Testimoni Peserta Grup Diskusi Bedah Kitab Yakobus 3

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

1. Dian Herani Lukman

Saya mengikuti BKY ini sungguh terberkati, karena pertama saya harus belajar berkomitmen mengikuti pelajaran Bedah Alkitab sampai selesai. Kedua, saya harus menggali Alkitab, yang biasa sehari-hari hanya baca Firman Tuhan, dan merenungkannya, kali ini saya diajar untuk berpikir kritis, sesuai dengan apa yang dikatakan Alkitab. Saya bersyukur MLC telah menyediakan bahan materi, selain Alkitab itu sendiri, seperti BaDeNo. Kesan mengikuti diskusi ini, banyak hal yang sudah saya dapatkan dari Yakobus 1-5 di mana Alkitab mengajarkan bagaimana kita hidup, menaruh harapan kepada Tuhan. Sesudah selesai mengikuti BKY ini, saya harus menerapkannya tetap menjadi pelaku firman, lebih kuat lagi menghadapi hidup dan berkemenangan seperti para nabi, memiliki iman yang benar, menjadi guru yang bisa meneladani Yesus, hidup berkenan kepada-Nya, apa yang menjadi kehendak-Nya. Harapan saya untuk kelas MLC berikutnya membedah Kitab Wahyu, karena ingin lebih mendalaminya dengan benar. Demikian testimoni saya. Terima kasih.

2. Eddy Yonathan

Terima kasih kepada SABDA atas berkatnya BKY walaupun ditengah-tengah super sibuk masih bisa menerima berkat walau memang tidak maksimal karena memang keadaan sendiri. BKY adalah kitab yang membangun iman ditulis oleh saudara Tuhan Yesus sendiri. Saya pernah baca satu kata bahwa Yakobus adalah Amsalnya PB. Terima kasih kepada teman-teman yang telah mengirimkan ulasan-ulasan firman yang menambah pengetahuan. Terakhir saya mohon maaf benar-benar kelupaan tulis tertimoni itu pun diingatkan oleh Mbak Pingkan, sedangkan evaluasi sudah saya buat selesai Zoom evaluasi supaya tidak lupa.

3. Feronica

Saya lebih memahami surat Yakobus mengenai pencobaan, ujian, kebenaran yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, arti miskin dihadapan Allah dan lebih lagi. Ternyata luar biasa jika digali lebih dalam. Kesan selama mengikuti kelas BKY ialah bersyukur dapat berdiskusi bersama, dapat saling berbagi pengetahuan sehingga dapat mempertajam kebenaran Firman-Nya. Ringkasan pribadi dari pelajaran Yakobus 1-5: menghadapi pencobaan dan menarik manfaatnya, mendengarkan Firman Allah dan melakukannya, tidak pilih kasih dan menunjukkan belas kasih kepada sesama, mempraktekkan iman dan meneladani karakter Kristus yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Harapan untuk kelas berikutnya ialah dapat belajar lebih lagi dalam penggalian-penggalian kitab PL - PB seperti yang telah dilakukan selama ini oleh MLC (Rut dan Yakobus) agar kami dapat mengetahui lebih lanjut dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dan, tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada tim SABDA MLC serta Moderator kelas BKY 3 Ibu Yulia dan Ibu Pingkan yang sangat luar biasa dalam mendampingi kami anak-anak kelas BKY 3. Kiranya Tuhan Yesus memberkati kita semua, Haleluya, Amin.

4. Frans Immanuel Gultom

Berkat Materi BKY: Saya mendapat pengetahuan baru, pengertian yang baru, cara pandang yang baru. Aturan mainnya bagus dan tegas, sehingga membuat peserta berdisiplin tetap mengikuti. Ringkasan pribadi tentang Kitab Yakobus: Kitab Yakobus berisi nasehat singkat tentang banyak topik terutama tentang iman, perkataan dan hikmat. Saya belajar untuk menjaga perkataan saya dan mencari hikmat yang dari atas. Harapan untuk kelas berikutnya ialah dapat mengikuti bedah Kitab yang berikutnya.

5. Giovanni Pedro Aprista Pakpahan

Berkat dari materi training BKY: dari Kelas Bedah Kitab Yakobus saya belajar banyak untuk menjadi seseorang yang dituntun untuk hidup sebagai orang Kristen yang dewasa dalam kerohanian. Kesan mengikuti diskusi BKY: di dalam kelas diskusi berjalan dengan lancar semua memberi tanggapan dan respon atas jawaban dari teman-teman yang lain sehingga saya bisa mendapat berbagai sudut pandang, sangat membangun. Surat Yakobus berisi tentang memberi nasehat dan penghiburan kepada orang-orang Kristen yang mengalami pencobaan, kesusahan, dan penganiayaan karena iman Kristen. Dan, juga Yakobus mengajarkan cara yang terbaik untuk menghadapi pencobaan. Amanat dalam Kitab ini adalah bahwa iman Kristen sesungguhnya wajib dinyatakan dalam perbuatan baik (orang Kristen wajib menyatakan imannya melalui perbuatannya). Menjadi seorang pelaku dan bukan sekadar pendengar firman. Sambil menjadi pelaku iman, tentu saja diikuti pertumbuhan terkait pengetahuan atas Firman Tuhan. Harapan untuk kelas MLC berikutnya ialah semakin banyak menyelenggarakan kelas untuk penggalian kitab suci secara sederhana dan bermakna.

6. Jefta Dominggus

Berkat yang saya dapatkan dari kelas BKY adalah menuntun saya lebih dalam lagi di dalam menggali kebenaran Firman Tuhan melalui ayat kalimat imperatif yakni kalimat perintah dari Tuhan kepada penulis Yakobus untuk dilaksanakan oleh penerima pertama surat Yakobus ini untuk dilaksanakan sesuai dengan maknanya dan memiliki korelasi sesuai ayat referensi kitab Injil dan aplikasinya untuk pembaca masa kini yakni saya dan jemaat kini untuk melakukan kebenaran sebagai orang percaya di zaman sekarang/kasih karunia. Saya sangat berterima kasih kepada pihak Yayasan SABDA yang telah memiliki program ini agar dapat menuntun orang Kristen yang sudah lahir baru agar semakin mencintai firman Tuhan ini dengan memberikan pengetahuan yang lebih spesifik lagi supaya firman Tuhan itu tidak hanya sekadar dibaca, tetapi harus dipraktikkan secara pribadi untuk menjadi murid-murid Kristus atau anak-anak Tuhan Yesus. Terima kasih kepada para mentor yang telah dengan penuh ketulusan dan kesabaran untuk memberikan pengajaran serta mengingatkan saya agar selalu fokus dalam pembelajaran firman Tuhan serta mendisiplinkan saya untuk taat pada aturan yang sudah disepakati bersama demi kebaikan saya. Terima kasih juga kepada teman-teman yang sudah saling berbagi pengalaman dan pengetahuan melalui BKY. Saya bersyukur sudah diajar, dinasehati dan diajari untuk taat dan fokus dalam mempelajari dan mendalami serta melakukan sesuai firman Tuhan tersebut. Harapan saya kiranya MLC ini tetap eksis terus di dalam memberikan pembelajaran Firman Tuhan secara lebih memdalam kepada setiap orang yang rindu dan haus akan kebenaran firman Tuhan. Saya berharap juga agar pembelajaran ini terus ditingkatkan dengan metode-metode yang lebih modern sesuai perkembangan zaman ini dan tetap pada prinsip firman Tuhan. Tuhan Yesus Memberkati MLC dan Yayasan SABDA serta para Mentor.

7. Kathleen Grace Noya

Berkat yang saya dapatkan dari mengikuti kegiatan BKY ini ialah saya belajar menggali Alkitab dan juga menerima berbagai macam pandangan dari banyak orang yang juga tanpa sadar membuat saya selama beberapa hari ini memiliki waktu yang banyak dengan Tuhan untuk membaca dan merenungkan firman-Nya. Kesan saya selama mengikuti kelas ini ialah saya semakin diperlengkapi karena bisa saling bertukar pikiran dengan anggota kelas yang lain. Pelajaran yang saya dapat setelah mengikuti kelas Bedah Kitab Yakobus ini ialah saya semakin memahami isi dari kitab ini dan pesan-pesan Tuhan yang ada di dalamnya yaitu tentang bagaimana memiliki iman yang hidup dan benar kepada Tuhan. Banyak hal yang saya pelajari selama mengikuti kelas ini dan membedah atau mendalami kitab Yakobus yaitu tadi di atas tentang memiliki iman yang hidup dan benar kepada Tuhan. Saya mulai menyadari sebenarnya iman saya itu iman yang hidup atau mati. Saya akan belajar untuk berusaha membangun hubungan yang intim dengan Tuhan dan belajar untuk sungguh-sungguh beriman kepada Tuhan yang akan saya tunjukkan dalam hidup saya tiap hari. Harapan saya untuk kelas MLC berikutnya ialah semoga kelas ini tetap rendah hati dan terus menjadi berkat kepada semua orang yang rindu untuk mengenal Tuhan dan belajar tentang firman-Nya.

8. Kurniawan Diwanto Wijaya

Materi training BKY membangun dan memperlengkapi, serta membuka kembali pikiran untuk bisa menggali lebih dalam Kitab Yakobus khususnya. Bahwa iman Kristen harus berbuah dan berbuat. Dan dengan materi yang disampaikan ini memberkati saya khususnya dalam pengembangan diri dan juga dapat menjadi berkat bagi orang lain ketika apa yang didapatkan ini dibagikan kepada orang lain. Ketika mengikuti diskusi BKY ini sangat berkesan karena dengan berbagai pikiran yang ada dan dengan berbagai latar belakang ini membuat pikiran saya terbuka terhadap aneka ragam pendapat dan aplikasi dari teman-teman diskusi. Ringkasan pribadi dari pelajaran Yakobus 1 -- 5. Sebagai orang beriman kepada Yesus Kristus, bahwa berbagai-bagai pencobaan itu adalah ujian iman, hadapi dengan penuh ketekunan dalam kebahagiaan, dengan mendengarkan firman Tuhan serta menjadi pelaku-pelaku Firman itu adalah wujud dari iman yang hidup. Iman yang tidak mati, iman yang berbuat dengan teladan para nabi, hingga dengan kesabaran menanti hari kedatangan Yesus kembali. Aplikasi praktis yang akan dilakukan setelah mengikuti kelas BKY ialah saya akan mencoba dan menerapkan ilmu yang didapatkan dalam kelas BKY ini untuk kitab-kitab yang lain, sehingga akan menambah kaya akan pemahaman Alkitab dan membuat iman semakin kokoh. Harapan untuk pribadi saya, akan mencoba untuk mengikuti kembali kelas-kelas di MLC SABDA untuk menambah pengalaman dan pemahaman serta "spirit" dalam melayani ditengah pandemi saat ini. Harapan untuk kelas MLC berikutnya kiranya bisa semakin inovatif dan efektif bukan hanya untuk orang dewasa, tetapi juga untuk Sekolah Minggu (anak-anak), Remaja, Pemuda dan Dewasa.

9. Mangatur Sirait

Puji syukur pada Tuhan saya mendapatkan berkat mengikuti kelas BKY ini. Banyak hal yang diperoleh ketika melakukan penggalian ayat dalam setiap pasal. Kitab Yakobus hanya ada 5 Pasal jadi cukup waktu untuk melakukan penggalian di sela-sela pekerjaan kondisi pandemi. Diskusi dalam kelas pun dapat menambah wawasan dari setiap penggalian masing-masing peserta. Moderator Ibu Yulia memberikan arahan ketika diskusi berlangsung agar diskusi dan penggalian berjalan dengan baik. Dalam kondisi pandemi saat ini saya merasakan sangat terkesan dapat mengikuti kelas-kelas dari SABDA MLC. Ditengah kesibukan pekerjaan dapat mempergunakan waktu untuk belajar lebih dalam isi firman Tuhan. Ini mungkin salah satu sisi positif dari pandemi ada space waktu untuk belajar yang lain termasuk belajar firman Tuhan. Ringkasan pribadi dari pelajaran Yakobus 1 -- 5 ialah isi firman Tuhan dalam kitab Yakobus sarat dengan pengetahuan untuk hidup benar dalam Tuhan. Pesan dalam Kitab Yakobus begitu jelas dan praktis sehingga banyak yang dapat diterapkan dalam kehidupan kita sebagai pengikut Kristus. Isi kitab Yakobus sudah dibaca dan digali secara pribadi dan bersama-sama dalam kelas. Yang diperlukan selanjutnya adalah saya dan kita semua dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Iman tanpa perbuatan mati. Harapan untuk kelas MLC berikutnya dapat membedah kitab-kitab yang lain baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Terima kasih untuk seluruh tim MLC. Tuhan Yesus memberkati.

10. Margaretha Sara Fauubun

Saya jadi lebih mudah membuat renungan. Hanya dengan 1 ayat bisa jadi renungan. Sangat diberkati karena metode ini memperkaya dan bisa membaca penggalian teman-teman yang lain. Ringkasan pribadi dari pelajaran Yakobus 1 -- 5 ialah bersabar dalam penderitaan karena Allah tidak pernah memberi yang jahat, berlaku adil pada sesama tanpa pandang rupa, lidah walaupun kecil dapat menimbulkan masalah besar, bijaksana berkata, tidak menyombongkan diri, tidak menghakimi orang lain. Aplikasi praktis yang akan dilakukan setelah mengikuti kelas BKY ialah akan menggunakan format penggalian untuk membuat renungan-renungan singkat. Harapan untuk kelas MLC berikutnya ialah semakin banyak kelas-kelas penggalian/bedah kitab.

11. Mestiria

Puji syukur kepada Allah atas penyertaan-Nya kita semua dalam komunitas BKY dapat menyelesaikan diskusi, walaupun saya sendiri di dalam kelas kurang maksimal dalam berdiskusi serta banyak kekurangan dalam menafsirkan setiap ayat Alkitab. Setiap kelas diskusi yang difasilitasi SABDA memberikan warna-warna tersendiri, dan semakin kita termotivasi untuk membaca dan menggali setiap ayat yang ada di dalam Alkitab. Di Kelas BKY ini mendapatkan ilmu baru dari SABDA dan teman-teman lain sehingga kita tahu kalimat imperatif yang ada di dalam Alkitab. Ringkasan yang saya dapat dari pelajaran Yakobus 1-5 adalah kita sebagai umat yang sudah dipilih dan ditebus Tuhan harus lebih sungguh-sungguh mempertanggungjawabkan anugerah keselamatan yang telah diberikan Tuhan kepada kita, iman kita disertai dengan perbuatan, ucapan yang selaras dengan Kristus. Aplikasi ialah kuasa Roh kudus memampukan saya untuk menjadi pelaku firman Tuhan di dalam setiap tantangan sehari-hari untuk mencapai garis finish yang telah dijanjikan Tuhan. Harapan untuk kelas MLC adalah semoga kelas MLC semakin maju dengan memberikan materi-materi yang baru tentang penggalian Alkitab dan selalu semangat untuk membuka kelas-kelas baru. Terima kasih Ibu Yulia, Bu Pingkan, Bu Evi, Bu Roma, Bu Rode, dan tim SABDA lain yang belum bisa saya sebutkan. Tuhan memberkati pelayanannya. Salam sehat.

12. Sry Artha Manullang

Melalui BKY ini secara tidak langsung telah mengajak saya untuk membaca Alkitab dan membuat aplikasi yang nyata seseuai dengan ayat yang dibedah. Saya diajarkan bagaimana cara membedah ayat, bertemu dengan Bapak/Ibu yang haus akan kebenaran firman Tuhan. Tidak terasa sudah dipenghujung BKY, rasanya sangat sebentar. Ini kali pertama saya mengikuti Bedah Kitab, tetapi ini sungguh menarik. Selama kegiatan diskusi saya kurang aktif, muncul di saat yang lain sudah pada istirahat. Saya masih susah untuk membedah, tetapi Puji Tuhan saya sangat tertantang dan bersemangat dengan kesempatan ini. Waktu yang saya pakai lebih banyak untuk membedahnya dan merenungkan satu bagian dari pada aktif dalam kelas, meskipun demikian saya sangat bersyukur untuk setiap kesempatan ini. Ringkasan pribadi: bahwa iman yang murni akan menghasilkan buah ketaatan. Aplikasi saya adalah belajar untuk taat dan setia dengan murni dan tulus mengerjakan pelayanan di dunia, sehingga itu boleh berkenan bagi Tuhan. Saya sangat berharap ada Bedah Kitab-kitab yang lain lagi di lain waktu. Terima kasih kepada Tim SABDA yang sudah melayani sepenuh hati, memberi waktu secara terus-menerus. Ada Bu Yulia dan Kak Pingkan dari BKY 3, Kak Roma, dan Bapak/Ibu yang lainnya. Terima kasih.

