Komentar

Testimoni Peserta Kelas Pembimbing Perjanjian Baru 2

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

1. Anthony Elong Anak Leka

Shalom. Salam damai dari Bumi Kenyalang, Sarawak, Borneo. Jauh bukan berarti terbatas mencari wajah Tuhan. Ke mana saja kita berjalan, di mana saja kita berada kita adalah ambasadornya Tuhan. Dengan peluang ini, saya mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Bapa terlebih lagi. Karena saya percaya dengan mengikuti PPB ini bukan suatu kebetulan, tetapi atas rencana-Nya. Saya juga yakin pelayanan SABDA dalam program PPB ini adalah aliran berkat yang indah dan luar biasa buat saya dan rekan-rekan. Dan, kita dapat mempelajari dan dan saling berkongsi, biarpun hanya singkat waktunya. Di sini juga, saya ucapkan jutaan terima kasih kepada semua tim SABDA yang terlibat dalam PPB ini. Agar semuanya diberkati, baik dalam hikmat, materi, dan juga keluarga dalam melayani. Kasih Tuhan Yesus menyertai semua. Berkat, hormat dan kasih Tuhan Yesus menyertai semua rekan-rekan yang menyertai PPB dan tim pelayanan SABDA. Shalom. Love in Christ alone. Amin.

2. Bobby Gullian

Dua pertanyaan per hari, total 10 pertanyaan dalam 5 hari, tetapi rasanya berlalu sekejap mata dan tiba-tiba sudah selesai kelas. Kualitas pertanyaan mampu memancing saya untuk mencari dan menggali lebih dalam. Penggalian ini menimbulkan keingintahuan yang lebih jauh lagi sehingga setelah kelas selesai pun masih menyisakan rasa penasaran. Begitulah firman Tuhan, semakin digali, semakin menemukan betapa agung, karya dan kasih Tuhan kita, Yesus Kristus. Terima kasih kepada tim SABDA MLC yang terus bekerja menjalankan Missio Dei dalam hal pengajaran. God bless, dan tetaplah bersemangat.

3. Didik Suryanto

Ini adalah pengalaman pertama saya mengikuti kelas PPB. Ketika mendengar dari teman yang selama ini ikut, saya tertarik karena ini sangat berkaitan erat dengan pelayanan saya baik sebagai gembala jemaat maupun sebagai dosen. Apalagi, saya memang suka belajar menggali Alkitab. Setelah ikut pemaparan materi, saya semakin tertarik dengan apa yang dibukakan. Sekilas, materi yang disampaikan memang tidak asing. Namun, ada hal hal yang baru, yang luar biasa, saya dapatkan dari materi itu, ditambah lagi dengan pertanyaan diskusi. Ini sangat menarik dan luar biasa. Bisa bertukar pendapat dengan rekan-rekan semua, semakin membuka wawasan, memperkaya referensi kita, dan rasanya semakin diperlengkapi sekali. Sungguh, saya menikmati diskusi ini dengan membaca setiap pendapat yang diberikan teman-teman. Terima kasih sekali dan saya bersyukur bisa menjadi bagian dari kelas ini. Untuk semua admin dan pengurus, terima kasih banyak sudah memberikan saya kesempatan bergabung. Kiranya Tuhan Yesus memberkati. Saya sangat berharap, kelas ini dapat terus berlanjut dan saya tetap bisa ikut bergabung.

4. Evi Sumarni T.

Saya mengucap syukur bisa mengikuti kelas yang difasilitasi tim SABDA sehingga saya berkesempatan untuk belajar lebih banyak lagi tentang firman Tuhan. Terutama saya semakin terbuka pikiran bahwa membaca firman Tuhan itu tidak bisa asal sekadar membaca dari kitab Kejadian hingga Wahyu. Kemudian membaca lagi, dari awal hingga akhir berulang kali. Namun, akan lebih baik dengan mempelajari sejarahnya juga, penulisnya juga, latar belakangnya juga, sehingga pemahaman dan pengertian saya akan semakin baik dalam membaca firman Tuhan serta tentunya dengan pertolongan Roh Kudus juga.

