Komentar

Testimoni Peserta Kelas Pembimbing Perjanjian Baru 1

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

1. Anita Dian Kristanti

Shalom. Saya bersyukur dapat mengikuti kelas PPB hingga selesai. Mendapatkan berkat dari pelajaran 1-5, khususnya mengenai latar belakang penulisan PB sehingga saya mendapatkan jawaban dari apa yang saya pikirkan/pertanyakan selama ini mengenai latar belakang surat-surat yang ditulis Rasul Paulus. Saya akan menerapkan metode ini dalam mempelajari kitab-kitab PB lebih lanjut.

Terima kasih rekan-rekan PPB 1 yang semuanya sangat aktif berdiskusi. Terima kasih Bu Evie dan Kak Rode, juga tim SABDA MLC. Sampai jumpa di kelas berikutnya.

2. David C.E. Lisapaly

Saya belajar banyak dan semakin disadarkan melalui pelatihan Pembimbing Perjanjian Baru ini dikarenakan saya dapat lebih mengenal karakter Kristus dan pengajaran-pengajaran-Nya. Rasul-rasul yang menuliskan tentang karya Allah telah diilhami oleh Roh Kudus secara luar biasa sehingga kita dapat berbangga menjadi orang Kristen dan kita tahu dengan pasti bahwa keselamatan satu-satunya hanya lewat Yesus dan ini adalah anugerah bagi semua manusia yang percaya pada-Nya. Segala sesuatu yang ditulis dalam kitab Perjanjian Baru telah menyempurnakan tulisan dan pengajaran yang pernah disampaikan oleh nabi-nabi sebelumnya. Berkat yang saya peroleh berupa penyertaan Roh Kudus yang memampukan saya memaknai lebih dalam karya keselamatan dan cara hidup yang benar dan berkenan kepada Allah melalui Yesus Kristus. Terima kasih kepada tim SABDA MLC yang senantiasa bekerja keras memperlengkapi kami semua. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

3. Edison Dermawan

Terima kasih untuk penyelenggaraan kelas PBB saat ini. Saya terus mengikuti kelas-kelas yang diadakan SABDA Learning, khususnya topik-topik ajaran/dogma. Saya sangat diberkati karena materi-materi yang diberikan padat berisi, di mana selain menambah wawasan dan pengetahuan saya pribadi tetapi juga untuk referensi materi mengajar kepada orang lain di gereja. Sistem yang diterapkan juga semakin disempurnakan dari waktu ke waktu. Tuhan memberkati.

4. Filmon Gusti Tansi

Puji Tuhan, saya beruntung sekali dalam mengikuti kelas ini. Saya banyak mendapatkan banyak pengetahuan dan juga dapat berbagi bersama rekan-rekan sepelayanan. Saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Yuli, dan rekan-rekan SABDA yang melayani dengan luar biasa, secara khusus Ibu Evie Broto, Ibu Rode, Ibu Kusuma yang mengarahkan kami di kelas PPB 1. Melalui pengalaman belajar yang luar biasa ini, saya secara pribadi terdorong lagi untuk terus mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama manusia. Selain itu, saya juga harus sepenuhnya bergantung pada kuasa otoritas Roh Kudus dalam belajar dan membagikan firman Tuhan. Saya juga mendapat banyak pengetahuan yang luar biasa dari kelas ini. Kiranya Tuhan yang mempunyai kasih dan rahmat selalu memberikan kita kesatuan hati dalam melayani Tuhan. Saya berharap kita akan bertemu di lain kesempatan secepatnya. Shalom. Maranata.

5. Friska Pasaribu

Sungguh sangat bersyukur dapat mengikuti Kelas Pembimbing Perjanjian Baru. Saya semakin mengerti sejarah Perjanjian Baru, latar belakang, overview, dan kanon, latar belakang kitab-kitab Injil, latar belakang Paulus dan gereja mula-mula. Sungguh apa yang saya tahu saat ini masih sekelumit. Kiranya semakin memacu saya untuk mau belajar agar semakin memahami keunikan dari Alkitab. Bahan referensi yang disertakan dari tim SABDA juga sangat membantu. Terima kasih MLC, sudah berjerih lelah menambahkan iman dan wawasan kepada kami. Kiranya terus jadi berkat bagi umat percaya di seluruh dunia. Soli Deo gloria.

