Testimoni Peserta Kelas Bedah Kitab Rut 5

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

1. Hartawan

Membaca kitab Rut awalnya seperti membaca novel roman namun setelah didalami dan digali lebih dalam lagi ternyata banyak sekali pelajaran yang didapat seperti relasi mertua-menantu, tanggung jawab keluarga besar, masalah warisan, pemuridan keluarga, pengabaran Injil, peran sebagai bangsa pilihan, hati Bapa yang mengasihi semua bangsa agar mengenal dan menyembah-Nya dan yang terutama tema besar PENEBUSAN terlihat jelas setelah dipelajari bagian demi bagian sehingga bisa mengetahui rencana strategis Allah yang terus dikerjakan sepanjang waktu dan terus semakin jelas dan tergenapi puncaknya nanti dalam pribadi Yesus Kristus.

Seru sekali belajarnya walaupun cuma lewat chat di Grup Telegram namun bisa saling melengkapi, memperbaiki juga memperkaya wawasan dan pemahaman dalam pembelajaran kitab Rut ini.

2. Abednego Ryo Vincent

Kitab Rut adalah kitab yang luar biasa di mana menggambarkan kesetiaan antara manusia dengan Tuhan yang digambarkan oleh Naomi dan Rut dan Boas. Kesetiaan tersebut ditunjukkan oleh Rut kepada Naomi yang bersikeras mengikuti Naomi pulang kebangsanya. Di saat itu Naomi menolak tapi Rut memaksa sehingga Naomi mengizinkannya. Pada saat itu Rut bertemu dengan Boas dan Boas mengizinkan Rut bekerja di tempatnya. Singkat cerita Boas membeli semua yang di punya Naomi dan mengambil Rut sebagai istrinya.

Disaat ini sangat menarik bahwa kesetiaan tergambar jelas dan bisa menginspirasi saya. Bersyukur dapat bergabung dengan kelas ini sehingga mendapatkan Rhema yang sangat luar biasa bagi saya. Kesetiaan inilah yang harus dipegang erat oleh hubungan manusia dengan Tuhan.

Terima kasih untuk kelas BKR yang sangat menginspirasi selama ini dan sungguh dibukakan kembali mengenai kesetiaan yang sesungguhnya. Maju terus SABDA MLC, segala hormat dan kemuliaan hanya untuk nama Tuhan saja.

3. David Tobias

1. Kesimpulan inti singkat Kitab Rut: Boas adalah tipologi Kristus yang menebus umat-Nya.

2. Pelajaran yang paling berkesan.
- Kasih Rut terhadap mertuanya yang "sebatang kara" dan "tidak ada harapan".
- Cara Baca Gali Alkitab dengan cara S.A.B.D.A membantu perenungan pribadi dan melatih kepekaan terhadap pesan firman Tuhan.
- Mentor / Admin yang sabar dan bijak dalam mengarahkan diskusi .

3. Berkat dari berdiskusi bersama di kelas: Teman kita dapat meneguhkan atau melihat yang kurang dari luput atau keliru dari pengamatan kita.

4. Florencia Paramitha Hapsari Hendra Sutanto

Seringkali kita merasa segala hal buruk terjadi dalam hidup kita karena hukuman Tuhan, murka Tuhan, Tuhan yang meninggalkan kita, dan Tuhan lah yang menjadi kambing hitam. Namun benarkah begitu?

Ketika membaca kitab Rut pasal pertama, kita akan menjumpai Naomi yang putus asa dan merasa dihukum Tuhan, sedangkan menantunya yang orang Moab berusaha untuk membangkitkan imannya Naomi dengan menegaskan akan mengikuti Naomi kemana pun dia pergi. Dengan cerita yang singkat, kejadian yang singkat, ternyata Tuhan punya rencana yang indah untuk hidup Naomi. Jika semula Naomi merasa dihukum Tuhan, tapi ternyata dibalik peristiwa tersebut Tuhan memberkati dia lebih daripada yang dia bayangkan.

Sebagai orang Kristen, banyak dari kita yang malas menghadapi proses hidup, inginnya serba instan, gagal sedikit menyalahkan orang lain. Dari kisah Naomi, Rut, dan Boas kita belajar bahwa Tuhan itu selalu memberikan yang terbaik untuk kita meskipun melalui proses yang menyakitkan. Jalan Tuhan, rencana Tuhan tidak terselami, jalani saja apa yang ada saat ini yang menurut kita baik, jika itu tidak baik Tuhan pasti akan mengarahkan kita ke jalan yang baik selama kita masih percaya.

Dari diskusi ini, saya belajar beragam perspektif yang ada dalam memahami sebuah teks, teks yang sama bisa memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda-beda latar belakangnya, dan ini akan memperkaya diskusi dan pengetahuan kita tentang sebuah teks Alkitab. Terima Kasih kepada penyelenggara SABDA MLC dan teman-teman kelompok 5 serta kelompok yang lain. God bless you all.

5. Friska Pasaribu

Kesimpulan singkat: Saya belajar dari Kitab Rut bahwa dibalik persoalan/penderitaan yang kita alami ada rencana Tuhan. Kitab Rut diawali dengan penderitaan dan diakhiri dengan kebahagiaan. Pelajaran yang paling berkesan adalah pelajaran Rut 4. Kisah Rut seperti telenovela yang "happy ending". Setelah sebelumnya dia mengalami banyak penderitaan.

Berkat yang paling berkesan selama mengikuti Kelas Rut:
- Banyak hal yang tidak saya tahu jadi tahu, oleh karena sharing dari kawan-kawan sekelas.
- Menguatkan iman saya agar tetap tekun, sabar, rajin dalam menghadapi persoalan/penderitaan.

Terima kasih untuk tim SABDA yang sudah memfasilitasi Kelas ini. Jerih lelah Bapak/Ibu sekalian tak akan sia-sia. Tuhan Yesus Memberkati.

6. Immanuel Hutagalung

Kitab Rut merupakan kitab kitab yang sangat luar biasa, salah satu kitab yang menggambarkan akan kasih dan pemeliharaan TUHAN yang sungguh nyata. Pemeliharaan TUHAN ketika Rut dan Naomi yang sedang dalam "Kemiskinan", tetapi TUHAN memelihara melalui Boas seorang penebus. Kitab Rut ini menularkan kitab yang menggambarkan Boas sebagai tipologi dari Kristus yang adalah penebus yang sejati. Yang menebus kita dari segala "Kemiskinan" kita oleh dosa.

Pelajaran yang berkesan bagi saya secara pribadi adalah: Pada pasal yang ke-4, bagaimana Boas menjadi tokoh utama dalam peristiwa penebusan Rut sampai kepada pengambilan Rut menjadi isterinya.

Berkat yang saya dapatkan pada saat berdiskusi:
1. Saya semakin dipicu semangatnya untuk mendalami Alkitab secara menyeluruh dan khususnya dalam kitab Rut ini.
2. Saya dipicu untuk memiliki pemahaman yang benar yang sesuai dengan Alkitab dan menyampaikan pendapat melalui diskusi.
3. Dan melalui diskusi ini saya banyak belajar dari orang-orang yang memang sungguh-sungguh mencintai firman Tuhan dan menggali kebenaran firman Tuhan. GBU.

7. Jonathan K

Program bedah Rut sangat bagus. Dari pasal 1 sampai dengan pasal 4 banyak dari teman-teman di grup 5 mengupasnya dengan sangat baik, luas, dan saling mendiskusikan dengan menghargai satu sama lain. Juga Ibu Evie dan Ibu Melisa sangat mendukung grup 5 untuk aktif dan mendapatkan banyak arti yang dalam. Saya bersyukur bahwa Firman Tuhan begitu hidup dan Kebenaran-Nya dinyatakan dalam Kitab Rut. selalu mendapatkan makna yang baru. Sungguh senang bersama teman-teman di grup 5, bareng-bareng merenungkan dan memberikan pendapat. Sungguh hidup suasananya walau tidak bertatap muka. Saya berterima kasih bagi tim SABDA telah mengadakan dan mendorong untuk kita akan Firman-Nya. Tuhan memberkati kita semua.

8. Juni Durace Sihombing

Puji Tuhan, saya dapat mengikuti kelas Bedah Kitab Rut. Terima kasih tim SABDA, terima kasih Ibu Evie dengan semangatnya menjadi moderator dan Kak Melisa yang tidak bosan mengingatkan saya. Tuhan memberkati kita semua.

1.Kesimpulan singkat dari Kitab Rut: Melalui Naomi, Rut dan Boas, Allah merancangkan karya terbesar bagi manusia. Dari keturunan Boas dan Rut lahirlah Raja Daud dan Tuhan Yesus Kristus.

2.Pelajaran yang paling berkesan: Dari ketiga tokoh ini adalah ketiganya mempunyai karakter yang Ilahi.

3.Berkat dari diskusi bersama di kelas: Wawasan saya menjadi bertambah karena penggalian setiap frasa dari Kitab Rut sangat luas maknanya.

Demikian testimoni dari saya. Terima kasih, Tuhan memberkati.

9. Purwani

Dalam kisah kehidupan di dalam kitab Rut ini membuat setiap orang mengagumi sosok wanita yang luar biasa dan hebat menurut saya, Naomi dan Rut. Naomi bersama keluarga yang meninggalkan Betlehem pergi ke Moab yang pada akhirnya kehilangan semuanya dan kehidupan Naomi alami kepahitan dan dapat pemuliaan yang Besar. Dan Rut yang berasal dari bangsa asing di luar Israel yang dipakai Tuhan untuk rencana yang maha besar-Nya. Karena kehadiran Rut dan pengorbanan Boas yang melahirkan pahlawan Iman yang luar biasa sampai kepada Tuhan Yesus. Naomi dan Rut mendapat perlindungan dan perkenanan Tuhan karena mereka mempunyai ketulusan hati yang sungguh-sungguh. Rut juga rela pemderita dalam hidupnya untuk kebahagiaan Naomi dan keduanya punya tanggung jawab. Ketaatan dan kesetiaan dan Rut memiliki karakter Kristus punya Iman dan pengharapan di dalam Tuhan.

Saya secara pribadi sungguh bersyukur melalui BKR ini dan rekan-rekan semua khususnya grup 5 ini. Memperkaya pengertian, pengetahuan, dengan baik kepada saya. BKR ini untuk saya mencontoh sifat dari tokoh di BKR. Terima kasih Tim SABDA dan rekan-rekan. Mari teman kita belum tahu dan ingin tahu kita ajak sama-sama belajar.

10. Riana Manja Dewi

1. Kesimpulan inti Kitab Rut.
Kitab Rut ini merupakan gambaran bahwa Tuhan berdaulat memakai siapapun untuk menggenapi rencana-Nya. Namun demikian pilihan Tuhan ini, juga tidak terlepas dari respon pribadi yang dipilih-Nya. Rut adalah perempuan Moab, tetapi Rut memutuskan untuk mengikuti Naomi orang Israel (Rut 1:16). Sehingga melalui kehidupan Rut rencana Allah tergenapi, sebagai bukti Kasih Allah begitu besar kepada setiap orang.

2. Pelajaran melalui Kitab Rut: Kitab Rut adalah gambaran Karya Penebusan. Rut gambaran umat manusia yang menerima karya penebusan, dan Boas gambaran Yesus Kristus yang menebus dosa umat manusia.

3. Hal yang paling berkesan selama mengikuti kelas diskusi BKR ini, saya mendapatkan banyak sekali pencerahan. Ternyata benar banyak harta karun yang dapat digali dalam Kitab Rut.

11. Suratman Aripin

1. Inti singkat kitab Rut: Tuhan Alah turut campur dan mengatur kehidupan manusia. Ia berkuasa memakai siapa saja yang dipilih-Nya. Bahkan dari seorang yang lahir dari bangsa yang tidak mengenal Tuhan dipakai-Nya menjadi leluhur dari Juru Selamat.

2. Pelajaran yang paling berkesan: Saat Rut mendapat belas kasihan dari Boas: Rut 2:10 (TB), "alu sujudlah Rut menyembah dengan mukanya sampai ke tanah dan berkata kepadanya: "Mengapakah aku mendapat belas kasihan dari padamu, sehingga tuan memperhatikan aku, padahal aku ini seorang asing?" Rut mendapatkan hal yang tidak terpikirkan sebelumnya dan ia menyadari siapa dirinya (orang asing). Hal ini mengingatkan saya kepada TUHAN YESUS yang telah rela berkorban memberikan anugerah keselamatan kepada saya. Saya begitu disayanginya.

3. Berkat dari diskusi bersama di kelas:
a. Masing masing peserta mempunyai ketertarikan kepada frasa-frasa tertentu yang tidak selalu sama dengan yang saya pilih. Dengan penggalian yang dilakukan rekan-rekan memperkaya sudut pandang saya dan memperkaya saya.
2. Penggalian yang selalu diarahkan kepada Alkitab membuat saya mencari tahu dari bagian Alkitab. Demikian juga untuk mencari referensi lain yang menjadikan saya untuk terus belajar (menambah wawasan).
3. Saya sangat senang dan menikmati bedah kitab seperti ini yang membuat saya lebih cermat lagi dalam belajar Firman TUHAN.

12. Trivena Sriwidarsih

1. Kisah kehidupan keluarga naomi, Rut dan Boas menggambarkan keluarga yang harmonis dengan memiliki peran yang jelas. Naomi sebagai ibu mertua, Rut sebagai menantu yang mengasihi naomi. Kesetiaan Rut kepada naomi dalam segala situasi membawa kehidupan Rut, naomi kepada kehidupan yang penuh dengan kebaikan dan berkat Allah. Peran boas sebagai pemimpin yang penuh dengan kebijaksanaan dan belas kasihan. Tepatlah jika boas layak sebagai penebus yang menebus Rut menjadi istrinya. Ini lah cerminan hati Yesus yang menebus umat manusia.

2. Makna terdalam mengikuti BKR: Kita dibawa dalam pengenalan sejarah, budaya, adat istiadat, perkawinan, warisan menjadi suatu rangkaian peristiwa kehidupan yg lengkap. Cerminan Alkitab yang up to date dalam segala zaman. Dalam peristiwa kehidupan yang diwarnai situasi dan kondisi yang tidak mudah namun bertahan dalam kesetiaan kepada Tuhan pada akhirnya pembelaan Tuhan dinyatakan. Allah turut campur tangan untuk mendatangkan kebaikan bagi yang mengasihi-Nya.

3.Terima Kasih Tim SABDA selaku penyelenggara juga moderator, juga teman-teman yang luar biasa membawa hidup dalam keberagaman pengertian yang dalam penggalian kebenaran Firman Allah. Terima kasih banyak. Tuhan Yesus memberkati.

13. Yusuf Sampe Tanak

1. Kesimpulan inti, Alkitab mencatat bahwa penderitaan yang dialami oleh setiap orang khususnya Rut merupakan suatu rencana Tuhan untuk menyelamatkan umat-Nya yang telah jatuh dalam dosa.
2. Pelajaran yang paling terkesan pasal 4.
3. Berkat yang saya dapatkan selama mengikuti diskusi kitab Rut 1:16 Allahmu Allahku, pasal 2:12, Allah Israel, pasal 3: 12 penebus yang sejati dan abadi, pasal 4:10-11 Kamilah menjadi saksi, selain itu saya juga diberkati dari berbagai pendapat yang disampaikan oleh peserta diskusi. Saya juga berterima kasih kepada seluruh Narasumber dan Admin Group, Tuhan berkati. Amin.

14. Yvonne Kaunang

Kisah Kitab Rut ini menceritakan tentang sebuah keluarga umat Allah dalam melakukan dan tanggung jawab dalam keluarga didasarkan pada kasih. Naomi hidup sangat Pasal 2 (Rut 2:1-23). Penderitaan Naomi dan Rut. Naomi hidup sangat kekurangan, sehingga Rut harus membantu mencari nafkah dengan memungut jelai di ladang orang. Karena Rut hidup dengan penuh rendah hati dan jujur serta sangat mengasihi mertuanya, maka dia selalu dipimpin oleh Tuhan sehingga akhirnya dia bertemu dengan Boas yang menjadi penolong bagi Rut dan Naomi (ayat 18-23; 2:18-23) kekurangan sehingga Rut harus membantu mencari nafkah dengan memungut jelai di ladang orang. Karena Rut hidup dengan penuh rendah hati dan jujur serta sangat mengasihi mertuanya, maka dia selalu dipimpin oleh Tuhan sehingga akhirnya dia bertemu dengan Boas yang menjadi penolong bagi Rut dan Naomi (ayat 18-23; Rut 2:18-23).

Pelajaran yang didapat dalam kitab Rut:
1. Kitab Rut menceritakan tentang kehidupan Rut yang penuh dengan kasih dan buah yang dihasilkan oleh kasih itu.
2. Kitab Rut mengajarkan bahwa Allah yang setia, selalu memperhatikan dan memelihara kehidupan anak-anak-Nya.
3. Kitab Rut mengajarkan, bahwa Allah sejak dahulu telah keselamatan kepada bangsa kafir (ingatlah bahwa Rut sebenarnya orang kafir/Moab).
Sangat berterima kasih dapat mengikuti kelas diskusi ini.