Pelajaran tentang kanonisasi juga sangat luar biasa menurut saya, sehingga saya merasa sangat disayangkan bila Alkitab yang sudah demikian luar biasa proses pembentukannya itu, Alkitab yang ditulis oleh orang-orang yang luar biasa yang diilhami oleh Tuhan itu, kita sia-siakan tanpa pernah mau membacanya, tanpa pernah mau mempelajarinya. Saya terkesan dengan apa yang disampaikan Ibu Yulia dalam pertemuan evaluasi malam ini. Dikatakan beliau, teruslah belajar sehingga kekayaan firman Tuhan dapat kita nikmati. Setelah melalui kelas PPB ini, saya pribadi semakin rindu untuk belajar firman Tuhan lebih lagi karena saya rindu untuk dapat menikmati kekayaan firman Tuhan dan bersyukur juga kalau seandainya bisa membagikannya suatu saat buat orang lain. Terima kasih untuk kesempatan yang diberikan oleh tim SABDA, juga atas kerja kerasnya dalam memfasilitasi kami. Terima kasih juga untuk teman-teman PPB-2 yang begitu semangat dan banyak memberikan masukan-masukan pelajaran yang berharga. Tuhan memberkati kita semua.

5. Kornelius

Shalom. Puji Tuhan, saya dapat mengikuti PPB sampai selesai berkat kemurahan Tuhan. Selama mengikuti kelas PPB ini, saya mendapatkan banyak pengetahuan, baik dari modul maupun dari pendapat teman-teman serta referensi-referensi yang sudah dibagikan teman-teman di kelas. Banyak pelajaran yang saya dapatkan dalam mengikuti kelas PPB ini, tentang latar belakang dunia Perjanjian Baru, tentang kanon kitab kitab, tentang latar belakang kitab-kitab Injil dan kehidupan Tuhan Yesus, tentang latar belakang surat surat Paulus dan kehidupan Paulus, serta tentang latar belakang gereja mula-mula. Saya akan belajar pelajaran yang saya dapatkan dari kehidupan Paulus yang sangat memperhatikan rekan-rekan sekerja dan jemaat-jemaat serta belajar mewartakan Injil setiap ada kesempatan. Terima kasih untuk seluruh tim SABDA yang sudah memberkati kami melalui PPB ini. Harapan kami, tim SABDA semakin memberkati banyak orang ke depannya. Tuhan Yesus memberkati.

6. Mariano

Saya bersyukur dapat mengikuti kelas PPB 2 ini. Memang jauh sebelumnya, saya sudah mempelajari Pembimbing Perjanjian Baru secara mandiri dengan cara membaca berbagai buku referensi yang membahas topik ini. Hanya saja yang luar biasa dari kelas semacam ini adalah saya mendapatkan teman untuk berdiskusi, dan boleh mendapat berkat dari tulisan, pengetahuan, dan pengalaman orang lain. Diskusi semacam ini tidak saya dapatkan melalui membaca dan mempelajari buku-buku teologi secara mandiri.

Pelajaran paling berkesan ketika menggali tentang Rasul Paulus. Banyak sekali teladan yang bisa saya ambil melalui diskusi bagaimana Rasul Paulus dapat mengenal Tuhan Yesus dengan sangat mendalam. Saya juga mau mengenal lebih jauh lagi dan lebih mendalam lagi tentang Yesus yang adalah Tuhan dan Juru Selamat saya. Saya senang mengikuti kelas-kelas dari tim MLC SABDA. Kiranya Tuhan memberkati pelayanan SABDA dan menjangkau lebih banyak jiwa untuk mengenal Tuhan Yesus.