6. Giovanni Pedro

Pengalaman mengikuti kelas PPB: Sebuah pengalaman baru yang menarik untuk terus dipelajari mengingat Perjanjian Baru sangat penting dan merupakan penggenapan berita Injil yang telah direncanakan Allah permulaan. Pelajaran/berkat yang paling berkesan selama mengikuti kelas diskusi: selama mengikuti diskusi, banyak membaca sudut pandang teman-teman terutama tentang nama-nama Yesus yang sering disebutkan di Perjanjian Baru. Aplikasi praktis yang akan dilakukan setelah mengikuti kelas PPB: saya akan membagikan pengalaman ini dengan teman terdekat.

7. Indriwati Taine

Sungguh bersyukur kembali dapat belajar di kelas MLC, yaitu kelas PPB. Pada kelas ini, saya terus diperlengkapi dengan pemahaman yang baru tentang latar belakang Perjanjian Baru. Dengan latar belakang Paulus, Allah memilih dan memanggil orang kudus-Nya untuk memberitakan Injil Allah, bahkan melengkapinya dengan kuasa Roh Kudus. Berkat yang saya terima sangat banyak, tetapi iman Paulus menjadi teladan dan semakin kagum akan kuasa Allah melalui Roh Kudus sehingga Paulus tetap kuat meski disiksa dan dianiaya. Dia semakin teguh dalam pemberitaan injil. Teladan dari hidup jemaat mula-mula bertekun dalam pengajaran sangat penting, selain berdoa karena akan membawa hubungan yang intim dengan Tuhan. Ini adalah gaya hidup yang saya dapat pakai. 

Terima kasih SABDA MLC yang telah memfasilitasi sehingga saya dimungkinkan belajar sebagai orang awam untuk memahami Alkitab dengan baik. Peran rekan dalam kelas dan moderator yang setia mengarahkan dalam diskusi memberkati dan memperkaya pengertian saya akan pentingnya PPB. Berakhirnya kelas ini adalah awal baru bagi saya untuk lebih aktif menyelidiki Alkitab di berbagai waktu sehingga saya dapat membagi firman-Nya dengan benar kepada orang lain. Harapan saya pada kelas selanjutnya, saya dapat kesempatan lagi meski saya sangat terbatas dalam penyajian hasil penggalian, tetapi rindu Tuhan melengkapi. Aplikasi komitmen lebih intens untuk  selalu baca Alkitab. Akhirnya, saya ucapkan terima kasih pada: Ibu Yulia sebagai Narasumber, Ibu Evie sebagai moderator, Kak Rode sebagai admin, serta seluruh tim SABDA. Tuhan Yesus memberkati pelayanan semakin maju menjadi berkat bagi masyarakat luas.

8. Linna Kusuma Wati

Saya bersyukur dapat menyelesaikan kelas diskusi PPB kali ini. Semua karena pertolongan Tuhan yang memampukan saya untuk dapat mengatur waktu dan dalam belajar. Terima kasih kepada tim SABDA, Bu Evie, dan Mbak Rode yang menolong kami dalam menyediakan sarana yang baik bagi kami untuk lebih lagi memahami kebenaran. Saya sudah beberapa kali mengikuti MLC. Melalui diskusi kali ini, saya baru dapat memahami tentang kanonisasi Alkitab. Hal ini membuat saya kagum akan karya Tuhan yang luar biasa dan membuat saya lebih menghargai Alkitab. Terima kasih juga buat teman-teman PPB 1 untuk narasi dan pemaparannya yang saling berbagi dan melengkapi. Tuhan memberkati kita semua.

