahabat Kristus PPB 4.

Saya juga sangat diberkati dengan pendapat teman-teman diskusi dalam kelas ini. Saya berterima kasih pada moderator, Ibu Yulia dan juga admin, Kak May, yang senantiasa setia membimbing dan mengingatkan kami dalam berdiskusi. Melalui diskusi ini, saya diteguhkan, diperkaya dengan pengetahuan, tentang latar belakang gereja mula mula-mula, kanon Alkitab, pelayanan para rasul, gelar Yesus Kristus yang lain, dan penafsiran Alkitab dan masih banyak lagi pengetahuan yang bisa memberikan bekal bagi saya untuk melayani.

Sebelumnya, saya hanya memiliki pengetahuan yang terbatas. Namun setelah mengikuti PPB ini, telah menambah pengertian lebih dalam tentang hal yang berkaitan dengan Perjanjian Baru ini. Melalui diskusi ini juga, saya didorong untuk membaca Alkitab dengan memahami lebih dalam  dari sudut konteks ayatnya, menambah pengertian daripada  hasil  penulisan dan penafsiran dari penulis lain. Semoga semua yang di dapat dalam kelas ini bermanfaat bagi saya dan gerejanya. Terima kasih untuk MLC SABDA. Tuhan memberkati.

11. Nehemia Meirardfeldin Krisprianugraha

Senang diberi kesempatan untuk turut merasakan diskusi Pembimbing Perjanjian Baru (PPB). Materi dalam modul yang sudah baik untuk bisa dipahami, khususnya dalam mengerti dunia Perjanjian Baru, diberkati dan diperkaya juga dengan pendapat/sharing/jawaban dari para peserta, lalu juga dengan tanggapan oleh fasilitator. Semoga di kelas berikutnya, saya bisa mengikuti kelas dengan lebih baik lagi. Terima kasih. Tuhan memberkati.

12. Rachel Elizabeth Hosanna

Saya senang sekali bisa ikut kelas ini karena membuat saya makin mengerti bahwa masih banyak hal belum saya ketahui. Presentasi Bu Yulia di pembukaan kelas, modul, ujian tertulis, dan diskusi sangat menolong saya untuk pelan-pelan menambah pengetahuan baru. Semoga ini menjadi pembuka pengalaman-pengalaman iman baru selanjutnya. Terima kasih, teman-teman SABDA dan kelas PPB 4!

13. Rialdi Pasaribu

Terima kasih kepada MLC SABDA yang telah memberikan fasilitas bagi kami untuk berdiskusi dan belajar mengenai Pengantar Perjanjian Baru. Ini sangat penting bagi kami untuk mengetahui latar belakang, perkembangan jemaat mula-mula, penerapan teladan yang jemaat mula-mula berikan, dan lain sebagainya. Pelajaran yang sangat berkesan bagi saya ialah tentang pelayanan yang dilakukan jemaat mula-mula serta penerapannya di zaman sekarang.

Saya belajar untuk bertekun dan bersehati dalam bersekutu, saling memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir, memuji Allah, berdoa, dan bertumbuh dalam pengajaran firman Tuhan. Oh, begitu indahnya hal ini. Kalau kita terus setia dalam gaya hidup seperti ini, Tuhan akan mendatangkan multiplikasi atas hidup kita dalam bergereja. Kiranya kita semua hidup dalam pertumbuhan iman yang pesat dan eksponensial, semakin serupa dengan Kristus, dan setia terhadap panggilan. Semangat.

14. Samuel Dane

Saya sangat mengucapkan syukur bisa berkesempatan untuk mengikuti program dari SABDA kali ini. Ini adalah kali pertama saya mengikuti program SABDA Pembimbing Perjanjian Baru (PBB) atau kali pertama mengikuti diskusi di grup WhatsApp. Saya secara pribadi sangat berterima kasih banyak buat program SABDA yang memberikan pelajaran secara gratis (memberikan hidup untuk pekerjaan Tuhan, bukan mencari hidup). Itu adalah hal yang paling saya apresiasi dan bangga kepada program SABDA. Khususnya seperti kami yang dari pedalaman NTT. Mungkin pembelajaran seperti ini tidak bisa kami ikuti jika memerlukan biaya karena keterbatasan segala aspek. Puji Tuhan, SABDA hadir dengan orang-orang yang luar biasa yang memberi diri untuk pekerjaan Tuhan. Terima kasih banyak mentor: Ibu Yulia, admin: Ibu May serta semua rekan-rekan kelompok PPB 4 yang berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam Tuhan, serta semua staf, Saudara/i yang mengabdikan diri pada SABDA.

Pembelajaran selama lima hari ini sudah sangat membantu membuka pikiran kami yang sempit menjadi semakin luas pandangannya atas keindahan dan keteraturan firman Tuhan, mulai dari pembelajaran latar belakang Alkitab, latar belakang zaman Alkitab, overview dan kanon Alkitab, latar belakang Injil, latar belakang surat-surat Rasul Paulus, bahkan latar belakang gereja mula-mula, seperti sudah mengambil pembelajaran satu semester.

Semangat dari para rasul jangan dijadikan tontonan dan bahan referensi yang cukup untuk membuat kita merasa bangga dengan Tuhan Yesus Kristus atas pekerjaannya yang dahsyat, tetapi yang harus terjadi. Semangat seperti itu yang harus kita bangun dalam diri kita semua, sebab Tuhan yang disembah rasul-rasul adalah Tuhan yang disembah oleh kita saat ini. Jadi, satu-satunya cara agar semangat dan spirit itu juga akan menjadi bagian kita, dengan cara bergantung sepenuhnya kepada Tuhan dan siap diproses dan didik oleh Tuhan. Roh Kudus yang Tuhan berikan sebagai penolong kita tidak akan berdiam diri melihat kemauan dan tekad kita. Mari kita menyerahkan hidup kita secara total kepada Tuhan atau mempercayakan sepenuhnya kepada Tuhan Yesus Kristus, Raja segala raja. Tuhan Yesus memberkati.

15. Supriyono

Shalom! Puji Tuhan! Bersyukur kepada Tuhan Yesus Kristus, Sang Juru Selamat, Kepala Gereja, saya bisa mengikuti kursus online Pembimbing Perjanjian Baru yang diadakan oleh Yayasan Lembaga SABDA Ministry Learning Center/MLC mulai Kamis, 9 s/d Selasa, 14 Juni 2022. Materi Pembimbing Perjanjian Baru semakin memperkaya, menambah wawasan, dan memberkati saya pribadi, terutama dalam penggalian Alkitab/firman Tuhan. Komitmen setelah mempelajari Pembimbing Perjanjian Baru, saya akan lebih giat lagi dalam belajar, memahami, menggali, membaca, merenungkan firman Allah tentang  Pembimbing Perjanjian Baru yang terkandung dalam Alkitab. Belajar dari peranan gereja mula-mula yang dapat berakar, bertunas, bertumbuh, berkembang, dan berbuah.

Ucapan terima kasih kepada moderator, Ibu Yulia Oeniyati, admin, Kak May, dan tim SABDA yang telah bekerja sama dengan para peserta kursus online tentang Pembimbing Perjanjian Baru yang memberikan saran, pendapat, koreksi, semangat, memacu, motivasi, jalinan korelasi komunikasi yang baik, dan masukan yang dapat membangun, menambah wawasan dan memperkaya lebih dalam tentang Pembimbing Perjanjian Baru  sehingga jalannya diskusi semakin hangat, memberkati semua peserta kelas PPB 4, sekalipun hanya via WhatsApp. Ada yang berhenti karena kesibukan pekerjaan dan kegiatan pelayanan lainnya.

Aplikasi praktis: sungguh menjadi berkat bagi saya pribadi sehingga kami dapat mempraktikkannya, seperti halnya para rasul melalui pimpinan Roh Kudus dipakai Tuhan, memperkenalkan Kristus sebagai Juru Selamat. Puji Tuhan! Akhirnya. Soli Deo gloria. Segala kemuliaan hanya bagi Tuhan.