7. Mudjiarti

Oleh kemurahan kasih Tuhan Yesus, saya dapat mengikuti pelajaran Pembimbing Perjanjian Baru, yang difasilitasi oleh SABDA MLC dan saya dapat mengikuti sampai selesai. Dalam mengikuti pelajaran PPB di kelas, saya banyak mendapatkan pengalaman pelajaran baru yang memperluas pengetahuan saya yang sebelumnya belum pernah saya terima, baik dari materi dan masukan di kelas diskusi dari teman-teman. Berkat yang paling berkesan adalah saat mempelajari kehidupan Paulus dalam usahanya melayani Tuhan walaupun banyak mengalami kesulitan-kesulitan dan ancaman nyawa.

Apa yang sudah saya peroleh dari mempelajari PPB, saya ingin belajar seperti kehidupan Paulus dalam melayani Tuhan, dan rindu membagikan materi ini di kelompok remaja gereja. Selanjutnya, saya sampaikan banyak terima kepada Bpk. Bima (moderator) dan Kak Rode (admin), dan tim SABDA MLC dalam melayani selama pelajaran PPB. Tuhan pakai terus dalam pelayanannya. Tuhan memberkati.

8. Nancy G.

Bersyukur kepada Tuhan Yesus, Sang Juru Selamat, Kepala Gereja, di mana saya boleh mengikuti kelas Pembimbing Perjanjian Baru,  dari hari pertama hingga selesai, yang diselenggarakan oleh SABDA MLC. Melalui kelas diskusi ini, saya mendapat banyak berkat untuk memahami lebih dalam lagi tentang latar belakang dunia PB. Yang sangat berkesan adalah pelayanan pada gereja mula-mula zaman para rasul, Paulus, Petrus, dkk.. Meskipun mendapat tantangan yang berat untuk memberitakan Injil Kabar Baik Yesus Kristus, mereka tetap setia dalam iman kepada Yesus bahkan rela sampai mati. Dari para penginjil ini, kita semua boleh mengenal Tuhan Yesus sebagai satu-satunya Juru Selamat. Modul dan referensinya baik sekali. Juga untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan, kita juga harus mencari, membaca, dan menggali sendiri, baik dari Alkitab maupun referensi-referensi dari pelbagai sumber. Juga masukan dan sharing dari teman-teman sekelas luar biasa, saling melengkapi. Kiranya semua yang didapat dalam kelas ini bermanfaat bagi pelayanan saya dan gereja. Terima kasih untuk moderator, Mas Bima dan admin, Rode, juga tidak lupa SABDA MLC yang sudah memfasilitasi kami semua. Tuhan Yesus memberkati.

9. Nelsiana Sidundu.

Pertama-tama, saya mengucap syukur kepada Tuhan lewat bimbingan Roh Kudus saya dapat diberi kesempatan kali ini untuk mengikuti Pembimbing Perjanjian Baru oleh SABDA. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan Pusat Pembelajaran SABDA yang selalu semangat dalam menyediakan materi diskusi dan membimbing kami untuk belajar bersama-sama tentang firman Tuhan dan berbagi pengalaman maupun ilmu yang ada pada rekan-rekan. Jujur, saya akui bahwa saya sangat kerdil iman dan pengetahuan saya dalam teologi. Namun bersyukur lewat kelompok ini, saya belajar lebih banyak hal-hal yang baru dan pengetahuan lewat sharing dari kawan-kawan dan juga moderator dapat memperkaya pengetahuan kita untuk memahami sejarah perjuangan para rasul dan murid-murid Tuhan Yesus dan bagaimana cara gereja mula-mula itu melakukan pelayanan Tuhan serta mereka bersaksi, memberitakan Injil. Semoga SABDA selalu diberkati dalam kasih dan rahmat sehingga pada masa-masa akan datang lebih banyak orang yang merindui untuk bergabung dalam kelompok SABDA demi kemuliaan nama Tuhan. Amin.