9. Marcel

Setiap pembelajaran di kelas MLC selalu ada sesuatu yang baru. Di kelas PPB kali ini, saya banyak belajar mengenai sejarah dan perjalanan kitab-kitab Perjanjian Baru. Salah satu yang paling berkesan buat saya adalah implementasi pelayanan meja/kaum marginal pada hari ini. Karena melihat pola dalam kitab-kitab PB, saya dapat melihat bagaimana gereja dapat menjadi jawaban atas sebuah masalah sosial dalam masyarakat yang ada. Saya juga merasa diberkati oleh setiap diskusi kelompok kali ini. Ada pertanyaan-pertanyaan yang sangat membangun di mana kita menjadi semakin kritis dan juga semakin bertumbuh dalam mencermati firman Tuhan dan fenomena sosial pada hari ini. Terima kasih juga untuk seluruh tim SABDA yang bekerja keras sampai hari ini. God bless.

10. Marita Cut Nya' Dien

Selama mengikuti kelas PPB, selalu ada berkat pengetahuan baru yang saya dapat. Tentang kanonisasi, bagaimana tantangan rasul-rasul dalam memberitakan Injil, dan bagaimana awal gereja mula-mula ada. Hal yang luar biasa adalah sebesar apapun tantangan dan penganiayaan pada zaman itu, gereja Tuhan malah semakin berkembang pesat dan kunci dari semua itu adalah karena Roh Allah turut bekerja. Aplikasi praktis yang akan saya lakukan setelah mengikuti kelas PPB. Tentunya apa yang saya pelajari akan saya sharing-kan dengan anggota komunitas kecil yang saya ikuti sehingga bukan hanya saya yang diberkati, tetapi teman-teman saya juga mendapat berkat yang sama. Terima kasih buat tim MLC. Gbu all.

11. Ramses Sihite

Bersyukur pada Tuhan Yesus dapat kesempatan ikut belajar kelas PPB sampai selesai. Terima kasih untuk SABDA MLC yang memfasilitasi kelas belajar ini dan terima kasih juga buat semua sahabat Kelas PPB 1 - Pagi yang telah menjadi sahabat dalam diskusi. Melalui diskusi kita di kelas PPB, wawasan dan pengetahuan Alkitab saya bertambah untuk saya lebih bisa memahami Alkitab lebih baik lagi sehingga saya dapat menyampaikan firman Tuhan lebih baik dan bisa dipertanggungjawabkan. Kelas PBB ini juga mendorong saya untuk membaca banyak referensi dari berbagai sumber untuk menjawab persoalan dalam diskusi dan untuk menambah pengertian lebih dalam tentang hal yang berkaitan dengan Perjanjian Baru ini. Kiranya semua yang didapat dalam kelas ini bermanfaat bagi saya dan gereja Tuhan. Terima kasih untuk SABDA MLC. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

12. Sangle Randa

Bersyukur kepada Tuhan Yesus, saya boleh mendapatkan kesempatan melalui MLC YLSA untuk terus mendalami firman Tuhan. Walaupun kesibukan saya saat mengikuti PPB tahun ini tidak selonggar saat mengikuti HUA pada tahun 2021, tetapi oleh pertolongan Tuhan Yesus saya dapat menjalankan pelatihan PPB dengan menjawab semua pertanyaan dari Pelajaran 1 sampai dengan Pelajaran 5. Saya bisa menyelesaikan kursus ini, sekalipun saya menyadari bahwa saya tidak maksimal dalam berinteraksi dengan peserta dalam satu kelompok.

Hal yang mendatangkan sukacita bagi saya, yakni bahwa pada saat mengikuti PPB ini bersamaan waktunya dengan kegiatan saya mengikuti program pelatihan homiletika, secara khusus tentang penyiapan khotbah dari Perjanjian Baru. Melalui PPB, saya sangat terbantu untuk memahami perikop dari PB yang akan dikhotbahkan. Karena tanpa pemahaman dan penggalian yang mendalam dari sebuah perikop akan membuat khotbah itu tidak lagi setia pada teks atau perikop yang hendak dikhotbahkan. PPB merupakan salah satu pendekatan penting untuk memahami isi teks secara khusus dalam mengerti tentang konteks perikop, baik itu kitab sinoptik, sejarah, perumpamaan, dan secara khusus surat-surat. PPB membuat saya mengerti tentang latar belakang teks, terutama saat mempelajari surat-surat Rasul Paulus. Oleh karena itu, terima kasih kepada MLC YLSA yang senantiasa hadir memberkati kami yang adalah kelompok awam yang rindu untuk mengerti, mendalami, dan membagi firman Tuhan. Kami terus menunggu program-program MLC berikutnya. Tuhan Yesus memberkati.