16. Titus Subagiyo

Secara pribadi, saya sangat diberkati dalam diskusi PPB 4 Malam. Banyak hal yang baru yang saya dapatkan juga. Hal-hal yang dahulu pernah saya pelajari di sekolah, seperti diingatkan kembali. Pada hari pertama, saya begitu aktif ikut berdiskusi, tetapi hari kedua dan selanjutnya ada kendala sehingga saya kurang bisa aktif berdiskusi. Namun, saya tetap mengikuti hasil diskusi teman-teman. Pendapat teman-teman yang majemuk sangat memperkaya wawasan, dan membuat saya bisa belajar menghargai perbedaan. Terutama, pada hari pertama tentang gereja, ada yang memperbolehkan wanita mengajar atau tidak. Itu sangat memperkaya saya dan bisa menghormati gereja yang memperbolehkan atau tidak memperbolehkan.

Diskusi tentang kanon dan surat Ibrani yang penulisnya belum diketahui sangat memberkati dalam pemahaman tentang pentingnya kita mengerti proses pengkanonan. Seandainya ada kelas PPB lagi, saya mau ikut karena saat ini saya mengikuti kurang maksimal. Semoga ke depan saya bisa mengikuti lebih baik dan lebih disiplin lagi. Terima kasih. Tuhan Yesus memberkati.

17. Victoria Gracia Pontororing

Shalom. Puji Tuhan, saya sangat bersyukur sudah bisa mengikuti kelas ini. Walaupun, saya akui banyak hal yang kurang baik dalam segi waktu, juga dalam hal menanggapi diskusi di kelas. Berterima kasih untuk moderator di kelas kami, Ibu Yulia, yang selalu menanggapi, bahkan menjelaskan yang sekiranya ada yang kurang memahami. Begitu juga, terima kasih untuk admin, Mbak May yang dengan sabar, dan tidak pernah henti untuk mengingatkan.

Pembelajaran ini benar-benar banyak hal baru yang saya dapati melalui rekan-rekan di kelas saat memberikan hasil diskusinya. Saya lebih lagi terpacu untuk terus belajar lagi menggali firman Tuhan dengan benar. Sekali lagi, terima kasih tim SABDA untuk program-program yang sudah diberikan. Tuhan Yesus memberkati senantiasa seluruh tim SABDA.

18. Yohanes Karyadi

Melalui kelas PPB 4 ini, menambah wawasan alkitabiah yang sangat berharga, bahkan menambah pengetahuan yang sangat berarti bagi pelayanan. Selain itu melalui PPB 4, saya mengerti betapa kayanya dan dalamnya firman Tuhan. Kegiatan PPB ini, saya harap bisa terus dilaksanakan ke depan bagi generasi berikut. Terus berkarya PPB. Tuhan Yesus memberkati.

19. Yoke Pribadi

Adalah suatu kesempatan yang sungguh merupakan privilege bagi saya bahwa kita semua dapat belajar bersama-sama dan mendapatkan pencerahan dari seluruh peserta. Ini mengubah pandangan saya, bahwa yang sebelumnya belajar melalui online tidak akan efektif, ternyata justru dapat memahami lebih jelas akan materi yang dipelajari, dalam hal ini "Pembimbing Perjanjian Baru". Dan, kehadiran teman-teman semua dalam diskusi dan sharing pengetahuan kalian, sungguh mendorong dan menyemangati saya untuk belajar lebih sungguh-sungguh lagi. Banyak hal baru yang saya dapatkan.

Terima kasih untuk Ibu Yulia, moderator, crew, dan staf SABDA yang dengan kesungguhan, tulus, dan setia tekun mendukung dan memonitor jalannya event ini sehingga dapat berjalan  dengan lancar dan tepat waktu. Saya sungguh diberkati dan bersyukur kepada Tuhan dan semua yang terlibat. Shalom.