10. Norlina E A Hauteas

Segala puji hormat dan kemuliaan hanya bagi Tuhan Yesus yang telah menolong saya dalam mengikuti kelas diskusi PPB mulai dari hari pertama hingga selesai dengan baik. Kesan yang saya dapat selama berdiskusi adalah saya diberkati dengan jawaban dari sharing teman-teman di kelas, moderator, dan admin yang selalu mengingatkan saya untuk aktif dalam kelas. Ada begitu banyak berkat firman Tuhan dan pengalaman dalam pelayanan yang dibagikan. Semua itu, bagi saya merupakan anugerah terindah yang Tuhan berikan kepada saya melalui kegiatan yang diselenggarakan oleh tim SABDA MLC. Tuhan kiranya terus belajar bersama tim SABDA untuk menjangkau lebih banyak lagi jiwa yang sedang membutuhkan keselamatan agar diteguhkan seperti jemaat Tuhan yang mula-mula. Terima kasih tim SABDA MLC. Tuhan Yesus memberkati.

11. Purwani

Bersyukur kepada Tuhan Yesus buat anugerah dan kemurahan-Nya dan kesempatan belajar PBB melalui MLC ini dan terima kasih buat Kak Bima dan Kak Rode juga teman-teman diskusi PPB 2. Melalui pelajaran PBB, saya menjadi tahu tentang kanon. Selama ini saya tahu ya Alkitab PB yang berisi 66 kitab. Semua pembelajaran, materi, dan masukan teman dan pengalian, dan sumber yang melengkapi jawaban dari pertanyaan sangat menambah wawasan, pengertian, pengetahuan, dan pemahaman lagi akan firman Allah dan untuk menjadi gereja masa kini yang dipimpin Roh Kudus sehingga kasih mula-mula dari Allah menyala-nyala kembali dalam kehidupan saya dan pengikut Kristus. Puji Tuhan, semua pembelajaran PBB dan diskusi selama ini sangat bermanfaat bagi kehidupan saya untuk diaplikasikannya. Terima kasih untuk tim MLC SABDA. GBU.

13. Robert Kurniawan

Bersyukur dapat kesempatan ikut kelas PPB sampai selesai. Ada berkat wawasan dalam memahami latar belakang kitab-kitab PB. Kiranya boleh meneladani para rasul, terutama Rasul Paulus yang awalnya dia adalah ahli Taurat dan membenci umat Kristen dan meneladani gaya hidup jemaat mula-mula. Belajar untuk selalu andalkan penyertaan Tuhan lewat Roh Kudus. Terima kasih kepada Ibu Yulia dan tim SABDA, juga Pak Bima dan Kak Rode yang handle kelas PPB-2 Pagi.

14. Lily Kurniati

Shalom, Saya bersyukur diberi kesempatan oleh Tuhan untuk mengikuti kelas PPB ini. Saya yakin bukan kebetulan saya bisa mengikuti kelas-kelas dalam MLC, termasuk kelas ini. Tuhanlah yang mengarahkan saya untuk mempelajari Alkitab lebih dalam. Pada kelas kali ini, saya sangat terberkati dan diingatkan untuk mencontoh kehidupan jemaat mula-mula. Bagaimana mereka senantiasa bertekun mempelajari firman Tuhan dan saling memperhatikan sesama. Suatu kesatuan yang luar biasa. Saya juga berterima kasih kepada teman-teman di kelas PPB-2 atas sharing dan diskusi. Banyak referensi yang saya dapatkan, yang walaupun tidak cukup waktu untuk mempelajarinya sekaligus, tetapi bisa saya simpan untuk saya baca/tonton kemudian. Terima kasih untuk moderator, Kak Bima, admin Kak Rode, Bu Yulia, Bu Evie dan seluruh staf SABDA yang telah bekerja keras menyediakan sarana belajar seperti ini.

15. Suratman Aripin

Kelas Pembimbing Perjanjian Baru ini membukakan saya untuk belajar lebih banyak latar belakang Perjanjian Baru. Untuk mengerti dengan tepat maksud yang tertulis di Alkitab sangat diperlukan. Karena ada gap yang cukup besar antara dunia kita saat ini dengan dunia saat penulisan Alkitab, baik itu latar belakang agama, politik, maupun sosial ekonomi. Hal ini membuat saya semakin merasa membutuhkan untuk mengetahui lebih banyak lagi. Bersyukur dari SABDA menyediakan kelas ini sehingga dimungkinkan lebih memahami dunia Perjanjian Baru. Melalui diskusi yang dilakukan, ada banyak masukan referensi yang membuat saya harus mengejar ketertinggalan mengenal dunia PB.

Aplikasi yang akan saya lakukan adalah belajar dan mencari tahu lebih banyak latar belakang dunia PB agar saya dapat lebih memahami firman Tuhan dengan lebih baik. Akhir kata, terima kasih tim SABDA yang sudah menjadi berkat juga rekan-rekan dalam PPB 2.

16. Suyati

Bersyukur dapat kembali belajar bersama SABDA kali Ini dalam Kelas Pembimbing Perjanjian Baru. Setiap mengikuti kelas SABDA selalu ada wawasan dan pemahaman baru, begitu juga dengan kali ini. Berkat dan pelajaran yang paling berkesan adalah latar belakang dunia PB di mana membuka wawasan yang luas tentang dunia PB dan seputarnya agar kita dapat memahami apa yang ditulis dalam kitab-kitab PB sehingga kita dapat memberikan penafsiran yang tepat terhadap isi dan pengertian firman Tuhan yang diinspirasikan dalam kitab-kitab PB. Aplikasi praktis terus belajar dan mencintai Alkitab agar dapat menyampaikan dan berbagi dengan benar. Terima kasih buat Kak Bima dan Kak Rode sebagai moderator dan admin. Terima kasih juga SABDA MLC. Tuhan Yesus memberkati.

17. Thomas.B.A.

Pertama, saya mengucapkan puji syukur kepada Tuhan dan juga mengucapkan terima kasih kepada tim SABDA online karena saya telah diberikan kesempatan bergabung sekolah online gratis. Bahan ajar materi lengkap. Pesertanya dari seluruh gereja di Indonesia bahkan Asia. Dapat bukti e-Sertifikat belajar PPB untuk peserta yang lulus. Kedua, saya sangat senang dan tertarik dalam diskusi tanya jawab.

Pelajaran menarik tentang pengorbanan dan perjuangan gereja mula-mula dalam mempertahankan iman percaya kepada Yesus Kristus. Kita patut seharusnya menghargai gereja mula-mula yang berani mewartakan Injil sehingga kita orang Kristen saat ini menikmati kasih karunia menjadi orang Kristen masa kini. Mempertahankan iman zaman milenium abad 21 sekarang lebih mudah karena dijamin undang-undang dan dilindungi Hak Asasi Manusia (HAM). Berbeda situasi kondisinya dengan zaman gereja mula-mula yang penuh penindasan. Oleh sebab itu, materi belajar PPB ini perlu kita ajarkan kepada anak-anak dan keluarga kita untuk mempelajari Perjanjian Baru dengan lebih mendalam.

Saya ucapkan banyak terima kasih untuk founder, owner, moderator, fasilitator, worker dari tim SABDA - MLC yang peduli dan berjuang untuk jmaat gereja di seluruh Indonesia. Sukses terus program SABDA belajar online MLC, serta terima kasih para peserta yang berbagi referensi bahan diskusi tambahan. Semoga kita dapat belajar kembali materi yang lainnya tentang Alkitab. Sampai jumpa kembali. Tetap semangat. Salam kasih.

18. Tok Armanto

Saya sangat diberkati melalui kelas PPB ini karena dengan kelas ini saya semakin mendalami bagaimana proses terbentuknya kanonisasi Alkitab Perjanjian Baru dan juga latar belakangnya. Juga berkat yang luar biasa saya dapatkan dari jemaat mula-mula yang dibahas di hari terakhir diskusi untuk kemudian dapat diaplikasikan dalam hidup sehari-hari dalam berjemaat. Saya juga sangat diberkati dengan jawaban dari teman-teman peserta yang lain. Referensi yang diberikan sangat melengkapi saya. Terima kasih untuk semua tim SABDA yang terlibat dalam kelas ini. Kiranya Tuhan akan pakai lebih luar biasa lagi dalam pelayanan ke depan untuk hormat dan kemuliaan nama Tuhan. Tuhan Yesus memberkati.