Komentar

RMA - Pelajaran 4

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

Nama Kelas : Renungan Multimedia yang Alkitabiah
Nama Pelajaran : Mengenal Platform Multimedia
Kode Pelajaran : RMA-P04

Pelajaran 04 -- Mengenal Platform Multimedia

Daftar Isi

  1. Pengertian, Platform, dan Trend Multimedia
  2. Belajar Multimedia Sederhana
    1. Teks
    2. Audio
    3. Video
    4. Gambar
  3. Pengayaan

Doa

Membuat dan membagikan renungan firman Tuhan sudah mengalami banyak evolusi dari waktu ke waktu. Salah satunya adalah perubahan bentuk atau format. Dahulu, format yang paling umum dipakai adalah teks. Walaupun format lain juga dipakai, misalnya audio dan video yang disebarkan lewat siaran radio atau televisi, ketersediaan sangat dibatasi oleh pihak penyiaran.

Zaman berkembang, begitu pula dengan cara orang membuat sesuatu, mengakses sesuatu, dan membagikan sesuatu kepada orang lain. Sekarang Alkitab dengan mudah dapat diakses melalui berbagai perangkat yang dimiliki, demikian juga bahan-bahan renungan. Namun, renungan yang multimedia, yang tidak hanya berupa teks, masih belum terlalu banyak. Tuntutan budaya visual mendorong kita semua untuk menyediakan bahan-bahan renungan dalam platform-platform yang sesuai dengan trend zaman ini. Dalam prosesnya, renungan memang bisa dibuat dalam satu set bentuk/format (teks, gambar, audio, video, dll..). Kondisi ini menandakan bahwa kita sudah masuk ke era multimedia.

  1. Pengertian, Platform, dan Trend Multimedia

  2. Dari asal kata "multi" dan "media", kita bisa simpulkan bahwa "multimedia" adalah semua bahan yang dibuat dari kombinasi teks, gambar, audio, dan video. Bahan multimedia berarti bisa direkam, diputar, ditampilkan, diakses, dan didapatkan melalui alat-alat pengolah informasi seperti komputer atau gawai. Sedangkan "platform multimedia" adalah ruang atau alat yang bisa dipakai untuk membuat, membagikan, mendengarkan, dan melihat bahan multimedia.

    Ms. Word, Wordpress, dan Notepad, adalah beberapa contoh alat pengelola teks. Sedangkan untuk menunjang teks, perlu ditambahkan grafis yang bisa diolah di Ms. Power Point, Photoshop, Illustrator, Canva, dsb. Format penunjang lainnya adalah audio yang bisa diolah di Smartphone Recorder, Audition, dll.. Berikutnya, ada juga video yang dapat diolah di Premiere, After Effects, dll..

    Tentunya, semua hal di atas punya tren mereka masing-masing. Saat ini, format-format seperti podcast, microblog, video kreatif, dan konten media sosial sedang naik daun. Selain berisi tutorial, penjelasan produk, atau konten edukasi, format-format di atas juga bisa diisi sharing, curhat, dan tentunya renungan firman Tuhan. Jika dunia sekuler sudah memanfaatkan multimedia untuk berbagai hal, mengapa kita tidak memakainya untuk mengabarkan Injil? Mulailah sekarang juga!

  3. Belajar Multimedia Sederhana

  4. Dalam Pelajaran 4 ini, kita akan bersama-sama belajar membuat produk renungan dengan memakai multimedia yang sederhana dan tidak terlalu rumit. Semoga melalui pembelajaran ini, kita bisa semakin dipakai Tuhan untuk membagikan Kabar Baik Yesus Kristus kepada dunia yang lebih luas.