13. Simon Salasa

Puji syukur patut dinaikan kepada Tuhan atas perkenan-Nya saya boleh mengikuti kelas PPB ini dengan baik. Dalam mengikuti kelas ini, banyak pengalaman dan berkat-berkat-Nya untuk mempertajam saya dalam belajar latar belakang kitab PB. Dengan belajar PPB juga sebagai pedoman dalam menafsir dengan benar PB. Saya berterima kasih kepada admin dan moderator serta semua tim SABDA yang telah menyelenggarakan kelas ini. Tuhan Yesus memberkati.

14. Sry Artha Manullang

Saya bersyukur bisa menyelesaikan kegiatan PBB ini hingga selesai. Saya masih belum mampu memanajemen waktu saya dengan baik, pekerjaan, belajar, dan komitmen untuk ikut bergabung dalam diskusi. Saya bersyukur bisa mengikuti kelas PBB, apa yang saya dapat menjadi bekal awal untuk membuka pemahaman saya tentang PB. Saya diberkati dan sangat salut boleh mengenal rekan-rekan di PBB 1, komitmen waktu, kegigihan, semangat, antusiasme, hasil sharing mereka. Terima kasih. Kalian luar biasa. Saya juga mengucapkan terima kasih untuk dukungan Bu Evie dan Kak Rode. Tuhan Yesus memberkati.

15. Trivena Sriwidarsih

Puji Tuhan. Oleh kemurahan Tuhan, saya dapat mengikuti kelas PPB sampai selesai. Sharing dari teman-teman kelas menambah wawasan, dan menjadi berkat iman saya. Terima kasih teman-teman untuk sharing-nya. Melalui kelas ini, diingatkan kembali tentang cara hidup jemaat mula-mula, dan menjadi koreksi diri, evaluasi, untuk kembali meneladani cara-cara hidup jemaat mula-mula -- semangat, rasa kebersamaan, dan tolong menolong dengan ketulusan dan kasih. Melalui pembelajaran ini, dapat menjadi bekal agar iman percaya memiliki kepekaan, bila ada penyimpangan yang tidak sejalan dengan Alkitab sebagai standar iman kekristenan. Terima kasih tim SABDA. Tuhan Yesus memberkati.

16.  Wennar

Salut dengan komitmen pelayanan SABDA untuk mengedukasi orang percaya supaya bertumbuh dalam pengenalan akan TUHAN melalui kebenaran firman-Nya. Modul-modul singkat yang padat dan jelas, setara dengan pembelajaran kelas teologi di STT. Teman-teman diskusi yang luar biasa, mau belajar dan berbagi dari berbagai belahan penjuru nusantara, bahkan sampai mancanegara juga. Terima kasih buat seluruh tim SABDA MLC. Tuhan memberkati berlimpah dalam pelayanan-Nya.

17. Winarti Suryaatmadja

Salam damai sejahtera. Sangat bersyukur bisa tetap mengikuti kelas MLC, khususnya di kelas PPB ini. Selalu ada hal-hal baru yang saya dapatkan, baik lewat pemaparan presentasi dari Ibu Julia, juga saat membaca modul dan pastinya lewat pertanyaan-pertanyaan serta jawaban-jawaban yang diberikan peserta. Semuanya membawa saya lebih lagi mendalami firman Tuhan. Di kelas PPB ini, khususnya saya sangat terinspirasi dengan surat-surat penggembalaan Paulus yang begitu setia dan tekun mengabarkan Injil dan menggembalakan jemaat yang ada dengan ketulusan hati yang murni dan semangat yang terus menyala-nyala memberitakan Kabar Baik di tengah kondisi yang tidak baik, di tengah pertentangan dan bahkan deraan serta aniaya. Begitu besar Paulus menghargai kasih karunia Tuhan dalam hidupnya dan bekerja lebih keras karena kasih karunia yang ada dalam dirinya.

Sangat terberkati dengan bimbingan tim SABDA yang selalu sabar menuntun dan mengarahkan kami untuk mempertajam dan memperdalam penggalian firman Tuhan lewat kelas ini. Terima kasih juga kepada teman-teman di kelas PPB 1 yang setia dan semangat saling mengingatkan, mengoreksi dalam kasih, dan menambahkan jawaban-jawaban sehingga semakin banyak penggalian yang saya dapatkan. Sistem pembagian kelas pagi malam juga menjadikan lebih teratur dan mudah untuk membaca jawaban-jawaban dari peserta serta penutupan kelas pagi di jam 8 malam juga membantu peserta punya target untuk memberikan dan menanggapi jawaban dan pastinya  memberi ruang untuk beristirahat bagi peserta juga mentor dan admin. Berharap tentunya bisa mengikuti kelas MLC dalam waktu dekat ini untuk Bedah Kitab Filipi. Salam sehat selalu. Salam semangat dan sukacita.

18. Yosua Wellington Nainggolan

Bersyukur kepada Yesus Kristus Tuhan kita yang memberi kesempatan bagi kita untuk boleh belajar dari SABDA-MLC yang dilakukan secara virtual melalui zoominar. Bersama ini, saya memberikan testimoni selama berlangsungnya aktivitas zoominar ini sbb:

  1. Belajar
  2. Belajar berarti masuk ke dalam "dunia" yang khas, di mana seharusnya seseorang menjadikan apa yang di dengar, yang di baca, apa yang dialami, dimengerti, dan dipahami menjadi nilai-nilai baru yang digunakan untuk "Perubahan Paradigma dan Perilaku".

  3. Benefit dari apa yang kita pelajar:
    1. Jika kita seorang pengkhotbah, pengajar, dapat membangun orang lain untuk memahami dengan baik apa yang kita sampaikan/khotbahkan.
    2. Memengaruhi akan kebenaran.
    3. Menciptakan perubahan.
    4. Komunikasi dua arah dalam kebenaran
  4. Testimoni
    1. Penjelasan materi kuliah melalui zoominar cukup jelas dan dimengerti.
    2. Materi kuliah cukup relevan sesuai dengan penjelasan saat Zoom.
    3. Tugas diskusi memaksa kita untuk belajar lebih sungguh-sungguh.
    4. Interaksi diskusi dengan teman-teman sangat baik dan saling mengisi.
  5. Tim dari SABDA-MLC:
    1. Penyampaian/penjelasan saat zoominar, cukup baik.
    2. Host/admin cukup baik, penjelasan-penjelasan semua aktivitas saat perkuliahan dan saat diskusi tugas ,cukup clear dan semua person yang ada cukup humble.

Closing statement:

Berterima kasih buat semua crew SABDA yang sudah memberikan waktu dan pikiran dalam suatu aktivitas untuk mengedukasi banyak orang, khususnya orang-orang percaya yang rindu untuk memahami kebenaran firman Tuhan dan pengenalan akan Tuhan kita, Yesus Kristus, secara biblical. Berharap pada waktu-waktu yang akan datang dengan tema-tema yang lainnya boleh terselenggara dan berharap undangannya lebih lanjut. Akhir kata, terima kasih buat semua crew SABDA-MLC, dan Tuhan kita Yesus Kristus. Solus Christus. Shalom.

19. Yuke Sugihono

Ada yang baru dan selalu menyegarkan iman setiap kali mengikuti program dari SABDA. Demikian juga kali ini, saat mengikuti Pembimbing Perjanjian Baru (PBB). Saya mengucap syukur kepada Tuhan, ada orang-orang yang mengasihi Tuhan dan Tuhan pakai untuk melayani orang lain tanpa pamrih. Terima kasih kepada Ibu Yulia, rekan-rekan SABDA, khususnya Ibu Evie, Ibu Rode, Ibu Kusuma yang melayani PPB-1. Kali ini, saya diingatkan untuk berkaca kepada para rasul yang dalam keterbatasan dan kuasa Roh Kudus telah mengerjakan panggilan Tuhan hingga berita Injil itu boleh saya alami. Kiranya kasih Tuhan terus menyertai kita dalam belajar mengasihi Tuhan melalui panggilan-Nya kepada kita untuk melayani-Nya. Soli Deo gloria.