13. Tok Armanto

Pemaparan yang disampaikan oleh narasumber sangat memberkati saya, mulai dari latar belakang penulis, isi juga beberapa aplikasi. Ini mendorong saya untuk lebih lagi menggali pesan yang terkandung dalam Kitab Yakobus yang bisa saya terapkan dalam hidup saya. Saya mendapatkan banyak berkat dari penggalian Kitab Yakobus baik penggalian saya pribadi maupun dari penggalian peserta lain. Saya mendapat pemahaman dari sudut pandang yang berbeda dari suatu ayat dari apa yang disampaikan oleh teman-teman peserta. Kita mendapatkan kasih karunia dari Tuhan atas keselamatan kita melalui Iman kita kepada-Nya. Iman itu harus dinyatakan dalam perbuatan kita sehari-hari selama kita hidup di dunia ini. Kita harus bersabar menanti kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya dengan meneladani nabi-nabi atau tokoh-tokoh lain dalam Alkitab yang terus berharap dan bersandar dalam pengharapan akan Tuhan. Saya mau terus mempraktikkan dan menghidupi iman saya, melalui perbuatan baik yang nyata yang dapat membawa dampak bagi sesama dan lebih lagi melalui perbuatan baik saya biarlah menjadi jembatan untuk dapat menyampaikan Kabar Baik. Harapan saya, kelas Bedah Kitab tidak berhenti sampai di sini, tetapi terus diadakan untuk Kitab lainnya sehingga saya semakin diperlengkapi.

14. Tompul

Berkat yang saya dapat dari kelas BKY adalah bersyukur bisa mengikuti kelas ini. Kitab Yakobus selain bersifat praktis juga sangat relevan. Terima kasih tim SABDA yang sudah mengajak belajar mengali kitab. Pasal demi pasal sampai selesai. Sangat diberkati. Kitab Yakobus punya pesan praktis, sederhana, serta mudah dipahami oleh kaum awam. Karena berbicara tentang bagaimana menerapkan iman dan hikmat, mengendalikan lidah, dan lain-lain. Mengikuti Yesus merupakan keputusan yang tepat. Berani menjadi saksi Kristus ditengah dunia. Saya berharap ada kelas ini lagi untuk menjangkau kaum muda dengan berbagai metode yang sangat menarik dalam mengali Alkitab.

15. Wennar

Berkat yang didapat bisa menggali kitab bersama-sama. Kesan selama mengikuti diskusi cukup baik, moderator mengarahkan dengan tepat; admin melaksanakan tugas dengan baik. Yakobus berbicara tentang iman kepada Kristus, harus tampak dari perbuatan kita. Pencobaan dikatakan sebagai ujian iman yang akan membuat kita bertekun hingga mencapai kesempurnaan. Hikmat dari atas, dari Allah, teguran pada orang-orang kaya. Tentang perkataan, dosa, dan doa merupakan pokok bahasan yang lain. Kesabaran dan ketekunan menanti kedatangan Tuhan kali kedua. Saya memerlukan karunia iman dan hikmat dari Tuhan untuk mencapai kesempurnaan. Waktu penggalian dan diskusi bisa di "extend". Terima kasih buat tim SABDA yang tetap setia dalam pelayanan-Nya. Berkat TUHAN berlimpah buat rekan-rekan semua di kelas BKY ini.

16. Yvonne Kaunang

Materi training sangat memperbaiki sangat memberkati dan membuat setiap hari saya semangat membaca firman Tuhan yang memberi pengetahuan dan hikmat Tuhan. Dalam mengikuti diskusi, saya mendapat banyak hal baru dalam penggalian kitab ini dari teman-teman diskusi dan dari Tim SABDA yang selalu mengarahkan diskusi ini. Ringkasan pribadi dalam menggali Kitab Yakobus ini mengajarkan saya untuk tetap bersabar dan tetap kuat dalam firman terutama menghadapai ujian dan pencobaan dalam hidup ini. Untuk tetap bertahan harus tetap teguh dan minta hikmat dari Tuhan agar dapat memperbaiki sikap dan perilaku saya. Dan, dalam beriman saya diingatkan lagi harus diikuti dengan perbuatan yang baik dan tulus yang tidak memandang orang kaya atau miskin. Saya akan belajar untuk tetap sabar dan teguh dalam iman pada Yesus dalam menghadapi perjuangan kehidupan ini ditengah masa pandemi virus ini yang berkepanjangan. Mengajarkan saya situasi ini untuk lebih setia membaca firman dan menggali firman Tuhan. Harapan saya, penggalian kitab dalam firman sangat membuat saya semangat dan lebih mencintai Tuhan. Tentunya harapannya akan diadakan lagi penggalian kitab-kitab lainnya. Tuhan Yesus memberkati.