    Apa yang bisa kita lakukan setelah membaca firman Tuhan, merenungkannya, dan berdoa? Nah, ini hal penting yang harus kita mulai biasakan sekarang kalau ingin membuat renungan yang bisa dipakai dan dibagikan untuk menjadi berkat. Catatlah hasil perenungan yang sudah kita lakukan dalam bentuk:

    1. Teks

    2. Ini adalah cara paling mudah untuk menyimpan hasil renungan kita. Kita bisa gunakan buku catatan fisik, jurnal elektronik, atau share di postingan akun media sosial (story, feed, cuitan, dsb.). Yang perlu Anda lakukan hanyalah menulis/mengetik hasil renungan Anda lalu bagikan ke media sosial yang Anda miliki.

    3. Audio

    4. Selain menuliskannya dalam bentuk teks, hasil renungan Anda bisa direkam untuk menjadi bentuk audio. Berikut langkah-langkah sederhana untuk menghasilkan renungan audio:

      1. Siapkan script rekaman, yaitu hasil renungan yang sudah dibuat dalam bentuk tulisan/teks.
      2. Siapkan alat rekaman. Kita bisa memakai hp atau laptop.
      3. Pastikan tempat merekam dalam suasana tenang supaya tidak ada suara bising yang mengganggu.
      4. Mulai rekaman. Berlatihlah lebih dahulu dengan satu atau dua kali membaca script yang sudah disiapkan. Untuk mendapatkan suara rekaman yang jernih, pakai earphone atau headset.
      5. Simpan rekaman. Simpanlah hasil rekaman di satu tempat terpusat dengan penamaan yang jelas agar mudah dicari di kemudian hari.
  • Contoh: [JENIS BAHAN_PASAL_AYAT/JUDUL] --> [Quote_Markus_1_ayt4-5..mp3] / [Renungan_Mengampuni Musuh.mp3]
  • Berikut adalah ketentuan produk renungan audio yang akan dipakai di kelas RMA:
    • Durasi: 3 menit max
    • File size: 3-5 mb max
    • Extension: .mp3 (format ini paling umum dipakai)

    Jadi, kompresi audio .mp3 dengan setting bitrate 128 Kbps dan sample rate 44.1 kHz, menghasikan rata-rata ukuran file 1 Mb untuk audio 1 menit.

  • Video

  • Proses pembuatan video tidak jauh berbeda dengan audio. Berikut adalah tahapannya:

    1. Siapkan script rekaman dan story board, yaitu hasil renungan yang ditulis dalam bentuk teks. Script menolong dialog, story board menolong kondisi visual yang dibutuhkan (posisi gambar, teks, dan efek video).
    2. Siapkan alat rekaman (bisa memakai hp atau laptop).
    3. Pastikan tempat merekam dalam suasana tenang supaya tidak ada suara bising yang mengganggu.
    4. Untuk tempat pengambilan video, bersihkan tempat dari barang-barang yang mengganggu pemandangan. Jika tidak memiliki tempat rekaman yang bebas barang, bisa dipakai layar hijau/hitam/putih (ukuran 2 x 2m) untuk menutupi pemandangan yang kurang mendukung.
    5. Mulailah rekaman. Untuk mendapatkan hasil yang baik, berlatihlah terlebih dahulu. Setelah itu bisa merekamannya di aplikasi perekam video di gawai kita atau langsung di aplikasi media sosial.
    6. Simpan rekaman. Simpanlah hasil rekaman di satu tempat terpusat dengan penamaan yang jelas agar mudah dicari di kemudian hari.
    • Contoh: [JENIS BAHAN_PASAL_AYAT/JUDUL] --> [Quote_Markus_1_ayt4-5..mp4] / [Renungan_Mengampuni Musuh.mp4]
  • Berikut adalah ketentuan produk renungan video yang akan dipakai di kelas RMA:
    • Durasi: 3 menit
    • File size: 300 - 350 mb max
    • Resolusi: HD -> 1280 x 720 pixels (landscape) / (portrait)
    • Extension: .mp4
  • Gambar

  • Renungan gambar adalah kombinasi antara tulisan dan unsur grafis. Kita akan mencoba membuatnya dengan Google Slide. Alat ini sangat mirip dengan Power Point, tetapi bisa dikerjakan kapan saja dengan alat apa saja asalkan terkoneksi dengan internet. Berikut adalah langkah-langkahnya:

