Testimoni Peserta Kelas Bedah Kitab Ezra 4

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

1. Anita Dian Kristanti

Sangat terberkati ketika belajar kitab Ezra dengan tema KEMBALI.

Orang Israel di pembuangan:

  • Kembali ke Yerusalem
  • Kembali membangun Mezbah Tuhan
  • Kembali membangun Bait Suci
  • Kembali kepada ajaran Taurat yang benar di bawah bimbingan Ezra, sang ahli kitab.

Dalam proses menggali kitab Ezra, saya seperti mendapat penerangan. Menjadi mengerti isi kitab Raja-raja, Tawarikh, Nehemia, Hagai, Zakharia, Daniel, Yeremia karena ternyata ada benang merahnya. Sebelumnya sudah pernah membaca kitab Kejadian - Wahyu tetapi untuk kitab-kitab tersebut di atas dibaca, tetapi sambil lalu. Proses penggalian menjadi lebih lama karena ditambah membaca kitab-kitab tersebut.

Rekan-rekan kelas BKE 4 juga asyik, penuh rasa kekeluargaan. Diskusinya serius, tetapi ada diselingi candaan. Terima kasih moderator, Kak Roma, yang selalu memancing-mancing dengan pertanyaan juga mengarahkan diskusi dengan sangat baik. Terima kasih juga untuk admin, Kak May, yang sangat perhatian kepada semua anggota kelas, selalu mengingatkan untuk mengumpulkan hasil penggalian, mengingatkan untuk menanggapi diskusi dan juga membuka dan menutup kelas dengan disiplin. Terima kasih tim SABDA, sampai jumpa di kelas-kelas berikutnya, Tuhan Yesus memberkati.

2. Barunawati

Puji Tuhan, saya bersyukur bisa mengikuti kelas BKE hingga akhir. Menggali Kitab Ezra bukanlah suatu hal yang  mudah untuk dikerjakan, tetapi saya harus belajar mengulang-ulang kitab Ezra. Terima kasih buat tim SABDA. Terima kasih Bu May yang selalu membimbing, mengingatkan, dan memotivasi peserta kelas BKE 4. Terima kasih buat semua saudara/teman-teman kelas BKE 4 yang selalu semangat berdiskusi.

Dengan pembelajaran kitab Ezra, kita harus bisa mengubah hidup kita menjadi lebih baik lagi. Biarlah kita menjadi pemimpin/orang-orang Tuhan yang takut akan Tuhan, berani, tegas, dan bijaksana. Betapa besar kasih anugerah Allah bagi kita, hanya Tuhan yang menjadi penolong yang setia. Terima kasih. JBU.

3. Darman Surbakti

Puji Tuhan, saya dapat mengikuti dan membaca seluruh kitab Ezra dalam acara ini. Kitab ini mengingatkan saya untuk senantiasa kembali kepada Tuhan, tetap setia, taat, dan hidup dalam kekudusan Tuhan. Terima kasih buat rekan-rekan di kelas 4 yang sudah berbagi hasil pelajarannya untuk saling melengkapi. Terima kasih juga buat Kak Roma, Kak Mei, dan seluruh tim SABDA yang sudah memfasilitasi acara ini dengan baik. Tuhan Yesus memberkati pelayanan kita demi kemuliaan-Nya.

4. David Tobias

Saya seolah merasakan kembali berpetualang bersama orang-orang buangan yang kembali ke Yerusalem dari Babel. Hasil penggalian dan diskusi dalam kelas, sangat bermanfaat, saling melengkapi. Saya mau kembali setia dan hidup kudus di hadapan Allah. Terima kasih tim SABDA dan rekan-rekan peserta untuk diskusi yang hangat dan menginspirasi secara praktis. Tuhan Yesus menyertai selalu.

5. Deny Rochman

Mengucap syukur kepada Tuhan akan kasih-Nya dengan adanya kelas BKE ini dan bisa mengikuti sampai selesai. Banyak berkat yang saya terima dalam kelas ini. Bisa bersama-sama menggali kitab Ezra tentang hal kembali. Kembali kasih Tuhan dinyatakan dengan perantara siapa saja untuk membangun rumah Allah dan hidup dalam kekudusan. Terima kasih tim SABDA, Kak Roma (moderator), Kak May (admin), serta teman diskusi kelas BKE-4. Gusti Yesus mberkahi. Amin.

6. Ida Rosari Silaban

Saya bersyukur kepada Tuhan Yesus atas kesempatan yang diberi buat belajar menggali firman Tuhan dalam kitab Ezra. Jujur, awal saya kurang tertarik karena banyak nama-nama bani dan perhitungan-perhitungan yang membuat saya agak bosan untuk membacanya. Namun puji Tuhan, saya jadi penasaran dan semakin tertarik untuk menggali adalah karena respons peserta sangat dinamis dan bersemangat. Dan ternyata, banyak teman-teman yang punya penggalian yang luar biasa tentang kitab Ezra ini. Puji Tuhan, saya diberi admin yang cantik dan baik hati, Kak May, yang selalu sabar untuk mengingatkan saya untuk tetap respons di BKE-4 ini. Dan nilai saya dikurangi Kak May karena keterlambatan di hari 1.

Terima kasih buat teman-teman semuanya karena melalui penggaliannya, saya pun terberkati karena masih banyak hal-hal yang belum saya mengerti dan melalui penggalian rekan-rekan saya jadi mengerti. Terima kasih Kak May, Kak Roma, dan tim SABDA. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

7. Indriwati

Shalom. Kembali saya bersyukur kepada Tuhan mengizinkan belajar di BKE bersama teman dan tim MLC. Suatu kesempatan yang berharga dapat belajar dan mengali, menganalisa salah satu kitab dalam Perjanjian Lama.

Saya sangat terkesan dengan semangat dan kehangatan kelas BKE 4 yang menggali dan merespons aktif. Penggalian yang dibagikan rekan-rekan sangat kaya makna dan informasi sehingga memperdalam pengetahuan saya akan peristiwa dari kitab Ezra. Suasana kelas yang ramai dan open care dari setiap peserta menambah sukacita dalam kebersamaan.

Kitab Ezra memberikan pelajaran yang kaya dengan fakta kembali, di antaranya bangsa Israel kembali dapat mengalami pertobatan untuk kesekian kalinya agar hidup kudus dengan kembali melakukan kehendak Tuhan, yaitu memisahkan diri dari kecemaran dalam pernikahan dengan wanita yang tidak seiman. Dari tujuan semula Allah memanggil umat Yahudi kepada ibadah yang sejati. Allah merancangkan setiap hal dan melibatkan orang-orang penting, di antaranya Ezra untuk membawa umat kembali pada kebenaran Allah. Sungguh, Tuhan besar dalam karya dan perbuatannya untuk mengasihi tiada batas dengan janji dan nubuatan yang selalu digenapi.  Yang artinya, rencana Allah tidak pernah gagal meski di tengah masalah yang besar.

Terima kasih selalu untuk tim SABDA MLC yang membuka kelas untuk kaum awam seperti kami. Moderator, Kak Roma, dan admin, Kak Mey, terima kasih selalu berperan aktif mengingatkan dan mengarahkan. Juga teman yang hangat di hati, terima kasih penggalian yang dibagikan sangat memberkati.

Saya akan terus memandang Tuhan dan takut akan Dia dan menjaga iman dari kecemaran dosa. Saya akan tegas menyampaikan dan merespons kebenaran firman Tuhan bagi orang lain agar nama Tuhan dimuliakan. Harapan selanjutnya, SABDA MLC terus semangat dan kreatif dengan pelayanan digital. Mari bagi yang belum bergabung, bergabunglah, rasakan berkat-Nya dan nikmati kedalaman relasi bersama Tuhan! Allah DAHSYAT. Amin.

8. Julius Elat (Malaysia)

Syukur kepada Tuhan atas anugerah-Nya, saya dapat bergabung dalam kelas SABDA untuk belajar menggali kitab Ezra. Terima kasih juga buat tim SABDA yang telah memberikan kesempatan untuk bergabung dalam penggalian kitab Ezra. Terima kasih juga buat admin yang bertugas.

Saya sangat bersyukur dapat bergabung dalam penggalian kitab Ezra. Sejujurnya, ini kali yang pertama saya join penggalian kitab. Kalau sebelum ini cuma baca begitu saja. Dengan saya bergabung dalam penggalian kitab Ezra ini, banyak hal yang saya dapat terutama cara belajar mempelajari Alkitab.

Semoga pelayanan tim SABDA semakin diberkati Tuhan lebih lagi untuk menyediakan pelajaran-pelajaran untuk memperlengkapi jiwa-jiwa yang haus akan kebenaran. Amin. Tuhan Yesus memberkati. Sampai ketemu di kelas yang berikutnya.

9. Melce Y.L.

Pengalaman
Bersyukur kepada Tuhan Yesus dengan adanya kelas BKE-4 ini, kerja keras, dan perhatian kasih dari admin, May, dan moderator, Roma. Luar biasa. Berkat Tuhan dicurahkan. Pengalaman saya, kali ini kelas BKE cukup seru, dinamis karena diskusi topik yang hangat dari sisi latar belakang kitab Ezra. Ada lucu-lucunya, yang kadang OOT. Ada keceriaan khas, ibarat kelas beneran di sekolah sekuler. Bagi saya pribadi, kali ini kesiapan pribadi ikut BKE ini jauh lebih baik daripada kelas MLC sebelumnya karena memiliki waktu yang cukup.

Pelajaran berkesan=
Tema kembali ini ada pada setiap pasal (1-10) dan semua tokoh-tokoh yang terlibat di dalam kitab Ezra ini mengalami kesan kembali.

Aplikasi=
Rindu terus memiliki yang kembali kepada hubungan yang murni, sehat, dan dinamis dengan Bapa Surgawi dan firman-Nya yang selalu kembali dan kembali mencari anak-anak-Nya. Jangan tunggu sampai dihajar babak belur dahulu oleh Tuhan. Ketika Roh-Nya menegur, kiranya saya tidak mengeraskan hati.

Evaluasi=
Tim SABDA MLC luar biasa kompak, penuh perhatian, aturan kelas sudah bagus, disiplin, dan tegas. GB always.

10. Rialdi Pasaribu

Salam kasih bagi kita semua. Makasih banget untuk moderator, admin dan para peserta diskusi yang luar biasa sekali antusiasnya dalam menggali kekayaan di kitab Ezra.

Saya sangat terkesan dengan keaktifan para peserta di grup saya dan kiriman mereka pun sangat memberkati saya secara pribadi agar saya dapat menghidupinya, misal dalam hal tidak kompromi dengan dosa dalam kasus Ezra menegur kawin campur di Israel.

Pelajaran yang sangat menyentuh hati saya ialah tentang kembalinya bangsa Israel ke Yerusalem dari tempat pembuangan. Kisah ini menyadarkan saya bahwa Tuhan ingin kita kembali kepada-Nya dan kita mengalami betapa besar anugerah dan kelimpahan yang Tuhan nyatakan bagi kita. Oh Haleluya. Kiranya kita terus semangat dalam menghidupi setiap pelajaran yang kita peroleh di kelas ini. Semangat.

11. Riko Julianto

Puji Tuhan, pada akhirnya bisa menyelesaikan kelas diskusi Bedah Kitab Ezra. Saya juga bersyukur bisa belajar lebih dalam lagi mengenai salah satu kitab Perjanjian Lama. Terima kasih saya ucapkan kepada tim SABDA-MLC secara keseluruhan karena telah membimbing kami sekalian dengan metode yang kreatif, yang belum pernah didapatkan di tempat lainnya. Saya ucapkan terima kasih pula kepada rekan-rekan satu grup di kelas malam BKE-4 yang senantiasa bisa diajak untuk bertukar pikiran bahkan cenderung melengkapi.

Menurut saya, kitab Ezra luar biasa. Saya bisa belajar dan mendapatkan inspirasi dari kitab ini. Bagaimana kasih karunia Tuhan tetap menyertai bangsa Israel akibat mereka kembali berulah dengan ketidaksetiaan mereka. Dan, saya bisa melihat hidup Ezra yang tetap fokus dan mengandalkan Tuhan serta bermegah dalam-Nya. Meskipun Ezra termasuk imam dan sangat ahli dalam Taurat. Kerendahan hatinya menjadi contoh nyata buat kita yang mungkin memimpin suatu komunitas orang percaya. Soli deo.

12. Ronny Budiman

Puji Tuhan, atas kasih dan kemurahan Tuhan bisa dapat menyelesaikan Bedah Kitab Ezra ini. Begitu banyak berkat yang didapat terutama dalam kehidupan pribadi dan keluarga.

Pengalaman mengikuti kelas BKE, bahwa dengan membedah secara bersama lebih memperlengkapi pengetahuan/wawasan akan fakta dan kebenaran Alkitab dan saling memotivasi dalam menyelidiki dan mempelajari Alkitab.

Pelajaran/berkat:

  1. Janji/rencana Tuhan pasti digenapi sesuai dengan rancangan yang sudah ditentukan oleh Tuhan, yang utama kita melakukan bagian kita sesuai yang diingini Tuhan, sisanya adalah bagian Tuhan.
  2. Tuhan ingin kita memelihara kekudusan. Kalau kitapun jatuh karena natur dosa kita, Dia tidak akan membiarkan dan meninggalkan kita, tetapi memberikan kesempatan kepada kita untuk bertobat atau berbalik. Karena apapun tidak dapat memisahkan kita dari kasih Tuhan.

Aplikasi praktis:

  1. Dari pengalaman bedah kitab ini, mengingatkan kita bahwa menyelidiki dan belajar firman Tuhan sangat penting dalam menguatkan iman kita dan kebergantungan kita kepada Tuhan.
  2. Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi kita yang mengasihi Dia dan mengikuti rencana-Nya. Yakinlah bahwa semua rencana Tuhan adalah untuk kebaikan kita.

Terima kasih buat Tim SABDA, Bu May, Pak Roma, yang telah memfasilitasi untuk tetap setia mengikuti bedah kitab ini dan juga teman-teman yang telah membagi pengalaman, pengetahuan dan motivasi firman selama bedah kitab ini. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

13. Samuel H. Siswono

Puji syukur kepada Tuhan, yang menolong hingga malam ini saya masih ada dalam grup ini untuk memberikan testimoni. Karena sudah dari hari kedua berniat mau mundur. Akan tetapi, pertolongan dari Roh Kudus memampukan saya hingga sampai pada hari terakhir kelas Bedah Kitab Ezra ini.

Banyak hal yang saya dapati dari Bedah Kitab Ezra ini. Saya belajar melihat bahwa Tuhan berhak dan sangat bisa memakai siapa saja dalam penggenapan janji-Nya. Saya melihat dalam Kitab Ezra ini banyak sekali janji-janji Tuhan yang dicatat digenapi. Dan, umat Tuhan yang mengingat janji Tuhan, dan melihatnya ditepati. Oh, betapa sukacitanya.

Dari Kitab Ezra ini, saya juga melihat betapa bebalnya manusia. Saya termasuk di dalamnya. Benar-benar tertegur. Banyak hal dalam hidup saya harus saya ubah. Siklus dosa. Akibat dosa, baik yang diterima hari ini, maupun yang akan diterima anak cucu. Begitu mengerikan akibat dari ketidaktaatan dan kebebalan.

Saya berterima kasih kepada Mbak May yang selalu repot menegur karena saya biasa hadir di kelas on the last minutes. Mohon maaf ya. Juga kepada Mbak Roma yang menjadi moderator. Juga kepada teman-teman sekelas yang penggaliannya sangat dalam. Begitu membantu sekali penggalian yang dilakukan teman-teman sekelas.

Akhir kata, terima kasih kepada tim SABDA. Kelas biblika yang melelahkan, tetapi menyenangkan. Saya menikmati menggali firman Tuhan bersama di kelas MLC. Sampai jumpa di kelas berikutnya.

14. Supriyono

Shalom! Puji syukur kepada Tuhan Yesus Kristus, Kepala gereja. Kalau saya bisa mengikuti kursus online Bedah Kitab Ezra (BKE) yang diadakan oleh Yayasan Lembaga SABDA Ministry Learning Center. Dari tanggal 14 s.d. 21 September 2022.

Kesan mengikuti kursus online BKE dengan memahami istilah "KEMBALI"=

  • Kembali pulang dari Babel ke Yerusalem, sesuai perintah Koresh, raja Persia (538 SM).
  • Kembali Bait Allah (Rumah Tuhan) di Yerusalem dibangun dan ditahbiskan serta ibadat dipulihkan (537 SM).
  • Kembali ke Yerusalem di bawah pimpinan Ezra, seorang imam dan ahli Taurat.
  • Kembali Ezra membantu menyusun kehidupan rakyat dalam bidang agama dan sosial, agar dapat melindungi warisan rohani Israel.(458 SM).
  • Kembali Ezra menata kekudusan umat Israel dari kenajisan pihak asing (perkawinan campur).

Harapan kelas Ministry Learning Center (MLC)=
Program berikutnya untuk Ministry Learning Center (MLC), bagi saya peserta kursus online BKE dapat diadakan lagi yang berkaitan dengan pelajaran dalam gereja seperti Homiletika/ilmu berkhotbah.

Ucapan terima kasih
Kepada moderator dan admin, Kak Roma dan Kak May, serta tim SABDA yang telah bekerjasama dengan para peserta kursus Bedah Kitab Ezra (BKE-4) yang memberikan motivasi, koreksi, jalinan komunikasi, dan masukan yang dapat membangun dan memperkaya lebih dalam tentang penggalian kitab Ezra sehingga jalannya diskusi semakin hangat dan memberkati semua peserta.

Akhirnya, Soli Deo gloria. Segala Kemuliaan Hanya Bagi Tuhan.

15. Syarif Hidayat

Merasa mendapat manfaatnya selama ikut dalam BKE 4 Malam, di antaranya bisa membuka wawasan berpikir dalam penggalian menurut:

  1. Fakta/sejarah penting yang terungkap dalam Kitab Ezra ini di mana sebelumnya jarang membaca ayat-ayat dalam kitab Ezra ini.
  2. Dalam merenungkan dan menghayati dalam mengembangkan serta menemukan makna kata "kembali" yang tersirat dalam kitab Ezra ini.
  3. Dapat menanamkan aplikasi apa yang terkandung untuk dapat diterapkan dalam seluruh gerak langkah kita seturut kehendak dan maunya Tuhan.

Sehingga oleh karena tangan dan kemurahan Tuhan juga, maka saya dapat turut menggali dan menambah wawasan berpikir kita tentang riwayat Nabi Ezra yang mengandung makna yang dalam rencana Tuhan akan masa depan umat Israel dan saya, khususnya.

Akhir kata, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada segenap panitia, pengurus, dan pembimbing saya dalam penggalian dan pemahaman Kitab Ezra ini. Kiranya Tuhan Yesus Kristus senantiasa menjaga semuanya, melindungi, dan memelihara serta memberkati para pengurus, pembina dan tim kelas BKE 4 malam.

16. Wennar

Belajar bedah kitab kali ini menggali kata "kembali". Belajar dari teman-teman yang dapat melihat "kembali" secara tersirat dari makna teks, meski tidak tertulis dengan jelas. Belajar "tangan Tuhan" yang membuat semuanya itu berhasil. Belajar untuk tidak "kembali" ke masa lalu dengan melakukan dosa yang sama. Belajar untuk memercayai dan menantikan setiap janji Tuhan dalam kehidupan kita. Belajar dari keberanian Ezra untuk menegakkan kembali Taurat Tuhan Allahnya. Belajar juga bersama tim SABDA MLC. Terus belajar sampai Tuhan datang untuk kedua kali menjemput gereja-Nya. Belajar bersyukur sampai pada akhir kelas BKE ini. Terpujilah nama Tuhan.

17. Yonece Modouw

Puji Tuhan, diizinkan Tuhan melewati satu minggu ini dalam pembelajaran Bedah Kitab  Ezra.

Hampir saja out karena tidak sanggup dengan tuntutan pekerjaan dan urusan rumah tangga. Namun, karena ada admin yang setia mengingatkan setiap hari jadi bersemangat untuk menyelesaikan kelas ini. Terima kasih Mbak May, yang terus men-support saya. Tuhan berkati.

Dari awal memulai kelas ini sudah berkomitmen untuk harus bisa selesaikan kelas ini. Puji Tuhan, Tuhan menolong sampai selesai. Setelah membedah kitab Ezra, pelajaran yang saya dapatkan adalah bahwa Tuhan tidak pernah merancangkan yang tidak baik dalam hidup kita. Rancangannya adalah rancangan damai sejahtera (Yeremia 29:11-12). Seperti yang dialami bangsa Israel. Mereka adalah umat pilihan Allah yang telah dibawa keluar dari tanah perbudakan dan menjadikan mereka bangsa yang besar. Dalam ketidaktaatan mereka kepada Tuhan, yang adalah pemilik mereka, mereka dibuang ke Babel. Namun, itu bukan akhir dari kehidupan bangsa Israel. Karena dalam pembuangan pun mereka mendapatkan kasih sayang para raja-raja. Itu bukti kasih sayang Tuhan buat umat Israel dan akhirnya membawa mereka kembali ke tanah mereka untuk membangun kembali Bait Allah dan ketika mereka kembali, mereka benar-benar menyatakan kekudusan mereka dengan menceraikan istri mereka yang adalah perempuan asing. Intinya, gelap tidak bisa bersatu dengan terang. Kalau mau terang ya terang saja. Kalau mau gelap ya gelap saja. Maka akhirnya apa yang diperintahkan Ezra sebagai ahli kitab dan Taurat Musa dituruti, lalu terjadilah pembaruan di tengah-tengah bangsa Israel.

Kisah Ezra adalah pelajaran bagi kita supaya kita terus mengandalkan Tuhan dan jangan pernah meninggalkan Tuhan. Kalau sampai meninggalkan Tuhan, berbaliklah cepat dari kehidupan itu selama masih ada kasih karunia Allah. Puji Tuhan. Terima kasih tim SABDA yang sudah mengadakan bedah kitab ini. Terima kasih Mbak Roma dan May sebagai moderator dan admin di BKE 4. Terima kasih juga teman-teman BKE 4 untuk firman Tuhan yang boleh di-sharing-kan, semoga kita terus bertumbuh dalam kasih dan pengenalan akan Tuhan Yesus Kristus sampai Tuhan datang. Amin. Salam Acemo dari tanah peradaban Papua, Papua Barat, Manokwari.

18. Yustianing

Saya bersyukur kepada Tuhan Yesus atas kesempatan yang diberi buat belajar menggali firman Tuhan dalam bedah kitab Ezra ini. Banyak pelajaran yang didapat mengenai pembuangan bangsa Israel sampai dituntun pulang ke Yerusalem. Mengajarkan kepada saya untuk hidup seturut kehendak Tuhan dan menyenangkan hati Tuhan dan mengingatkan kepada saya bahwa Tuhan selalu menggenapi janji-janji-Nya.

Terima kasih buat teman-teman semuanya karena melalui penggaliannya saya pun terberkati karena masih banyak hal-hal yang belum saya mengerti dan melalui penggalian rekan-rekan saya jadi mengerti. Terima kasih Kak May, Kak Roma, dan tim SABDA. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.