Komentar

Testimoni Peserta Kelas Diskusi Dasar-Dasar Iman Kristen 2 - 3

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

1. Aireen Moidi (Malaysia)

Saya sangat bersyukur berpeluang sekali lagi mengikuti DIK 2 ini selepas DIK 1 dahulu. Ini ada kelas ke-3 yang saya ikuti di bawah SABDA. Sebelum ini, saya ada mengikuti BPML. Banyak pelajaran yang saya dapat lewat diskusi bersama-sama dengan rekan dalam kelas DIK 2-3. Bermula dari DIK 1, saya telah belajar tentang Adam dan penciptaan. Dan DIK 2 ini, saya belajar tentang lahir baru, hidup baru, dan penyelamatan. Saya sangat terberkati dengan setiap pencerahan-pencerahan rekan-rekan sekelas. Ini membuat saya lebih ingin belajar tentang iman kekristenan dengan lebih banyak lagi. Terima kasih kepada semua tim SABDA dan kepada semua rekan-rekan dalam kelas DIK 2-3 atas perkongsian (persekutuan) selama 1 minggu ini. Semoga kita bisa bersama lagi di kelas DIK yang seterusnya.

2. Ashar Mapule

Selama mengikuti kelas ini, tentunya ada hal penting yang saya dapatkan di mana banyak dasar-dasar tentang iman Kristen yang selama ini kelihatan hal biasa ternyata ketika dibahas lebih dalam lagi sangat penting bagi kehidupan iman Kristen. Misalnya, tentang tema keselamatan. Banyak orang yang menganggap biasa mengenai keselamatan dalam Yesus sehingga mereka meninggalkannya. Ini menjadi peringatan bagi saya secara pribadi agar sebagai orang Kristen untuk tetap mengerjakan keselamatan yang Tuhan berikan. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

3. Brenda Elizabeth Dominique

Shalom.

Puji Tuhan atas perkenanan-Nya, saya dapat mengikuti sampai selesai kelas Dasar-Dasar Iman Kristen 2, pelajaran lanjutan tentang pokok-pokok dasar iman Kristen yang alkitabiah meliputi kelahiran baru dan hidup baru dalam Kristus. Kelas ini diselenggarakan oleh SABDA MLC dari tgl. 11 s.d. 18 Mei 2022. Saya mengikuti kelas malam hari.

Materi yang saya pelajari sangatlah baik, lebih meneguhkan apa yang telah dipelajari dalam kelas sebelumnya (DIK-1). Materi dan referensi dikemas dalam modul yang tersusun rapi sehingga dapat dipelajari dengan baik. Banyak berkat dan pelajaran yang saya dapatkan dari teman-teman dan Ibu Yulia selaku moderator kelas WAG DIK 2-3 ini. Salah satu pelajaran yang menjadi perenungan bagi saya, kita yang sudah menerima anugerah Allah berupa kelahiran baru, kita harus terus menghidupinya dengan cara hidup dalam Roh, hidup bersandar pada Allah dan hidup memuliakan Allah.

Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Yulia dan Sdri. May selaku moderator dan admin, serta teman-teman kelas WAG DIK 2-3 atas berkat yang dibagikan dalam kebersamaan kita mempelajari Dasar-Dasar Iman Kristen 2, dan seluruh tim SABDA MLC yang telah mengadakan kelas DIK 2 ini. Kiranya SABDA MLC terus dapat membagikan pelajaran-pelajaran yang diperlukan bagi semua yang rindu untuk belajar dan bertumbuh bersama dalam Kristus.

Kiranya kita semakin diteguhkan dan mampu mengaplikasikan materi yang kita dapatkan dalam tugas pelayanan kita masing-masing dan menjadi berkat di manapun kita ditempatkan. Tuhan Yesus memberkati pelayanan SABDA MLC. Amin.

4. Deny Rochman Trimuljono

Shalom.

Pertama. Puji syukur bisa mengikuti kelas ini sampai selesai dan sangat diberkati dari diskusi untuk bisa merespons anugerah dari Tuhan melalui hidup baru dengan bantuan Roh Kudus. Diskusi bisa menambah kuat iman dari tanggapan teman-teman. Terima kasih SABDA dan seluruh tim. Terima kasih Bu Yulia sebagai moderator, Kak May sebagai admin. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

5. Dewi Suriyanti DIK 2- 3

Shalom semuanya. Puji syukur saya panjatkan. Selama saya mengikuti kelas MLC ini, saya mendapatkan banyak ilmu dan pemahaman tentang materi. Saya berterima kasih kepada admin, moderator, dan rekan yang lainnya yang sudah dengan sukses melaksanakan kelas diskusi ini dengan baik.

6. Donally Freddy (Sabah, Malaysia)

Shalom. Puji Tuhan, saya berkesempatan untuk mengikuti DIK 2. Saya ingin berterima kasih kepada Tim SABDA untuk pembelajaran yang sangat berkualitas dan juga teman-teman di DIK 2-3 karena memberikan tanggapan dan diskusi yang hangat di grup. Walaupun dihadapi kekangan masa oleh sebab pekerjaan saya, tetapi saya ingin berterima kasih juga karena tim SABDA senantiasa mengingatkan saya untuk menghantar tugas-tugas setiap hari. Sistem kali ini sangat menarik karena kita bisa berkenalan dan berbicara dengan teman-teman lain melalui face to face Zoom. Harapan saya, semoga dapat teruskan mengikuti lagi ke DIK 3 dan semoga saudara-saudari yang lain dapat buah berkat yang banyak dari DIK 2 ini. Saya juga berdoa agar tim SABDA tetap setia menjadi alat pelayanan Tuhan. Tuhan Yesus memberkati.

7. Feronica

Bersyukur bisa mengikuti kelas diskusi DIK 2 sebagai kelas lanjutan dari DIK 1 dan bersyukur akhirnya dapat mengikuti kelas yang kali ini dengan sistem baru yang diadakan oleh MLC SABDA, yaitu dengan dibukanya 2 kelas dengan waktu berbeda. Kelas waktu pagi dan malam (tidak kalah dengan kelas-kelas onsite lazimnya). Luar biasa jerih lelah tim MLC SABDA dalam mengusahakannya. Tuhan Yesus senantiasa memberkati.

Materi DIK 2 mengingatkan kembali akan materi kelas discipleship yang saya ikuti selama ini. Lebih memahami lagi siapa saya dalam Kristus Yesus dan juga meneguhkan status saya sebagai orang percaya, sebagai ciptaan yang baru dalam Kristus, sebagai Anak Allah, pewaris kerajaan-Nya serta berkewajiban menjadi representatif-Nya di bumi ini dengan terus mengerjakan perjuangan sifat-sifat dunia (kedagingan) untuk mewujudkan visi-Nya yang telah Dia taruh jauh sebelum kita ada.

Aplikasi dalam kehidupan saya yang telah menang ini dengan terus mematikan sifat-sifat keduniawian saya serta senantiasa berjalan di on track-Nya apapun yang terjadi. Imanuel.

Terima kasih banyak untuk tim MLC SABDA, secara khusus kepada Ibu Yulia dan Kak May yang senantiasa memimpin jalannya diskusi serta yang mendampingi kelas kami. Kiranya Tuhan terus berikan kekuatan, kesehatan, sukacita surgawi, dan lebih lagi ditambahkan hikmat-Nya serta sukses selalu. Haleluya. Amin.

8. Honggowarsito

Bersyukur bisa mengikuti DIK 2 di mana saya bisa belajar tentang "di dalam Adam", "di dalam Kristus", lahir Baru, hidup Baru, dan hidup dipimpin oleh Roh Kudus. Dibanding saat mengikuti DIK 1, kelas diskusi yang saya ikuti kali ini, yaitu DIK 2-3, pesertanya lebih aktif berdiskusi bahkan sempat seperti berdebat, seperti "Apakah bayi yang baru lahir dan meninggal masuk surga atau tidak?" dan "Apakah keselamatan bisa hilang atau tidak?". Di sinilah peranan seorang moderator sangat penting untuk menengahi perdebatan-perdebatan yang ada. Terima kasih untuk Ibu Yulia yang selalu memberikan pengarahan-pengarahan dalam diskusi kelas.

Aplikasi bagi saya setelah mengikuti DIK 2 ini adalah kerelaan hidup saya agar mau dipimpin oleh Roh Kudus agar kedagingan tidak menguasai hidup saya dan saya akan senantiasa untuk membaca, menggali firman Tuhan, merenungkannya, dan melaksanakan apa yang Tuhan inginkan dalam hidup saya. Terima kasih untuk tim SABDA yang telah memberikan pengarahan-pengarahan dalam diskusi DIK 2 ini. Tuhan memberkati.

9. Jouita Tongilan (Sabah, Malaysia)

Pertama-tama, saya mengucapkan terima kasih kepada tim MLC SABDA karena ini kali ketiga saya diberikan peluang untuk menyertai program di MLC, DIK-1, BPML, dan DIK 2.

Pelajaran serta berkat yang paling berkesan bagi saya adalah pendalaman pembelajaran tentang "kedagingan", "kelahiran kembali", dan "hidup baru". Di mana kedagingan itu terkait free will manusia sejak semula. Manakala kelahiran kembali atau lahir baru adalah anugerah kasih karunia dari Allah, bagi orang pilihan-Nya supaya manusia bisa hidup kembali untuk tujuan memuliakan Allah.

Aplikasi praktis, saya akan sharing dengan keluarga, teman-teman, juga kepada peserta pemuridan di gereja lokal saya. Tuhan Yesus memberkati.

10. Juli M. Zebua

Syukur pada Tuhan yang memberi kesempatan dan kekuatan untuk ikut bergabung di kelas DIK 2. Pelajaran DIK 2 ini merupakan ajaran yang paling dasar berpikir bagi saya dalam membangun hubungan pribadi dengan Kristus. Materinya sangat mudah dimengerti, menyadarkan saya bahwa bagi kita orang Kristen yang sudah lahir baru, penggerak hidup agar sesuai kehendak Allah adalah Roh Allah sendiri. Terpujilah Allah yang memelihara kita sampai akhir.

Terima kasih untuk seluruh tim SABDA yang sudah menjadi alat bagi Allah untuk memberkati kami dalam memahami kekristenan dengan mudah melalui modul dan memfasilitasi kelas-kelas diskusi. Pengabdian waktu yang diberikan, terkhusus di kelas malam pasti tidak mudah. Apalagi menunggu sampai jam 01.00 subuh. Tuhan kiranya memberkati setiap pelayanan tim SABDA.

Terima kasih juga untuk teman-teman peserta diskusi yang sudah berbagi, dan bahkan juga beberapa menjadi sahabat doa, sudah saling mengingatkan untuk terus bertumbuh dalam iman. Terima kasih.

11. Melce Y.L.

Shalom. Selamat malam teman-teman DIK 2. Syukur kepada Tuhan Yesus dan tim SABDA MLC yang sudah memfasilitasi kelas DIK-2 buat kita semua.

Sistem diskusi Kelas DIK-2 ini, bagi saya lebih bagus dan praktis dari sistem diskusi sebelumnya. Baik dari segi buka tutup kelas oleh Admin dan menjapri untuk mengingatkan peserta dan Moderator Bu Yulia yang setia selama jam diskusi. (tugas tersebut tidak mudah menurut saya. Saya salut dan berterima kasih. Tuhan Yesus memberkati dengan limpah-Nya.

Partisipasi teman-teman dalam Kelas DIK cukup bagus. Namun di kesempatan berikutnya, saya rindu lebih banyak teman-teman yang bisa menggali lebih dalam kekayaan firman Tuhan dan juga melemparkan banyak pertanyaan-pertanyaan diskusi untuk saling menanggapi dan pasti selalu ada berkat rohani di setiap tanggapan teman-teman.

Di DIK-2 ini, topik diskusi dan pertanyaannya sudah bagus untuk memancing peserta harus membaca dengan baik modul dan referensinya, juga melakukan perenungan pribadi sebelum menjawab serta mengevaluasi diri sendiri "Apakah saya sudah dan sementara menghidupi kebenaran dalam DIK-2 ini?".

Modul DIK-2 ini adalah basic pemuridan untuk iman Kristen yang harus benar-benar dibangun kokoh di dalam orang-orang Kristen. Bagi saya pribadi, jika ini goyah/tidak kuat dan hanya sekadar menjawab diskusi sebagai syarat aturan kelas atau karena waktu yang sudah mepet sehingga menjawab diskusi seadanya, maka sangat disayangkan karena berkat rohaninya pun tidak maksimal yang didapat.

Saya pribadi, merasakan betul ketika malam hari harus benar-benar sediakan waktu untuk siap berdiskusi sekalipun ada acara/kegiatan di hari itu dari pagi s.d. sore yang sangat melelahkan fisik. Namun, ketika ada hati yang haus dan lapar akan kebenaran-Nya, maka apapun yang kita investasikan untuk belajar firman-Nya tidak akan sia-sia. Puji Tuhan.

Harapan saya ke depan, SABDA MLC akan membuka kelas-kelas lain dengan topik-topik berbeda seperti: Hati Bapa, Studi Karakter Tokoh Alkitab, Hambatan Rohani, Tujuan Hidup dalam Kristus, dll..

Akhir kata, DIK ini akan saya kenalkan kepada sanak keluarga saya dan teman-teman saya untuk bisa bergabung pula bahkan rindu ada kelas-kelas kecil di komunitas saya di gereja lokal. Tuhan Yesus memberkati kita semua. God bless.

12. Purwani

Saya bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan untuk kesempatan dan anugerah-Nya, bisa mengikuti kelas DIK 2 ini yang difasilitasi oleh MCL dengan moderator Bu Yulia dan Kak May yang selalu mendukung, mengingatkan sampai pagi hari selama 1 minggu ini.

Saya sangat berkesan dengan teman-teman yang berdiskusi sampai pagi itu tidak mudah, perlu semuanya berjuang, mulai dari rekan-rekan yang mengulas firman Allah lebih dalam dan koreksi Bu Yulia. Semua materinya sangat memberkati sekali. Juga menambah wawasan, pengertian, juga sangat memperlengkapi iman kepercayaan saya dan pengetahun jauh lagi tentang firman Allah, cara pandang yang beda-beda semakin memperdalam firman Allah dalam saya.

Aplikasi praktis: selama saya belajar ini, biarlah hidup baru saya selalu terarah, bertumbuh, dan berbuah kepada Kristus seutuhnya dengan selalu mengerjakan dengan takut sesuai firman Allah. Pimpinan Roh Kudus akan menuntun sampai akhirnya hidup kekal bersama Kristus.

13. Rachel Elizabeth Hosanna

Terima kasih saya sampaikan pada Bu Yulia, Kak May, teman-teman tim SABDA, dan teman-teman Kelas DIK 2-3 Malam karena saya sangat terberkati melalui diskusi yang ada. Selalu beda kesannya tiap ikut kelas SABDA. Ada saja tantangannya, tetapi ada saja kemudahan dan berkat yang saya terima. Semoga semakin banyak yang mengenal Tuhan melalui pelayanan kita secara umum dan pelayanan SABDA secara khusus. Tuhan kiranya memimpin dan menolong kita senantiasa.

14. Restu

Saya sangat bersyukur bisa kembali mengikuti kelas DIK 2 ini yang lanjutan dari DIK 1. Saya belajar banyak di kelas ini dan lebih memahami tentang dasar iman Kristen. Banyak yang saya dapatkan di kelas diskusi ini, pengetahuan yang baru yang dapat saya pahami lebih dalam dan luas tentang dasar iman Kristen. Terima kasih banyak buat tim SABDA MLC untuk pembelajarannya. Saya sangat terberkati. Tuhan Yesus memberkati.

15.  Riko Julianto

Kembali saya mengucap syukur kepada Tuhan Yesus Kristus karena melalui penyertaan-Nya, saya dapat mengikuti kelas sampai akhir di tengah-tengah kesibukan perkuliahan lainnya, pekerjaan, dan juga kegiatan melatih bidang prestasi olahraga. Tanpa penyertaan dan pemeliharaan-Nya, mustahil saya bisa membagi waktu serta fokus dengan baik. Pada kesempatan ini pula, saya mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan kinerja dari tim SABDA-MLC yang telah memberikan kepada kami waktu, tenaga, pikiran, serta materi pelajaran yang bagus dan berkualitas serta sistematis sehingga pada kelas kali ini saya pribadi bisa memahami lebih dalam tentang kehidupan yang berkemenangan "di dalam Kristus", berjalan bersama Roh Kudus dan firman Tuhan.

Melalui kelas DIK-2 ini, saya semakin diteguhkan agar diri saya seyogyanya menempatkan Kristus sebagai sosok sentral dalam kehidupan saya melebihi keegoan saya pribadi. Saya yakin bahwa saya tidak sendirian ketika melewati pergumulan mengalahkan kedagingan ataupun perbuatan daging. Ada penyertaan Roh Kudus yang senantiasa melingkupi hidup saya.

Saya berdoa agar Tuhan Yesus Kristus memberkati tim SABDA-MLC untuk terus berkontribusi menjadikan banyak orang menjadi murid Kristus dan pemimpin di masa yang akan datang serta diberkati juga dalam keuangan yang berguna untuk menunjang kegiatan operasional dan kesehatan dari segenap anggota tim yang terlibat. Soli deo Gloria.

16. Rossa

Bersyukur kepada Tuhan karena kembali diberkati melalui kelas ini. Materi, diskusi, dan rekan sekelas yang luar biasa. Materi dan diskusi tentang anugerah Allah, kelahiran, dan hidup baru, serta hidup berkemenangan menjadi bagian yang menunjukkan betapa baiknya Allah Tritunggal serta menjadi bagian untuk mengevaluasi kehidupan pribadi.

Saya mau membagikan apa yang telah saya dapat kepada anak-anak yang saya layani agar mereka pun memiliki pemahaman yang benar tentang Yesus yang hidup dalam hidup kita. Terima kasih tim SABDA. Tetap setia menjadi alat Tuhan. Tuhan Yesus memberkati.

17. Samuel H. Siswono

Puji syukur, saya boleh mengikuti kelas Dasar-Dasar Iman Kristen 2 yang diadakan kali ini. Sungguh luar biasa kelas kali ini. Jumlah peserta yang lebih sedikit per grup kelas, dan waktu yang lebih disiplin membuat diskusi sangat menarik dan tajam. Terima kasih buat moderator dan admin yang sudah memberi diri sampai jam 1 subuh untuk menutup kelas dan juga buat arahannya di dalam kelas untuk mengajar kami semua. Makin rindu untuk kelas selanjutnya. Semoga bisa bertemu dan berdiskusi hangat untuk saling membangun. Soli deo Gloria.

18. Supriyono

Shalom! Puji Tuhan! Bersyukur kepada Tuhan Yesus Kristus, Sang Juru Selamat, Kepala Gereja, kalau saya bisa mengikuti kursus online Dasar-Dasar Iman Kristen yang diadakan oleh Yayasan Lembaga SABDA - Ministry Learning Center (MLC) mulai Kamis, 12 s.d. Selasa, 17 Mei 2022.

Materi Dasar-dasar Iman Kristen 2 semakin memperkaya, menambah wawasan, dan memberkati saya pribadi, terutama dalam penggalian Alkitab/firman Tuhan. Berkaitan dengan lahir baru atau hidup baru, perbuatan daging dan buah Roh.

Komitmen setelah mempelajari Dasar-Dasar Iman Kristen 2, saya akan lebih giat lagi dalam belajar, memahami, menggali, membaca, merenungkan firman Allah tentang Dasar-dasar Iman Kristen yang terkandung dalam Alkitab, baik untuk kepentingan pribadi, keluarga, rumah tangga, gereja, dan masyarakat sekitar.

Ucapan terima kasih kepada moderator, Ibu Yulia, admin, Kak May, dan tim SABDA yang telah bekerja sama dengan para peserta kursus online tentang Dasar-dasar Iman Kristen 2 yang memberikan saran, pendapat, semangat, motivasi, koreksi, jalinan korelasi komunikasi yang baik dan masukan yang dapat membangun, menambah wawasan dan memperkaya lebih dalam tentang Dasar-Dasar Iman Kristen 2 sehingga jalannya diskusi semakin hangat, memberkati semua peserta kelas DIK 2-3, sekalipun hanya via WhatsApp. Walaupun di tengah jalannya kursus, ada yang berhenti karena kesibukan pekerjaan dan kegiatan pelayanan lainnya.

Aplikasi praktis: sungguh menjadi berkat bagi saya pribadi melalui peranan Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya, semakin dewasa rohani dalam pengenalan Tuhan Yesus Kristus, Kepala Gereja, sehingga diselamatkan. Puji Tuhan! Akhirnya, Soli Deo gloria. Segala kemuliaan hanya bagi Tuhan.