    1. Pastikan punya akun Gmail.
    2. Buka Gmail di device Anda.
    3. Klik ikon titik 9 di pojok kanan atas. Pilih "Slides"
    4. Siapkan poin-poin utama hasil renungan yang akan dipasang di gambar. Sebaiknya tidak seluruh renungan ditampilkan, tetapi buatlah kalimat-kalimat pendek padat berisi.
    5. Akan lebih baik jika menyiapkan gambar ilustrasi untuk setiap slide. Gambar-gambar gratis bisa diunduh di freepik.com atau unsplash.com dan dipakai dengan menyertakan kredit situsnya.
    6. Atur canvas size ke ukuran media sosial:
      1. File -> Page Setup -> Pilih "Custom"
      2. Set size di angka 1080 x 1080 pixels (9,14 x 9,14 cm) atau 1080 x 1320 pixels (9,14 x 11,43 cm).
    7. Pilih jenis font dan warna yang diinginkan. Cari tab jenis font di lembar kerja dan atur di situ. Atur juga warna background atau gambar yang dipakai.
    8. Copy paste konten teks untuk masing-masing slide ke Google Slide.
    9. Klik "Present" untuk melihat keseluruhan desain dalam slide show.
      1. Simpanlah hasil desain di satu tempat terpusat dengan penamaan yang jelas agar mudah dicari di kemudian hari.
      2. Contoh penamaan:
    • Jika file hanya satu: [JENIS BAHAN_AYAT/PASAL] --> [Quote_Markus_1_ayt4-5]
    • Jika file berseri: [JENIS BAHAN_JUDUL SERI_NOMOR SLIDE] --> [Renungan_Mengampuni Musuh_Slide1]
  • Download hasil desain. Pilih format file JPG, PNG, PDF, atau PPTX. Untuk konten medsos, disarankan pakai format JPG untuk kemudian diposting.
  • Hasil akan berupa slide-slide dengan gambar background dan kalimat-kalimat yang tertata rapi berurutan sesuai dengan poin-poin renungan yang ingin dibagikan.
  • Berikut adalah ketentuan produk gambar untuk kelas RMA:
    1. Resolusi:
    • IG: 1080 x 1080 pixels (9,14 x 9,14 cm) atau 1080 x 1320 pixels (9,14 x 11,43 cm).
    • FB: 1080 x 1080 pixels (9,14 x 9,14 cm) atau 1920 x 1080 pixels (16,26 x 9,14 cm).
  • Extension: .jpg atau .png (untuk gambar transparan, tetapi ukuran lebih besar)
  • File size: 300 - 1000 kb
  • Pengayaan

  • Carilah cara untuk membagikan produk renungan multimedia kita di platform-platform media sosial (Facebook, Instagram, Tik-Tok, dll.,), audio (Spotify, Soundcloud, Anchor, dll.), dan atau video (YouTube).

    Berikut adalah contoh-contoh renungan multimedia yang sudah jadi. Buatlah dengan kreativitas masing-masing agar menjadi karya yang memuliakan Tuhan dan berkat bagi banyak orang.

    Contoh:

    1. Audio (Screenshot Audio)


    2. https://www.youtube.com/watch?v=e84ygTB3qI0

    3. Video (Screenshot Video)


    4. https://www.instagram.com/esrasoru/

    5. Gambar (Screenshot konten Medsos)


    6. https://www.instagram.com/p/CLt8JUyBXyZ/

    Akhir Pelajaran (RMA-P04)

    Doa

    "Tuhan Yesus yang baik, terima kasih telah berkarya di dalam hidup kami dengan cara-cara yang kreatif. Kami berdoa supaya hati kami juga mau terbuka untuk belajar hal-hal baru guna mengabarkan Injil-Mu ke lebih banyak orang. Tuhan Yesus tolong pimpin dan bimbing kami untuk melakukannya. Di dalam nama-Mu kami berdoa, Amin!"

    Taxonomy upgrade extras: